Skip to main content

Arti Law and Order

Law and order artinya adalah, Ketertiban hukum.

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini kita akan membahas arti dari frasa kata law and order, dan seperti yang biasa saya lakukan di artikel saya, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan frasa kata law and order ini.
     Baca juga: Arti Pull Some Strings

Kalau begitu, yuk langsung saja kita bahas artinya, dan oh iya, saya juga punya youtube channel. Support saya juga dengan SUBSCRIBE di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya.

Arti Law and Order Kalau kita lihat ke kamus Cambridge Online, di situ bisa kita lihat arti dari law and order ini adalah seperti yang terlihat pada screenshot di bawah ini.

Saya langsung saja terjemahkan artinya ke dalam bahasa Indonesia ya penjelasan dari law and order menurut kamus Cambridge di atas ini. Terjemahannya yaitu,
Situasi dimana hukum dipatuhi dan orang-orang bersikap teratur dan damai. Dan kemudian di situ diberikan contoh kalimatnya yang kalau saya …

Perbedaan Beside Dengan Besides Dalam Bahasa Inggris

Halo teman-teman semua, para English learners, kali ini saya mau membahas mengenai perbedaan beside dengan besides dalam bahasa Inggris. Kebetulan saya nemuin video yang bagus nih, dan buat teman-teman yang sudah bisa mengerti dan listeningnya sudah bagus, langsung aja tonton videonya disini

Sementara buat teman-teman yang ketika menonton bingung dan ngga paham dengan apa yang disampaikan oleh Emma di video tersebut silakan lnjut membaca di sini karena saya akan coba menjelaskan ulang apa yang diampaikan di video tersebut.

Kebetulan mengenai perbedaan antara beside dan besides ini juga saya baru tahu, dan kata Emma di video tersebut bahkan para native speaker atau orang-orang aslinya yang biasa berbiacara bahasa Inggris masih sering salah. Jadi kalau mereka aja orang-orang aslinya masih banyak yang salah ya kalau kita yang bukan orang asli yang berbahasa Inggris sangat wajar ya kalau tidak tahu.

Semoga sharing saya kali ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita juga.

Beside Dengan Besides, Apa Bedanya?

Pertama kita kita bahas dulu mengenai beside yang ngga pake s ya. Nah beside yang ngga pake s ini ada beberapa arti kalau digunakan dalam sebuah kalimat. Nah untuk arti yang pertama dari beside adalah "at the side of" atau dalam bahasa Indonesianya adalah di sisi atau di samping seseorang atau di samping sesuatu.

Misal contoh kalimatnya adalah begini.
Nina is standing beside Rini. (Nina berdiri di sebelah Rini)
Nah kalau lihat dari kalimat di atas itu jelas ya bahwa itu menunjukkan ada di sampingnya seseorang atau ada di sebelahnya seseorang atau sesuatu.

Kemudian arti yang kedua dari beside adalah beside oneself, maksudnya adalah dalam keadaan emosi yang kuat yang mengakibatkan seseorang tidak bisa berpikir dan tidak bisa mengontrol dirinya sendiri. Contoh kalimatnya misalnya,
Joni was beside himself when his father died.
Nah kalimat di atas ini kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia itu artinya si Joni merasa terpukul atau merasa sedih sekali saat ayahnya meninggal. Jadi Joni berada dalam kesedihan yang luar biasa. Beside oneself ini jatuhnya adalah idiom, yang mana idiom itu adalah istilah atau ungkapan yang mana artinya berbeda kalau diterjemahkan kata per kata. Di bahasa Indonesia kan juga ada, misalnya contoh idiom atau ungkapan makan hati. "Dia makan hati dengan kelakuan adiknya itu", nah ungkapan makan hati di sini kan ngga bisa diterjemahkan kata per kata juga kan.  

Nah yang ketiga dalam konteks kalimat di bawah ini,
That's beside the point!
Ini misalnya konteksnya ada dua orang yang lagi ngobrol kemudian yang satu mengutarakan satu hal lain yang ngga ada hubungannya dengan apa yang mereka sedang bicarakan lalu keluar kalimat di atas, itu maksudnya adalah, "Itu tidak relevant!" atau "Itu tidak penting!". Seperti itu kira-kiranya teman-teman.

Arti Besides

Nah sekarang kita akan membahas mengenai besides, yang pake s ya kali ini. S dongdong apa es mambo? Hihihi kriuk kriuk. Arti besides  yang pertama adalah "in addition to" atau dalam bahasa Indonesia bisa juga diartikan selain, misalnya kita lihat contoh kalimat di bawah ini.
 Who was at the restaurant besides Tika and Jono?
Siapa di restoran selain Tika dan Jono? Jadi di sini besides artinya adalah selain. Atau misalnya contoh kalimat di bawah ini,
Besides watching Star Trek, what else do you like to do?
Di kalimat ini artinya juga selain, yaitu "Selain nonton Star Trek, apa lagi yang suka kamu lakukan?". Seperti itu kira-kira arti terjemahannya. 

Arti yang berikutnya dari besides adalah an afterthought atau pemikiran yang berkembang setelah itu, atau bisa juga dalam bahasa Indonesia artinya "lagian" atau "lagipula". Misalnya contoh kalimatnya adalah,
I don't want to go outside. It's too cold. Besides, Joni is there.
Jadi ini ceritanya misalnya seseorang ngajakin keluar ruangan, lalu orang ini menjawab, "Saya ngga mau pergi keluar. Terlalu dingin. Lagipula Joni ada di situ. Nah ini yang maksudnya semacam pemikiran selanjutnya yang diwakili dengan kata lagipula. Kebetulan orang ini tidak suka dengan Joni dalam hal ini. 

Arti yang terakhir dari besides adalah except atau kecuali dalam bahasa Indonesia. Kita lihat yuk contoh kalimat di bawah ini.
No ship besides the Millenium Falcon can fly that fast.
Nah ini kan bisa digantikan dengan except atau kecuali, yang bisa saya artikan menjadi, "Tidak ada pesawat terbang kecuali Millenium Falcon yang bisa terbang secepat itu". Gitu kira-kira teman-teman artinya. 

Nah sekarang kita lihat 4 kalimat di bawah ini ya :
  1. ____ studying for your test, what else will you do tonight?
  2. Do you want to sit ______ Alice or Aya?
  3. That's _____ the point!
  4. _____ Raj's house, every house in the neighbourhood has a driveway.
Hayo jawabannya apa teman-teman untuk 4 soal di atas? 

Untuk kalimat yang pertama jawabannya adalah besides. Besides studying for your test, what else will you do tonight? (Selain belajar untuk tes kamu, apa lagi yang akan kamu lakukan malam ini?)  

Untuk kalimat yang kedua, jawabannya adalah beside tanpa s. Do you want to si beside Alice or Aya? (Kamu ingin duduk di sebelah Alice atau Aya?)

Untuk kalimat yang ketiga jawabannya adalah beside tanpa s. That's beside the point! (Hal itu ngga ada hubungannya!)

Untuk kalimat yang ke empat, jawabannya adalah besides, yang pake s ya. Besides Raj's house, every house in the neigbourhood has a driveway. (Kecuali rumahnya si Raj, semua rumah di  lingkungan ini memiliki sebuah jalan masuk)

Nah semoga sharing dari saya mengenai perbedaan beside dengan besides dalam bahasa Inggris ini bisa menambah pengetahuan kita semua. Saya juga jadi belajar lagi dari sharing saya kali ini. Kalau begitu sampai ketemu lagi ya di sharing-sharing saya berikutnya mengenai bahasa Inggris, tentunya di blog belajar bahasa Inggris Iman Prabawa ini.

Comments

  1. terima kasih banyak sharingnya dan sangaat membantu dan mencerahkan

    ReplyDelete

Post a Comment