Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Come Up

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari phrasal verb [come up] dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan phrasal verb [come up] ini.

Arti Come Up

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis. 

Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini.

Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya.  

     Baca juga: Arti Overthinking

Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas arti dari [come up] ini.


Arti Phrasal Verb Come Up

Kalau diartikan secara kata per kata, biasanya terjemahannya jadi aneh. [Come] itu artinya [datang] sementara [up] itu artinya [atas]. Jadi, kalau diartikan secara kata per kata maka terjemahan dari [come up] adalah [datang atas]. Aneh kan?

Nah, sekarang kita bahas arti yang sebenarnya dari phrasal verb [come up] ini.

Arti dari come up itu adalah muncul atau hadir, biasanya secara tidak disengaja.

Nanti kita akan lihat ya contoh-contoh yang saya ambil dari adegan film, youtube video, atau yang lainnya sehingga kalian bisa melihat arti-arti yang kemungkinan bisa lain lagi karena arti biasanya tergantung kepada konteks dan situasinya.


Contoh-contoh Come Up

Contoh yang pertama dari film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Martha: I can't talk to guys. I'm terrible at it. (Aku ngga tahu caranya ngomong ke cowo. Aku parah banget untuk masalah itu.)

Bethany: I can give you some pointers. (Aku bisa ngasih kamu sedikit arahan.)

Martha: No, I'm sorry. We have to come up with another plan. I'm not.. No! Not doing that! (Ngga, maaf. Kayanya kita harus nyari rencana lain deh. Aku.. Ngga! Aku ngga bakalan ngelakuin!)

Di cuplikan adegan ini, si Bethany menyarankan agar si Martha menggoda para penjaga yang ada di gudang transportasi, tapi kemudian si Martha menolak karena dia merasa dia ngga jago di dalam urusan menggoda laki-laki, bahkan ngomong ke laki-laki aja dia sulit banget.

Makanya setelah dia menolak, dia ngomong,
We have to come up with another plan. (Kita harus muncul dengan rencana lain.)
Terjemahan aslinya sebenarnya seperti itu, tapi yang kalian lihat di atas berbeda dengan yang sekarang ini agar kalian bisa melihat antara terjemahan kata per kata dengan terjemahan ketika dirapikan itu akan berbeda. Terjemahan yang dirapikan itu maksudnya adalah terjemahan yang saya sesuaikan dengan gaya bicaranya orang Indonesia, jadi ngga kerasa kaya hasil terjemahan dari Bahasa Inggris.

Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari phrasal verb [come up] ini dan kalau nanti saya menemukan lagi cuplikan adegan yang lain di mana diucapkan phrasal verb [come up] ini, Insya Allah, artikel ini akan saya update lagi.

Kalau begitu sampai ketemu lagi, and I'll see you soon. Bye now.

Comments