Skip to main content

Arti How Do You Do

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari [how do you do] dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata [how do you do] ini agar kalian bisa lebih mudah mengerti dan memahami juga cara penggunaannya. Oh iya, SUBSCRIBE juga ya di blog ini, di bagian atas dari blog ini ada tulisan SUBSCRIBE, nah kalian bantu support saya dengan klik subcribe di situ atau saya juga punya youtube channel dan kalian bisa bantu dukung saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.         Baca juga: Arti Way to Go Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas. How Do You Do Itu Artinya Apa? How do you do merupakan greetings atau sapaan di dalam Bahasa Inggris, dan how do you do ini merupakan sapaan di situasi formal. Kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, how do you do ini bisa kita artikan sebagai [apa kabar?]. Kita bisa lihat juga penjelasan yang diberikan oleh Kamus Merriam

Cari Di sini

Personal Pronoun Dalam Bahasa Inggris

Kali ini kita akan membahas mengenai personal pronoun dalam bahasa Inggris. Di tulisan saya yang sebelumnya kita sudah belajar dan mengenal mengenai apa itu pronoun ya. Pronoun yaitu adalah kata ganti. Nah sekarang langsung aja ya kita bahas mengenai personal pronoun.

Personal Pronoun Dalam Bahasa Inggris


Mengenal Personal Pronoun Dalam Bahasa Inggris

Apa itu personal pronoun? Personal pronoun adalah kata yang menggantikan orang atau benda. Yang termasuk ke dalam hal ini antara lain yaitu I, you, he, she, it, we dan they

Personal Pronoun Berada Di Posisi Subjek

Berdasarkan letaknya di dalam kalimat, kita bisa membagi lagi, bila ditempatkan sebagai subjek, kita akan melihatnya pada contoh kalimat di bawah ini.
  1. My name is David. I am the youngest in the family.
  2. This is my father. He is a teacher.
  3. This is my mother. She is a lawyer.
  4. I have a brother and two sisters.
    They are Peter, Sharon and Jenny.
  5. I have a dog. It is called Lucky.
  6. Lucky, you are a good dog.
  7. Good morning, children! You may sit down now.
  8. My family and I live in a big city. We have an apartment.
Kita perhatikan kalimat-kalimat di atas ya. Untuk kalimat yang pertama, David digantikan oleh personal pronoun "I" yang letaknya berada di posisi subjek. Dan untuk kalimat yang kedua, my father digantikan oleh personal pronoun "he". Sementara kalimat yang ketiga, my mother itu digantikan dengan personal pronoun "she" di kalimat keduanya.

Untuk kalimat yang keempat, a brother dan two sisters itu digantikan oleh personal pronoun "they" sementara untuk kalimat kelimat, a dog digantikan oleh personal pronoun "it". Sementara yang kalimat ketujuh, children itu digantikan dengan personal pronoun "you". You disini berbeda dengan yang nomor 6, dimana "you" yang di kalimat nomor 6 itu untuk singular, karena kan anjingnya cuma satu, yaitu Lucky, sementara kalau yang di kalimat ke tujuh, personal pronoun "you"-nya bentuknya plural, yaitu untuk children.

Children kan artinya merujuk kepada anak yang bukan cuma satu jumlahnya. Sementara kalimat ke delapan itu my family, dan I itu digantikan dengan personal pronoun "we".

Kesemua personal pronoun ini berada pada posisi subjek ya. 

Personal Pronoun Berada Di Posisi Objek

Nah kemudian kita lihat pada contoh kalimat yang berikut ini, dimana personal pronounnya berada pada posisi objek kalimat. Kalau berada pada posisi objek maka personal pronounnya mengalami perubahan, yaitu me, you, him, her, it, us dan them.
  1. I am standing on my head. Look at me.
  2. My mother is kind. Everybody likes her.
  3. Lisa, I told you to tidy your bed!
  4. Sharon and Jenny! Dad is waiting for you!
  5. Lucky and I are playing in the park. Dad is watching us.
  6. You must not play with the knife. Give it to me.
  7. Pick up your toys and put them away.
Kita lihat pada bentuk kalimat yang pertama, ketika I berada sebagai objek, maka berubah bentuk menjadi "me". Pada kalimat yang kedua, her itu adalah mengacu kepada my mother. Her itu untuk menggantikan kata my mother, dan karena posisinya berada pada objek kalimat, maka menjadi her dan bukannya "she".

Pada kalimat yang ketiga, pronoun "you" tidak mengalami perubahan, berada di posisi subjek atau objek tetap aja "you". Kemudian kalimat yang keempat, yang ini personal pronoun "you"-nya bentuknya banyak ya atau kita mengenalnya dengan istilah plural, karena orang yang dimaksud disini kan ada dua, yaitu Sharon dan Jenny. Sementara kalau di kalimat yang nomor 3, yang dimaksud dengan "you" disitu hanya orang yang bernama Lisa, jadi hanya satu orang.

Kemudian pada kalimat yang kelima, personal pronoun "us" mengacu kepada Lucky dan I. Bentuknya dari "we" berubah menjadi "us". Sementara pada kalimat nomor 6, personal pronoun "it" itu untuk "the knife". It ini tidak berubah bentuk, apakah berada pada posisi di subjek atau di objek kalimat.

Dan yang terakhir personal pronoun "them" itu mengacu kepada "your toys", ketika berada pada posisi objek kalimat, maka akan berubah dari they menjadi them.

Nah kira-kira seperti itu teman-teman, nanti di tulisan kita yang berikutnya saya akan membahas mengenai personal pronoun lagi ditinjau dari segi orang pertama, orang kedua, dan orang ketiga ya. Kalau begitu saya sudahi dulu pembahasan saya mengenai personal pronoun dalam bahasa Inggris ini. Pembahasan ini masih belum selesai ya, nanti kita akan lanjut lagi pembelajaran bahasa Inggris online saya ini masih membahas mengenai personal pronoun.

Sampai ketemu lagi and see yaa..

Comments