Skip to main content

Arti Suit Up

Suit up artinya adalah,Memakai seragam atau baju khusus.
Halo, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini kita akan membahas arti dari phrasal verb suit up, dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan phrasal verb suit up ini.     Baca juga: Arti Meet MeKalau begitu yuk langsung saja kita bahas arti dari suit up ini. Oh iya, saya juga punya youtube channel, support saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 
Arti Suit UpKalau diartikan secara kata per kata [suit] itu artinya jas, dan kalau kalian mengetikkan kata [suit] di Google, kemudian kalian klik di bagian images, maka kalian akan mendapatkan gambar-gambar seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
[Up] itu artinya adalah [atas]. Kalau diartikan secara kata per kata, terjemahannya bakalan aneh yaitu,Jas atas. Aneh kan? Dan sebenarnya arti sebenarnya dari [suit up] itu bukanlah [jas atas]. 
     Baca juga: Arti I Don't Know What You Mean
Sekarang, mari ki…

Apa Itu Verb?

Apa itu verb? Nah pada kesempatan sharing saya kali ini saya ingin membahas mengenai verb atau yang kita kenal dengan istilah kata kerja di dalam bahasa Indonesia. lalu seperti apa sih penggunaannya? Jadi teman-teman bisa mendapatkan gambaran lebih lengkap mengenai verb ini ketimbang hanya tahu verb adalah kata kerja.

Lalu kata kerja itu gimana dalam bahasa Inggris? Nah makanya langsung aja yuk kita bahas mengenai verb itu.

Mengenal Verb Di Dalam Bahasa Inggris

Setiap kalimat di dalam bahasa Inggris bisa dibagi menjadi dua bagian yaitu subjek dan predikat. Subjek itu biasanya yang menjadi pembahasan di dalam sebuah kalimat sementara predikat adalah menyatakan apa yang dilakukan oleh subjek tersebut, atau keterangan mengenai si subjeknya. Dan di dalam sebuah predikat, bagian yang terpentingnya adalah verb.

Sebuah verb menyatakan suatu tindakan yang dilakukan oleh si subjek atau menyatakan mengenai kondisi atau keadaan si subjek. Jadi sebuah verb itu selalu terhubung dengan subjeknya, entah dia membicarakan mengenai apa yang dilakukan oleh si subjek atau membicarakan mengenai keadaan si subjek tersebut.

Nah berikut ini adalah contoh-contoh yang termasuk ke dalam verb, antara lain go, decorate, believe, is, appears. Nah sekarang saya coba contohkan menggunakan verb tersebut di dalam sebuah contoh kalimat, misalnya.
I go to the school every day (Saya pergi ke sekolah setiap hari)
Nah verb go disini menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh si subjeknya yaitu I. Lalu berikutnya saya coba contohkan membuat kalimat dengan menggunakan verb decorate ya. Yuk mari kita lihat pada kalimat di bawah ini.
Every spring we decorate the gym for our annual dance. (Setiap musim semi kami menghias gedung olahraga untuk acara dansa tahunan kita)  

Di kalimat ini kata decorate menjelaskan mengenai apa yang dilakukan oleh si subjeknya, dalam hal ini subjeknya adalah we. Kemudian kita lihat pada contoh verb believe pada kalimat di bawah ini ya.
I believe it's going to rain today. (Saya percaya akan turun hujan hari ini).
Nah kalau kita perhatikan kata believe disini juga merupakan sebuah tindakan. Tindakan yang dilakukan oleh si subjeknya yaitu I, namun tindakan itu tidak terlihat oleh mata kita karena tindakan believe itu berada di dalam pikiran. Jadi tidak terlihat tindakannya secara nyata.

Lalu berikutnya untuk verb is. Kita coba lihat contohnya dalam kalimat di bawah ini.
The weather is cloudy today. (Cuaca hari ini berawan).
Nah untuk verb is pada kalimat di atas, verb is ini tidak menyatakan tindakan yang dilakukan tapi verb is menggambarkan keadaan. Keadaan siapa? Keadaan si subjeknya dari kalimat di atas yaitu the weather. Jadi fungsi verb is disini menyatakan keadaan cuaca atau the weather yaitu cloudy atau berawan.

Kemudian verb yang terakhir ya yaitu appears. Nah kata appears ini bisa menggambarkan tindakan yang dilakukan oleh si subjek atau bisa juga hanya menggambarkan keadaan si subjeknya. Saya beri contoh yang memberikan gambaran tindakan pada kalimat di bawah ini ya.
Susan appears on television as a singer. (Susan muncul di televisi sebagai penyanyi).
Nah verb appears pada kalimat di atas menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh si subjek(Susan) yaitu muncul di televisi. Kemudian saya beri contoh verb appears yang menggambarkan keadaan si subjek. Kita lihat pada kalimat di bawah ini.
The weather appears cloudy. (Cuacanya terlihat berawan)
Nah verb appears disini lebih menggambarkan kepada kondisi cuaca, yang mana kalimat di atas mirip atau sama artinya dengan kalimat, "The weather is cloudy". Jadi verb disini lebih menggambarkan keadaan dan bukan menggambarkan tindakan yang dilakukan oleh si subjek.

Dan verb yang seperti appears ini di dalam bahasa Inggris banyak kita temui.

Verb Phrase

Verb itu bisa hanya satu kata saja seperti yang sudah saya berikan contohnya pada kalimat-kalimat di atas, namun verb juga bisa lebih dari satu kata. Nah verb yang terdiri dari lebih dari satu kata itu disebutnya verb phrase. Nah mengenai verb phrase ini kita lanjut pembahasan kita di tulisan kita yang berikutnya ya. Sekarang saya sudahi dulu pembahasan mengenai apa itu verb sampai disini dulu saja.

Teman-teman pantengi terus saja blog saya ini untuk terus mengikuti sharing dari saya mengenai pembelajaran bahasa Inggris. Kalau begitu sampai ketemu lagi di sharing saya yang berikutnya ya. Wassalam.

Comments