Arti Help Each Other

Perlukah Belajar Grammar?

Halo teman-teman se-Indonesia, kali ini saya ngga mau ngajar, saya hanya ingin sharing aja mengenai perlukah belajar grammar? Sepertinya grammar itu sesuatu yang sangat menakutkan ya? Banyak yang ingin belajar bahasa Inggris tapi begitu udah ketemu grammar, langsung menyerah.

Nah sebenarnya penting ngga sih kita mempelajari grammar itu? Yuk mari kita bahas.

Apa Sih Grammar Itu?

Nah saya mau menjelaskan dulu sedikit tentang grammar dan mungkin nanti teman-man akan melihat mnengapa grammar itu menjadi sesuatu yang menakutkan. Grammar itu adalah sekumpulan peraturan. Peraturan apa? Ya peraturan tentang bahasa dong, yang mana yang benar dan yang mana yang ngga benar. Contoh paling kecilnya banget, misalnya penggunaan huruf besar, kita kalau menulis saya dalam bahasa Inggris, saya dalam bahasa Inggris itu kan I ya. Nah kita wajib menuliskannya dengan huruf besar. Jadi kita ngga boleh menuliskannya dengan huruf kecil, misalnya contoh kalimatnya,
Jane and i eat lunch together. (Jane dan saya makan siang sama-sama)
Nah penulisannya ngga boleh sayanya pake huruf kecil gitu, jadi harus ditulis seperti ini,
Jane and I eat lunch together.
Nah ini baru sekedar contoh kecil aja ya teman-teman, masih banyak lagi peraturan-peraturan lain dalam grammar. Intinya grammar itu adalah sekumpulan peraturan yang mengatur kita dalam berbahasa. Agar apa sih? Agar bahasa yang kita gunakan menjadi baik dan berkelas. 

Kan orang seringkali dinilai dari bahasa yang dia gunakan dong? Misal kita ngobrol sama orang yang biasanya nongkrong di pinggir jalan dengan misalnya kita ngobrol di kantoran, pasti bahasa yang mereka gunakan juga kelasnya beda kan?

Untuk yang di pinggir jalan kita bisa pake bahasa seperti, "Woii cooy ente pa kabar?", sementara kalau di kantor kita ngga mungkin akan menggunakan bahasa seperti itu, apalagi yang kita hadapi misalnya adalah boss kita. Kita perlu menggunakan bahasa yang jauh lebih halus dan jauh lebih formal tho? Nah hal seperti ini juga berlaku di bahasa Inggris.

Apa Perlunya Belajar Grammar?

Lalu apa dong perlunya belajar grammar? Perlu ngga sih kita mempelajari grammar dalam bahasa Inggris?? Jawabannya menurut saya adalah tergantung! Tergantung apa? Tergantung teman-teman akan menggunakan bahasa Inggrisnya untuk kepentingan apa? Kepentingan hanya bisa ngomong saja kah? Hanya ingin bisa mengerti film yang sering kita tonton, tanpa harus membaca subtitle, atau misalnya kepentingan untuk di kantor? Mengirim e-mail ke kantor pusat di Amerika misalnya, karena kebetulan kita bekerja di perusahaan asing.

Kalau teman-teman hanya ingin sekedar bisa ngomong bahasa Inggris saya rasa teman-teman tidak perlu bhelajar grammar, banyak latihan ngomong aja. Tapi kalau teman-teman akan menggunakan bahasa Inggris di pekerjaan, misalnya seperti tadi menulis e-mail ke kantor pusat atau banyak berhubungan dengan orang bule dalam konteks pekerjaan, maka teman-teman perlu untuk belajar grammar sehingga struktur bahasa teman-teman juga nantinya dianggap bagus dan tidak malu-maluin dan akan sangat mendukung karier teman-teman tentunya.

Apalagi kalau teman-teman senang menulis, dalam halini dalam bahasa Inggris, maka belajar grammar akan membuat tulisan teman-teman secara bahasa akan sangat berkualitas tentunya. Grammar itu ngga cuma kita yang perlu belajar lho, sebenarnya orang-orang bule itu juga kan belajar mengenai grammar saat mereka sekolah.

Nah teman-teman kalau teman-teman tonton VIDEO INI di situ Jade menjelaskan apa yang sering para native speaker salah dalam menggunakan bahasa mereka sendiri. Berarti memang mereka jugs perlu belajar tho?

Jadi perlukah belajar grammar? Semuanya tergantung tujuan kita dalam mempelajari bahasa Inggris itu untuk apa. Semoga sharign dari saya bisa bermanfaat ya teman-teman dan sampai ketemu lagi di sharing saya berikutnya. See you again guys..

Comments