Skip to main content

Arti What's On Your Mind

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini saya akan membahas arti dari [what's on your mind?] dan seperti biasa kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata-kata [what's on your mind?] ini. Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas. Oh iya, kalau kalian suka dengan artikel yang saya buat di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi dengan mengklik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa support saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.   Arti What's On Your Mind [What's] itu merupakan singkatan dari [what is] dan [what's on your mind?] itu merupakan pertanyaan yang kalau kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus Free Dictionary di bawah ini mengenai arti dari pertanyaan ini. Yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia penjelasan di atas mengenai arti dari [what's on your mind?] adalah Apa yang meresahkan dirimu? Sebuah undangan untuk mengatakan apa pu

Apa Itu Verb?

Apa itu verb? Nah pada kesempatan sharing saya kali ini saya ingin membahas mengenai verb atau yang kita kenal dengan istilah kata kerja di dalam bahasa Indonesia. lalu seperti apa sih penggunaannya? Jadi teman-teman bisa mendapatkan gambaran lebih lengkap mengenai verb ini ketimbang hanya tahu verb adalah kata kerja.

Lalu kata kerja itu gimana dalam bahasa Inggris? Nah makanya langsung aja yuk kita bahas mengenai verb itu.

Mengenal Verb Di Dalam Bahasa Inggris

Setiap kalimat di dalam bahasa Inggris bisa dibagi menjadi dua bagian yaitu subjek dan predikat. Subjek itu biasanya yang menjadi pembahasan di dalam sebuah kalimat sementara predikat adalah menyatakan apa yang dilakukan oleh subjek tersebut, atau keterangan mengenai si subjeknya. Dan di dalam sebuah predikat, bagian yang terpentingnya adalah verb.

Sebuah verb menyatakan suatu tindakan yang dilakukan oleh si subjek atau menyatakan mengenai kondisi atau keadaan si subjek. Jadi sebuah verb itu selalu terhubung dengan subjeknya, entah dia membicarakan mengenai apa yang dilakukan oleh si subjek atau membicarakan mengenai keadaan si subjek tersebut.

Nah berikut ini adalah contoh-contoh yang termasuk ke dalam verb, antara lain go, decorate, believe, is, appears. Nah sekarang saya coba contohkan menggunakan verb tersebut di dalam sebuah contoh kalimat, misalnya.
I go to the school every day (Saya pergi ke sekolah setiap hari)
Nah verb go disini menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh si subjeknya yaitu I. Lalu berikutnya saya coba contohkan membuat kalimat dengan menggunakan verb decorate ya. Yuk mari kita lihat pada kalimat di bawah ini.
Every spring we decorate the gym for our annual dance. (Setiap musim semi kami menghias gedung olahraga untuk acara dansa tahunan kita)  

Di kalimat ini kata decorate menjelaskan mengenai apa yang dilakukan oleh si subjeknya, dalam hal ini subjeknya adalah we. Kemudian kita lihat pada contoh verb believe pada kalimat di bawah ini ya.
I believe it's going to rain today. (Saya percaya akan turun hujan hari ini).
Nah kalau kita perhatikan kata believe disini juga merupakan sebuah tindakan. Tindakan yang dilakukan oleh si subjeknya yaitu I, namun tindakan itu tidak terlihat oleh mata kita karena tindakan believe itu berada di dalam pikiran. Jadi tidak terlihat tindakannya secara nyata.

Lalu berikutnya untuk verb is. Kita coba lihat contohnya dalam kalimat di bawah ini.
The weather is cloudy today. (Cuaca hari ini berawan).
Nah untuk verb is pada kalimat di atas, verb is ini tidak menyatakan tindakan yang dilakukan tapi verb is menggambarkan keadaan. Keadaan siapa? Keadaan si subjeknya dari kalimat di atas yaitu the weather. Jadi fungsi verb is disini menyatakan keadaan cuaca atau the weather yaitu cloudy atau berawan.

Kemudian verb yang terakhir ya yaitu appears. Nah kata appears ini bisa menggambarkan tindakan yang dilakukan oleh si subjek atau bisa juga hanya menggambarkan keadaan si subjeknya. Saya beri contoh yang memberikan gambaran tindakan pada kalimat di bawah ini ya.
Susan appears on television as a singer. (Susan muncul di televisi sebagai penyanyi).
Nah verb appears pada kalimat di atas menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh si subjek(Susan) yaitu muncul di televisi. Kemudian saya beri contoh verb appears yang menggambarkan keadaan si subjek. Kita lihat pada kalimat di bawah ini.
The weather appears cloudy. (Cuacanya terlihat berawan)
Nah verb appears disini lebih menggambarkan kepada kondisi cuaca, yang mana kalimat di atas mirip atau sama artinya dengan kalimat, "The weather is cloudy". Jadi verb disini lebih menggambarkan keadaan dan bukan menggambarkan tindakan yang dilakukan oleh si subjek.

Dan verb yang seperti appears ini di dalam bahasa Inggris banyak kita temui.

Verb Phrase

Verb itu bisa hanya satu kata saja seperti yang sudah saya berikan contohnya pada kalimat-kalimat di atas, namun verb juga bisa lebih dari satu kata. Nah verb yang terdiri dari lebih dari satu kata itu disebutnya verb phrase. Nah mengenai verb phrase ini kita lanjut pembahasan kita di tulisan kita yang berikutnya ya. Sekarang saya sudahi dulu pembahasan mengenai apa itu verb sampai disini dulu saja.

Teman-teman pantengi terus saja blog saya ini untuk terus mengikuti sharing dari saya mengenai pembelajaran bahasa Inggris. Kalau begitu sampai ketemu lagi di sharing saya yang berikutnya ya. Wassalam.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Good Night Dengan Good Nite

Halo teman-teman semuanya para English Learners, ketemu lagi dengan saya Iman Prabawa, nah pada sharing saya kali ini saya mau sharing mengenai perbedaan good night dengan good nite. Ada beberapa teman-teman yang bertanya-tanya apa sih bedanya? Atau sama aja? Nah makanya saya mau membahasnya di tulisan ini. Wajar sih kalau pertanyaan itu muncul karena bahasa Inggris itu kan bukan bahasa pertama kita tho? Wong bahasa pertama kita aja bahasa Indonesia masih banyak yang salah dalam menggunakannya, contohnya saya. Hihihi, berapa dari kalian yang kalau bertanya waktu itu menggunakan kata jam, saya beri contoh, "Sekarang jam berapa?" Hayoo.. berapa dari teman-teman yang kalau bertanya seperti itu? Dan bukannya bertanya dengan kalimat seperti ini, "Sekarang pukul berapa?". Saya yakin sangat sedikit sekali yang bertanya menggunakan pertanyaan, "Sekarang pukul berapa?", kebanyakan pasti bertanyanya, "Sekarang jam berapa?". Padahal yang benar itu t

Bahasa Inggrisnya Apakah Kamu Sudah Makan

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas mengenai apa sih Bahasa Inggrisnya apakah kamu sudah makan. Kita juga akan menonton beberapa cuplikan adegan yang saya ambil dari film, dimana diucapkan pertanyaan, "Apakah kamu sudah makan?" dalam Bahasa Inggris, jadi nanti kalian bisa melihat sendiri bagaimana para native English speakers menanyakan hal ini dalam Bahasa Inggris. Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.        Baca juga:  Arti What Happened to You Kalau begitu, sekarang mari langsung saja kita bahas. Bahasa Inggrisnya Apakah Kamu Sudah Makan? Bahasa Inggrisnya, "Apakah kamu sudah makan?" yang biasanya diucapkan oleh para native English speakers adalah, " Have you eaten yet?"  atau, " Did you eat yet?

Abjad Bahasa Inggris dan Cara Membacanya

Halo teman-teman. Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan belajar mengenai abjad bahasa Inggris dan cara membacanya. Abjadnya sebenarnya sama persis dengan abjad di bahasa Indonesia, jumlahnya juga sama persis yaitu 26. Yang berbeda hanya cara pelafalannya saja. Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Abjad Bahasa Inggris Kita lihat yuk pada gambar di bawah ini, Kita lihat pada gambar di atas yang saya tulis dengan huruf besar itu kita nanti pada video di bawah ini saya akan menjelaskan bagaimana cara pelafalan atau cara mengucapkannya. Sementara tulisan yang berwarna jingga di bawah abjad tersebut adalah cara membacanya dalam bahasa Indonesia. Saya tidak mengg