Arti Help Each Other

Aksen Dalam Bahasa Inggris

Halo teman-teman English learners semuanya, kali ini saya mau sharing mengenai aksen di dalam bahasa Inggris. Kita belajar bahasa Inggris, sebenarnya kita perlu tidak belajar mengenai aksen atau logat Inggrisnya atau pronunciation dengan benar?

Keuntungannya apa sih kalau kita mempelajari aksen bahasa Inggris dengan benar? Dan ada berapa macam aksen atau logat di dalam bahasa Inggris itu? Yuk mari kita bahas.

Mempelajari Aksen Atau Logat

Nah sebenarnya kalau kita ingin mempelajari aksen atau logat bahasa Inggris dengan benar apa keuntungannya untuk kita? Saya beri sebuah analogi ya, misalnya kita ketemu seorang bule di jalan yang bertanya kepada kita, "Muhuf, seya mow vertanja kelo ke Bowgowr lewwhut muna?"


Nah gimana teman-teman kalau ketemu bule yang ngomong bahasa Indonesia dengan pengucapan dan aksen yang masih bule banget? Kita pasti akan diam sejenak dan mikir, "Ini bule ngomong apaan sih?" Kita butuh waktu untuk mencerna dan memahami maksud pertanyaannya kan? Ini kasusnya secara susunan kata-kata yang bule itu gunakan sudah benar, dan yang aneh dan terdengar asing di telinga kita cuma cara pengucapannya dia yang ngga Indonesia banget.

Tetap kita butuh waktu untuk berusaha mengerti apa yang dia ucapkan dong? Sementara kalau kita ketemu bule yang ngomongnya aksen Indonesianya bagus, "Maaf, saya mau bertanya kalau ke Bogor lewat mana?", nah untuk yang ini kita ngga butuh waktu untuk berpikir dan menerjemahkan maksudnya dia dong? Kita langsung mengerti kan ya?

Sekarang coba hal itu dibalik. Kita berbahasa Inggris dengan aksen Indonesia juga pasti akan membuat bingung orang bule yang kita ajak ngobrol dong? Mereka akan pasti akan mikir dan mungkin bertanya, "Could you please repeat what you were saying?". Bulenya minya diulang kita ngomong apaan barusan karena dia juga bingung dan ngga nangkep kita ngomong apaan, mirip dengan kasus kita dengan orang bule yang ngomong bahasa Indonesia tadi.

Nah pertanyaannya gimana sih caranya kita belajar aksen bahasa Inggris dengan benar?

Cara Belajar Aksen Bahasa Inggris

Sekarang ini sudah sangat gampang lho untuk belajar aksen bahasa Inggris ketimbang 15 tahun yang lalu. Internet sangat membantu kita dalam hal ini. Cara belajar aksen bahasa Inggris itu pertama teman-teman tentukan dulu aksen Inggris mana yang teman-teman suka. Ada 3 aksen besar bahasa Inggris yaitu aksen Amerika, aksen British dan aksen Australia. Tapi yang terakhir aksen Australia sepertinya ngga terlalu rame ya?

Tapi terserah tentukan pilihan teman-teman dulu, kalau aksen Amerika lebih banyak sarana yang bisa kita gunakan untuk belajar, misalnya lewat menonton film-film Hollywood. Itu kan film Amerika semua tuh.

Atau kalau teman-teman ingin mendengar satu per satu cara pengucapan kata-katanya dan ingin menirukan dari situ, teman-teman bisa masuk ke websitenya Merriam Webster, tinggal ketikkan kata yang ingin teman-teman dengar cara pengucapannya di website tersebut dan teman-teman akan bisa dengar deh dan mengikuti cara pengucapannya. 

Kalau teman-teman suka aksen British, tinggal teman-teman masuk ke Oxford Dictionaries dan ketikkan kata yang ingin teman-teman dengar pengucapannya disana dan nanti teman-teman bisa mendengar bagaimana kata tersebut diucapkan dalam British English.

Kalau ingin melatih mendengarkan berita dalam British English, teman-teman bisa masuk ke websitenya BBC dimana teman-teman bisa mendengar berita dalam bahasa Inggris British. Sementara kalau ingin mendengarkan berita dalam aksen Inggris Amerika teman-teman bisa masuk ke VOA News atau download aplikasi Newsbeat dari hape teman-teman, dimana nanti teman-teman akan mendengarkan news yang dibacakan di Newsbeat.

Aksen Dalam Bahasa Inggris

Kalau untuk teman-teman mendengarkan berita dalam bahasa Inggris Australia, teman-teman bisa masuk ke websitenya ABC News. Gampang kan sekarang? Jadi teman-teman sudah seharusnya bisa menguasai aksen Inggris dengan baik. Tapi jangan kaget lho teman-teman kalau di aksen British English aja ada banyak, contohnya kita bisa tonton video di bawah ini, di mana wanita di dalam video ini mencontohkan 17 aksen yang ada di UK. Yuk kita tonton videonya.


Nah lho! Bisa jadi ada lebih banyak lagi daripada hanya 17, yah seperti di Indonesia aja, ada aksen Indonesia Jawa, Indonesia Sunda, Indonesia Sumatera, Indonesia Papua, kan bedabeda tuh walau sama-sama bahasa Indonesia tapi logat bicaranya kan beda? Nah kalau begitu kita belajar aksen yang mana dong? Belajar aksen yang umumnya aja, seperti Indonesia misalnya yang umumnya kan ada.

Kalau British ya dari Oxford Dictionaries atau dari BBC News itu termasuk umum lah. Untuk Amerika teman-teman kalau nonton berita dari CNN misalnya atau film-film Hollywood nanti juga teman-teman akan menangkap aksen yang umumnya.

Nah kalau teman-teman sudah menguasai aksen yang teman-teman inginkan dengan baik, entah itu aksen Amerika Inggris, aksen British Inggris atau aksen Australia Inggris, teman-teman bisa jadi nantinya tertarik untuk mempelajari yang lain misalnya voice over. Apaan tuh voice over?

Voice over adalah perekaman suara untuk suatu hal, misalnya untuk film kartun, untuk dokumenter atau untuk pembacaan buku yang kita kenal dengan audio book. Di Indonesia mungkin belum terlalu banyak  yang melakukan hal ini, tapi di luar negeri sudah sangat banyak sekali.

Teman-teman bisa menonton video di bawah ini untuk mendapatkan gambaran mengenai voice over.


Kira-kira seperti itu teman-temanyang namanya voice over, dan orang-orang yang melakukan pekerjaan voice over ini disebutnya adalah para voice actor. Jadi kita bisa menirukan karakter-karakter tertentu atau mungkin kita ingin fokus menjadi orang-orang yang membacakan buku. Bukunya bisa buku untuk umum atau cerita seperti Harry Potter. Teman-teman silakan search aja Jim Dale di youtube, orang yang membacakan Harry Potter dalam bentuk audio book.

Begitulah kira-kira teman-teman, akan menjadi panjang lagi kalau saya sharing lebih banyak mengenai dunia voice over. Kalau begitu saya sudahi dulu saja ya pembahasan kita mengenai aksen dalam bahasa Inggris ini. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Sampai ketemu lagi yaa..

Comments