Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Reflexive Pronoun Dalam Bahasa Inggris

Pada kesempatan sharing saya kali ini kita masih akan membahas mengenai pronoun, dan kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai reflexive pronoun dalam bahasa Inggris. 

Yuk mari kita bahas mengenai reflexive pronoun ini yang masih termasuk ke dalam keluarga besar pronoun. Keluarga besar? Udah kaya apaan aja ya? Hihihi kriuk kriuk, saya berusaha mencoba menyederhanakan pembelajaran bahasa Inggris ini dengan cara saya ya, dan semoga aja teman-teman menjadi lebih mudah untuk menyerap dan mengerti dan menerapkannya juga pada akhirnya.

Mengenal Reflexive Pronoun Dalam Bahasa Inggris

Kalau kita lihat dari katanya, refleksi, saya jadi teringat dengan kata-kata refleksi diri, dimana hal ini artinya adalah cerminan diri. Nah jadi reflexive pronoun ini adalah pronoun yang mengacu kepada orang atau benda atau binatang yang menjadi topik pembicaraan. Nah yang termasuk ke dalam reflexive pronouns ini yaitu myself, yourself, himself, herself, itself, ourselves, yourselves dan themselves.

Bingung dengan penjelasan saya?? Semoga ngga ya.. Kita langsung saja lihat contoh kalimatnya sekalian saya menjelaskan lebih detail sehingga teman-teman juga tidak akan menjadi bingung.

Contoh kalimat :
I made this cake myself.
Kita perhatikan pada kalimat di atas ya, myself itu kan merefleksikan kata "I". Kemudian kita lanjut lihat kepada contoh kalimat yang berikutnya yaa..

Contoh kalimat :
Be careful with the knife. You’ll cut yourself.
Nah kata yourself itu mengacu kepada you yang ada di depannya. Kita lanjut lagi kepada contoh kalimat yang berikutnya yaa..

Contoh kalimat :
Michael is looking at himself in the mirror.
Nah kalau yang di atas, kata himself itu sebagai refleksi dari Michael, atau mengacu kepada si Michael. Lalu lanjut lagi ke contoh kalimat yang berikutnya yaa..

Contoh kalimat :
Susan has hurt herself.
Kata herself itu mengacu kepada Susan, kalau saya artikan kalimat di atas artinya adalah Susan mencederai dirinya sendiri.

Untuk selanjutnya langsung aja ya, saya berikan 4 contoh kalimat di bawah ini, langsung aja kita lihat masing-masing dari kalimatnya yaa..
  1. Our cat washes itself after each meal.
  2. We organized the party all by ourselves.
  3. Come in, children, and find yourselves a seat.
  4. Baby birds are too young to look after themselves.
Untuk kalimat yang pertama di atas, itself itu mengacu pada si kucing (cat), kemudian di kalimat kedua, dimana ourselves itu mengacu kepada kata "we" dan yang di kalimat ketiga, yourselves mengacu kepada children. Nah di kalimat yang ketiga ini perlu teman-teman perhatikan bahwa bentuknya adalah yourselves dan bukannya yourself!

Memang beda ya?? Beda dong! Coba perhatikan di contoh kalimat yang di atas banget, kalimat yang ini, "Be careful with the knife. You’ll cut yourself." Untuk yang ini orangnya kan satu, sementara yang children itu kan banyak, makanya menggunakan yourselves dan bukannya yourself

Di bawah ini adalah tabel untuk teman-teman mengingat ya, semoga bisa bermanfaat.. 




Singular

Plural
First person
(I,me) myself
(we,us) ourselves
Second person
(you) yourself
(you) yourselves
Third person
(he, him) himself
(she, her) herself
(it) itself
(they, them)    themselves
(they, them)    themselves
(they, them)    themselves


Sekalian saya sudahi dulu saja pembelajaran bahasa Inggris online saya, sharing mengenai reflexive pronoun ini. Sampai ketemu lagi di sharing pelajaran bahasa Inggris saya yang lainnya yaa.. See you guys.. :-)

Comments