Skip to main content

Arti Suit Up

Suit up artinya adalah,Memakai seragam atau baju khusus.
Halo, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini kita akan membahas arti dari phrasal verb suit up, dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan phrasal verb suit up ini.     Baca juga: Arti Meet MeKalau begitu yuk langsung saja kita bahas arti dari suit up ini. Oh iya, saya juga punya youtube channel, support saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 
Arti Suit UpKalau diartikan secara kata per kata [suit] itu artinya jas, dan kalau kalian mengetikkan kata [suit] di Google, kemudian kalian klik di bagian images, maka kalian akan mendapatkan gambar-gambar seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
[Up] itu artinya adalah [atas]. Kalau diartikan secara kata per kata, terjemahannya bakalan aneh yaitu,Jas atas. Aneh kan? Dan sebenarnya arti sebenarnya dari [suit up] itu bukanlah [jas atas]. 
     Baca juga: Arti I Don't Know What You Mean
Sekarang, mari ki…

Mengenal Collective Noun

Teman-teman kali ini kita akan membahas mengenai mengenal collective noun. Sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai apa itu noun ya. Nah jadi ini semacam kelanjutannya ya. Yuk mari kita bahas mengenai collective noun ini.

Apa Itu Collective Noun?

Collective noun itu adalah nama untuk sekumpulan noun, misalnya an orchestra, a crowd of shoppers, a pod of dolphins, a bunch of flowers, a bar of chocolate, a piece of information dan lain-lain. Atau selain itu kita bisa lihat juga  pada gambar di bawah ini beberapa contoh lagi yang termasuk ke dalam collective noun.

Mengenal Collective Noun

Collective noun ini bisa menggunakan singular verb atau plural verb, dan ini ada beberapa perbedaan antara American English dengan British English, yang mana saya sudah pernah membahas mengenai hal ini pada artikel saya yang berjudul Collective Nouns Itu Singular Atau Plural? Silakan teman-teman membaca detailnya di artikel itu ya.

Kita lihat kalimat-kalimat di bawah ini ya,
Our class is going on a field trip today. 
The pack of dogs was chasing the deer. 
The public is against the war. 
Our team is playing the champions next week.
Pada kalimat yang pertama kita perhatikan kalimat tersebut menggunakan singular verb yaitu is going, karena disini our class dianggap sebagai satu kesatuan, dan ngga sendiri-sendiri. Kemudian kalimat yang kedua juga begitu the pack of dogs-nya juga dianggap satu kesatuan sehingga singular verb was chasing yang digunakan di dalam kalimat tersebut. Juga dengan kalimat ketiga dan kalimat keempatnya ya. Semua kalimat di atas collective nounnya dianggap sebagai satu kesatuan,  itulah mengapa singular verb yang digunakan di dalam kalimat tersebut.

Untuk detailnya mengenai perbedaan ini silakan teman-teman membaca di artikel saya yang saya berikan linknya di atas untuk lebih memahami mengenai hal ini.

Collective Noun Yang Selalu Plural

Ada juga beberapa collective noun yang terbilang selalu plural, sehingga kita pastinya akan selalu menggunakan plural verb ketika ketemu dengan collective noun ini dalam sebuah kalimat. Kita lihat yuk pada gambar di bawah ini apa saja collective noun yang selalu plural tersebut.

Collective Noun Plural

Noun-noun tersebut selalu dalam bentuk plural, dan kalau kita ingin membuatnya menjadi singular maka yang perlu kita lakukan adalah menambahkan kata "a pair of" sebelum collective noun-collective noun tersebut.

Dan kalau kita lihat dalam bentuk kalimat di bawah ini misalnya,
My favorite jeans are in the washer. 
This pair of jeans needs to be washed. 
My eyeglasses are new. 
This pair of eyeglasses is new.
Pada kalimat di atas kita lihat pada kalimat yang pertama menggunakan plural verb "are", kemudian pada kalimat keduanya ketika kita menggunakan kata "a pair of" kita lihat verb yang digunakan menjadi berubah dan menjadi singular verb sekarang.

Pada kalimat ketiga kita perhatikan verbnya dalam bentuk plural verb yaitu "are" kemudian untuk kalimat berikutnya, kita perhatikan verbnya menjadi berubah menjadi singular verb "is" ketika kita menggunakan kata "a pair of".

Jadi kalau kita ingin membuat menjadi singular dari collective noun yang tertera di atas, kita tinggal menambahkan kata "a pair of".

Noun Yang Berfungsi Sebagai Adjective

Noun dapat berfungsi sebagai adjective ketika noun ini berpasangan dengan noun yang lain. Noun yang pertama fungsinya untuk mendeskripsikan noun yang kedua.

Noun yang berperan sebagai adjective biasanya selalu singular, walaupun ketika mereka menjelaskan atau memberikan keterangan mengenai plural noun di depannya. Kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini,
The  car  doors  have all been replaced.
Noun yang pertama car disini berfungsi sebagai adjective yang memberikan informasi tambahan mengenai "door", dia menjelaskan bahwa pintunya adalah pintu mobil. Bentuk noun car kita lihat dalam bentuk singular.

Kemudian kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini,
We hurried to get to the  train  station.
This  gold  coin  is worth a lot.
Kita lihat noun yang pertama berfungsi sebagai adjective untuk memberikan keterangan tambahan mengenai noun yang ada di depannya.

Ketika terdapat kombinasi noun dan angka, biasanya mereka digabungkan dengan tanda penghubung (-). Kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini.
The hike was eight hours to the temple.    It was an eight-hour  hike to the temple.
Kita lihat pada kalimat keduanya, ketika digabungkan kita tambahkan tanda sambung disitu, dan teman-teman bisa membaca artikel saya yang membahas mengenai compound adjective dimana eight-hour hike-nya tidak ditulis dengan ada s, misalnya eight-hours hike.

Dan kita perhatikan juga kalimat yang di bawah ini,
These tickets cost forty dollars. These are forty-dollar tickets.
Nah kita perhatikan lagi, forty-dollar tickets dan bukannya forty-dollars tickets. Kira-kira seperti itu teman-teman. Semoga sharing saya kali ini mengenai mengenal collective noun bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Wassalam.

Comments