Arti Help Each Other

Cara Melatih Pronunciation Dalam Bahasa Inggris

Saya ingin sharing cara melatih pronunciation dalam bahasa Inggris yang selama ini saya gunakan. Apa itu pronunciation? Pronunciation adalah pelafalan atau cara mengucapkan sebuah kata dalam bahasa Inggris. Nah tentunya untuk bisa kita tahu cara pelafalan yang benar, ya kita memang harus mendengar orang Inggris aslinya dong?

Karena kalau kita melafalkan berdasarkan cara kita sendiri, hasilnya pasti beda. Dan ini pentingnya apa sih? Ah bodo amat! Yang penting gue bisa ngomong Inggris walau pelafalan gue terdengar Indonesia sekali.

Penting lho teman-teman untuk kita bisa punya pelafalan yang baik. Gini deh analoginya, kalau teman-teman ketemu dengan orang bule, dan dia mencoba berbahasa Indonesia dengan logat bulenya, kita akan diam sejenak ngga? Dan kemudian mikir, "Ini bule ngomong apa ya??" Karena si bule ini tidak jelas dalam pelafalan bahasa Indonesianya.. Yang seharusnya misalnya, "Saya mau pergi ke pasar". Dan si bule melafalkannya seperti ini, "Seyya mow pirghii khhe peseerr". Nah bingung kan? Kita akan bengong sejenak untuk mengerti apa yang si bule ini omongin kan?

Sekarang, gimana kalau ini terjadi sebaliknya? Karena kita terbiasa dengan bahasa Indonesia yang mana cara pelafalannya kan beda dengan bahasa Inggris, dan kemudian ketika kita berbicara dengan orang Inggris, mereka akan bengong seperti halnya contoh yang saya berikan tadi.

Nah bayangin sekarang kalau kita ketemu orang bule yang pelafalan bahasa Indonesianya bagus banget, dan sudah seperti orang Indonesia. Kita ngga akan bengong sebentar untuk mikir dia ngomong apa kan? Itu dia makanya pentingnya untuk kita punya pelafalan dalam bahasa Inggris yang baik. Terus gimana cara melatihnya dong kalau begitu??

Cara Melatih Pronunciation Dalam Bahasa Inggris


Cara Melatih Pronunciation Dalam Bahasa Inggris

Sekarang ini kan internet bisa digunakan untuk kita melatih pelafalan kita. Sebelumnya teman-teman bisa memilih dulu, senang sama aksennya orang Amerika atau senang dengan aksennya orang Inggris. Aksen orang Inggris itu sering disebut dengan sebutan British Accent. Nah dua aksen besar bahasa Inggris itu, ada juga sih Australia, tapi yang memang besar ya memang yang dua itu, kalau ngga British ya American Accent.

Tentukan dulu teman-teman suka gaya yang mana, kemudian teman-teman bisa mulai menggunakan youtube untuk belajar melafalkan. Youtube?? Emang ada? Ada banyak! Coba aja dicari pasti teman-teman akan menemukan sangat banyak sekali video-video yang bisa teman-teman gunakan untuk latihan pronunciation seperti contoh screenshot di atas.

Nah teman-teman tinggal tonton, kemudian kan ada textnya tuh, tinggal dibaca dan dengarkan aja yang ngomongnya seperti apa, dan perlahan-lahan tirukan sendiri aja. Nah kemudian gimana kita tahu kalau pelafalan kita sudah benar? Siapa yang ngetes? Yah sekarang kan jaman sudah maju, teman-teman punya handphone kan? Itu biasanya ada fitur sound recorder, dimana teman-teman bisa merekam suara teman-teman sendiri.

Sehingga yang teman-teman perlu lakukan hanyalah merekam suara teman-teman kemudian teman-teman dengarkan sendiri, dan silakan dibandingkan sendiri dengan video tersebut. Apakah sudah mendekati sama? Pastinya kita sendiri bisa membedakan dong? Jadi ngga perlu seseorang yang menjadi juri untuk pelafalan kita kan?

Sementara untuk teman-teman yang suka dengan pelafalan gaya Amerika, kalau yang di video itu aksennya British ya. Teman-teman bisa search aja videonya Voice Of America atau VOA, dimana juga ada seperti itu, belajar bahasa Inggris lewat cerita.

Nah tinggal rajin-rajin aja teman-teman melatih pelafalan teman-teman, dan nantinya teman-teman akan bisa punya pengucapan yang mirip seperti orang asli Inggrisnya lho. Syaratnya ya cuma satu, latihan dan latihan dan latihan dan latihan dan latihan terus. Kalau begitu saya sudahi dulu ya sharing saya mengenai cara melatih pronunciation dalam bahasa Inggris ini. Sampai ketemu lagi di sharing pembelajaran bahasa Inggris saya yang lainnya. See you guys..

Comments