Arti Help Each Other

Mengenal Adverb Dalam Bahasa Inggris

Di artikel mengenal adverb dalam bahasa Inggris ini kita akan berkenalan dengan yang namanya adverb. Sekalian kita akan lihat contoh-contohnya ya, sehingga teman-teman pun akan paham dan mengerti mengenai apa itu adverb.

Yuk teman-teman English learners, mari kita bahas mengenai adverb ini.

Mengenal Adverb

Apa itu adverb? Adverb adalah kata yang menjelaskan mengenai verb. Dia memberi keterangan mengenai bagaimana verb tersebut dilakukan. Verb itu kan adalah action word atau kata yang menunjukkan kita lagi melakukan apa, atau dalam bahasa Indonesia kita mengenal verb itu adalah kata kerja.

Kita lihat contoh kalimat di bawah ini ya..
She writes neatly. (Dia menulis dengan rapi)
Nah kalau kita lihat kalimat di atas, write itu kan kata kerja, nah neatly ini menjelaskan mengenai cara dia menulis, yaitu menulis dengan rapi. Sehingga adverb neatly ini memberikan tambahan keterangan atau tambahan informasi kepada kita mengenai bagaimana cara dia menulis. 

Biasanya kebanyakan adverb berakhiran dengan -ly, seperti contoh neatly di atas. Nah saya beri contoh adverb lagi ya. Kita lihat pada kalimat di bawah ini.
The soldiers fought bravely. (Para tentara bertempur dengan gagah berani)
Kita lihat di kalimat di atas, kata adverb bravely ini menjelaskan dan memberikan keterangan tambahan kepada kita mengenai bagaimana para tentara bertempur, yaitu bertempur dengan gagah berani. 

Adverb yang menjelaskan mengenai bagaimana sesuatu dilakukan itu disebut juga dengan adverb of manner. Contohnya bisa kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini.
The parcel arrived safely. (Paket itu sampai dengan selamat).
Juga contoh kalimat yang pertama termasuk ke dalam adverb of manner karena menjelaskan bagaimana cara dia menulis. 

Kemudian adverb yang menjelaskan kapan sesuatu itu terjadi disebut juga adverb of time. Kita lihat contoh kalimat di bawah ini yuk.
David arrived late. (David datang terlambat)
Nah terlambat ini menjelaskan hubungannya dengan waktu, dia tidak tepat waktu.

Kemudian adverb yang memberitahu kita di mana sesuatu terjadi itu disebut adverb of place. Kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini ya. 
It’s raining. Let’s go inside. (Sekarang hujan. Mari masuk ke dalam)

Mengenal Adverb Dalam Bahasa Inggris

Nah seperti itu kira-kira teman-teman yang namanya adverb. Nanti di tulisan saya yang lain kita akan membahas lebih mendetail mengenai adverb ini. Yang sekarang ini kita baru pengenalannya aja dulu ya, kan judulnya mengenal adverb dalam bahasa Inggris. Pantengin terus makanya blog ini untuk sharing-sharing dari saya mengenai pembelajaran bahasa Inggris.

Kalau begitu kita sudahi dulu ya. Sampai ketemu lagi teman-teman English learners. See yaa..

Comments