Arti Help Each Other

Noun Itu Apa?

Noun itu apa? Nah kita akan membahas mengenai noun ya, kita mengenal noun itu yang kalau kita artikan langsung ke dalam bahasa Indonesia itu kan artinya langsung aja adalah kata benda. Nah apa saja sih yang termasuk ke dalam noun atau kata benda ini?

Yuk mari kita bahas bersama-sama dalam artikel kita kali ini.

Mengenal Apa Itu Noun

Noun itu adalah pemberian nama untuk orang, tempat, benda, atau pun sebuah ide atau gagasan. Di dalam bahasa Inggris kita mengenal noun itu terbagi menjadi dua bagian besar yaitu common noun dan proper noun. Nah apa bedanya antara kedua noun ini?

Sebelum kita bahas satu per satunya saya berikan contoh noun ya, misalnya adalah student, Barbara, state, Cleveland, sofa, freedom. Itu dulu aja saya berikan contohnya dan mari kita bahas satu per satunya nih dari contoh yang saya berikan ini.

Dari contoh noun yang saya berikan di atas yang termasuk common noun itu antara lain student, state, sofa dan freedom, sementara yang termasuk ke dalam proper noun dari contoh noun yang saya berikan adalah Barbara dan Cleveland.

Kita lihat lagi pada noun-noun yang saya berikan, misalnya student, nah ini student itu artinya pelajar. Pelajar itu pastinya seorang manusia kan ya? Jadi pelajar atau student itu adalah sebutan untuk orang. Juga kalau kita lihat pada noun Barbara, dimana Barbara itu kan nama orang. Jadi Barbara itu juga sebutan untuk orang.

Kemudian noun yang berikutnya yaitu state, nah ini sebutan untuk tempat nih. Juga kalau kita lihat pada noun Cleveland juga itu kan merupakan nama kota di Amerika Serikat. Jadi Cleveland itu adalah nama untuk sebuah tempat ya?

Sementara untuk noun berikutnya yaitu sofa. Nah ini sebutan atau penamaan untuk benda. Kemudian noun yang terakhir yaitu freedom adalah sebutan atau penamaan untuk ide atau gagasan. Freedom atau kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi "kebebasan" adalah merupakan sebuah ide atau gagasan.

Nah kembali ke masalah dua kelompok besar dari noun yaitu common noun dan proper noun. Kalau proper noun bedanya adalah dia lebih spesifik, misalnya nama orang, dan selalu diberikan huruf besar di awalnya. Seperti Barbara, atau Rina atau Joko misalnya, itu kan spesifik orangnya ketimbang kalau kita hanya menyebut pelajar atau student kan ngga jelas siapanya ya?

Common noun itu lebih garis besarnya jadi sementara proper noun itu lebih spesifik. Seperti state dan Cleveland, dimana Cleveland lebih spesifik. Ada namanya ya? Nama negara yang lain misalnya Indonesia, China, Jepang, Amerika Serikat juga merupakan proper noun teman-teman.  Jadi proper noun itu lebih jelas ketimbang negara, negara juga kan noun juga tapi itu lebih kepada kelompok besar negara aja, kita ngga tahu spesifiknya.

Kemudian saya berikan contoh lagi misalnya month dengan July misalnya. Yang mana yang merupakan common noun dan yang mana yang merupakan proper noun? Yang merupakan common noun adalah month dan yang merupakan proper noun adalah July.

Kira-kira seperti itu teman-teman. Nah kalau begitu saya sudahi dulu ya pembahasan kita mengenai noun itu apa ini. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Kalau begitu sampai ketemu lagi di sharing saya yang lainnya ya teman-teman. Salam.

Comments