Arti Help Each Other

Demonstrative Pronoun Dalam Bahasa Inggris

Pelajaran bahasa Inggris kita kali ini lanjut lagi ya, tapi kali ini masih seputar apa yang kita bahas di pelajaran kita yang kemarin. Yaitu kali ini pelajaran bahasa Inggris kita masih di seputar keluarga besar pronoun.

Buku yang saya gunakan di dalam membahas mengenai grammar kali ini adalah buku karangannya Anne Seaton dan Y.H Mew. Yuk mari kita langsung saja membahas mengenai demonstrative pronoun.

Mengenal Demonstrative Pronoun Di Dalam Bahasa Inggris

Demonstrative pronoun?? Apakah itu? Demonstrative pronoun adalah kata yang menunjukkan sesuatu, dan yang termasuk ke dalam demonstrative pronoun itu antara lain this, these, that dan those.

Demonstrative Pronoun Dalam Bahasa Inggris


Untuk contoh kalimatnya bisa kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini..
  1. This is my house.
  2. This is a hill.
  3. These are donkeys.
  4. What is this?
  5. Did you drop this?
  6. Hi, Jane! This is Michael!
  7. That is John’s house.
  8. That is a mountain.
  9. Those are horses.
  10. What are those?
  11. We can do better than that.
  12. No, that’s not mine.
  13. You mean you won? That’s amazing!
  14. Hello, who is that speaking, please?
  15. Hello, is that you, George?

Nah kalau kita lihat pada 15 contoh kalimat di atas, kata-kata tersebut memang menunjukkan kepada sesuatu ya? Itulah contoh daripada demonstrative pronoun. Kita menggunakan this dan these kalau kita menunjukkan sesuatu yang dekat dengan kita, sementara kita menggunakan that dan those jika kita bermaksud untuk menunjukkan sesuatu yang jauh dari kita. 

Sementara penggunaan this itu untuk kalau kita menunjuk kepada sebuah benda yang dekat dengan kita, atau sering juga dimaksudkan dengan singular. Sementara kita menggunakan these kalau kita menunjuk benda-benda yang dekat dengan kita. Bendanya banyak dalam hal ini, atau plural. Sementara kalau kita menunjuk ke sesuatu yang jauh tapi hanya satu, atau singular, kita menggunakan kata that, dan sementara kalau kita menunjuk kepada sesuatu yang jauh dan kebetulan yang kita tunjuk itu banyak di kejauhan. Misalnya sekawanan sapi, maka kita menggunakan those dalam hal ini.

Nah semoga sharing dari saya mengenai demonstrative pronoun dalam bahasa Inggris ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya ya. Kalau begitu sampai ketemu lagi di sharing saya yang berikutnya masih tentang pembelajaran bahasa Inggris tentunya. See ya guys..

Comments