Arti Help Each Other

Beda Possessive Pronoun Dengan Possessive Adjective

Halo teman-teman semua, kita ketemu lagi pada sharing saya kali ini mengenai beda antara possessive pronoun dengan possesseive adjective. Oh iya seperti kita tahu possessive adjective ini mempunyai nama lain atau sebutan lain yaitu possessive determiner. Nah yang kita akan bahas adalah apa sih perbedaannya antara possessive pronoun dengan possessive adjective itu? Yuk mari kita bahas.


Possessive Pronoun

Saya jelaskan sedikit tentang possessive pronoun dulu ya. Possessive itu kan biasanya digunakan untuk membahas mengenai masalah kepunyaan. Nah kita lihat deh ya beberapa contoh kalimat yang menggunakan possessive pronoun di bawah ini.

This bicycle is mine. (Sepeda ini punya saya)

Nah kata "mine" di atas adalah termasuk possessive pronoun. Contoh kalimat kedua kita lihat yuk.

Ria has lost her dog. Is this dog hers? (Ria kehilangan anjing. Apakah ini anjingnya?

Nah kata yang termasuk possesseive pronoun pada kalimat di atas adalah "hers". Saya beri dua contoh kalimat untuk contoh possessive pronoun sudah cukup sepertinya ya? Sekarang kita bahas mengenai possessive adjective sehingga teman-teman bisa melihat bedanya.


Possessive Adjective

Nah possessive adjective ini juga menunjukkan kepunyaan, namun bedanya kita akan menambahkan noun setelah possessive adjective ini. Kita lihat contoh kalimatnya di bawah ini ya.

This is my bicycle (Ini adalah sepeda saya)

Nah kata "my" di atas merupakan possessice adjective, yang mana kita harus mengikutinya dengan noun, yang adalam hal ini nounnya adalah bicycle. 

Kemudian saya buat kalimat lain ya yang ada hubungannya dengan kalimat sebelumnya. Ini adalah anjingnya Ria, nah dalam bahasa Inggris kan This is Ria's dog. Tapi kita mau gunakan possessive adjective sehingga kata Ria-nya kita hilangkan menjadi.

This is her dog. (Ini anjingnya dia)

Nah jelas ya, kalau possessive adjective itu kita harus menambahkan noun di belakangnya, sementara kalau possessive pronoun kita tidak perlu menambahkan kata apa pun di belakangnya. Possessive pronoun bisa berdiri sendiri. 

Nah seperti itu kira-kira teman-teman beda antara possessive pronoun dengan possessive adjective. Sudah jelas banget kan ya? Kalau begitu sampai ketemu lagi di sharing pembelajaran bahasa Inggris saya yang berikutnya yaa..

Comments