Skip to main content

Arti How Do You Do

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari [how do you do] dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata [how do you do] ini agar kalian bisa lebih mudah mengerti dan memahami juga cara penggunaannya. Oh iya, SUBSCRIBE juga ya di blog ini, di bagian atas dari blog ini ada tulisan SUBSCRIBE, nah kalian bantu support saya dengan klik subcribe di situ atau saya juga punya youtube channel dan kalian bisa bantu dukung saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.         Baca juga: Arti Way to Go Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas. How Do You Do Itu Artinya Apa? How do you do merupakan greetings atau sapaan di dalam Bahasa Inggris, dan how do you do ini merupakan sapaan di situasi formal. Kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, how do you do ini bisa kita artikan sebagai [apa kabar?]. Kita bisa lihat juga penjelasan yang diberikan oleh Kamus Merriam

Cari Di sini

10-Years-Old Child atau 10-Year-Old Child Yang Benar?

Halo teman-teman pembelajar bahasa Inggris di Indonesia, kita kali ini ketemu lagi dan saya akan membahas mengenai tulisan ini. 10-years-old child atau 10-year-old child yang benar? Hayo yang mana? Yuk mari kita bahas.


10-Year-Old Child Sebagai Compound Adjective


10-years-old-child-atau-10-year-old
Nah apa itu compound adjective? Compound adjective adalah beberapa kata, dalam hal ini adjective yang disatukan dengan tanda penghubung (-). Contohnya ya misalnya yang di atas, 10-year-old child. Nah yang benar itu yang mana? Yang menggunakan s di kata year-nya, atau yang ngga? Yang benar adalah yang tidak menggunakan s. Jadi yang benar adalah 10-year-old child dan bukannya 10-years-old child.




Saya coba gunakan dalam bentuk kalimat ya.
I have a 10-year-old child. (Saya punya anak umur 10 tahun)

Nah tapi kalau saya rubah kalimatnya seperti berikut misalnya,
My child is 10 years old. (Anak saya umurnya 10 tahun).
Nah kalau saya rubah jadi begitu kalimatnya dan ngga menjadi compound adjective, maka s-nya akan digunakan disitu. 

Jadi kalau compound adjective selalu ngga pake s. Saya kasih contoh yang lain ya, misalnya pada kalimat di bawah ini.
This is a six-month course. (Ini adalah kursus 6 bulan).
Oh iya yang di atas tadi bisa ditulis 10-year-old child atau ditulis ten-year-old child, sama saja ya. Yang di bawah juga bisa six-month course atau 6-month course. 

Kalau kita berbicara mengenai compound adjective pasti diikuti dengan noun setelahnya ya. Dan setelah tanda sambung selalu diikuti dengan singularnya dan bukan pluralnya. Misalnya saya kasih contoh a five-foot wall dan bukan a five-feet wall. Misalnya kita lihat pada kalimat di bawah ini,
That wall is five feet high. It is a five-foot-high wall. (Tembok itu tingginya lima kaki. Itu adalah tembok tinggi 5 kaki)
Kira-kira seperti itu teman-teman. Nah semoga sharing dari saya mengenai 10-years-old child atau 10-year-old child yang benar ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Jangan alergi sama yang namanya grammar yaaa.. See you again.. 

Comments

Post a Comment