Skip to main content

Arti Suit Up

Suit up artinya adalah,Memakai seragam atau baju khusus.
Halo, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini kita akan membahas arti dari phrasal verb suit up, dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan phrasal verb suit up ini.     Baca juga: Arti Meet MeKalau begitu yuk langsung saja kita bahas arti dari suit up ini. Oh iya, saya juga punya youtube channel, support saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 
Arti Suit UpKalau diartikan secara kata per kata [suit] itu artinya jas, dan kalau kalian mengetikkan kata [suit] di Google, kemudian kalian klik di bagian images, maka kalian akan mendapatkan gambar-gambar seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
[Up] itu artinya adalah [atas]. Kalau diartikan secara kata per kata, terjemahannya bakalan aneh yaitu,Jas atas. Aneh kan? Dan sebenarnya arti sebenarnya dari [suit up] itu bukanlah [jas atas]. 
     Baca juga: Arti I Don't Know What You Mean
Sekarang, mari ki…

Struktur Dasar Kalimat Dalam Bahasa Inggris

Kali ini kita akan membahas mengenai struktur dasar kalimat dalam bahasa Inggris ya. Kita belajara mulai dari nol saja dulu karena saya juga sekarang lagi belajar lagi, menajamkan semuanya dan mulai juga dari nol, biar semuanya tercover juga. Yuk mari kita bahas mengenai hal ini.

Mengenal Struktur Dasar Kalimat Dalam Bahasa Inggris

Kita langsung aja melihat pada contoh kalimat di bawah ini ya..
   John      wrote       a novel          last year.
Subject     Verb    Complement     Modifier
Nah pada kalimat di atas, John wrote a novel last year, kita lihat bahwa ada subject disitu yaitu John, kemudian ada verb disitu yaitu wrote, kemudian ada complement disitu yaitu a novel dan ada modifier di situ yaitu last year.

Nah kita bahas satu per satunya ya dari bagian-bagian dari kalimat di atas yaitu subject, verb, complement dan modifier.

Subject

Subject adalah merupakan aktor dari sebuah kalimat aktif. Subject ini adalah orang atau sesuatu yang melakukan sesuatu, atau bertanggung jawab untuk sesuatu tindakan yang dilakukan di dalam sebuah kalimat.

Setiap kalimat di dalam bahasa Inggris harus memiliki subject. Kalau kalimat perintah tidak memiliki subject yang terlihat, namun walau pun begitu sebenarnya tetap ada subjectnya. Misalnya pada contoh kalimat perintah berikut ini, "Run quickly!" Sebenarnya bisa ditulis atau ada subjectnya disitu yaitu, "You run quickly!". Atau menyuruh seseorang untuk berlari. Jadi subjectnya tetap ada namun tidak tertulis.

Sebuh subject bisa saja merupakan single noun, misalnya pada kalimat berikut ini.
Cats chase mice.
Children like candy.
Nah yang saya beri warna merah itu merupakan subject dari kalimat di atas ya.

Sebuah subject juga bisa merupakan sebuah noun phrase. Apa itu noun phrase? Noun phrase adalah gabungan kata-kata yang berakhir dengan noun. Sebuah noun phrase TIDAK DAPAT dimulai dengan preposition. Contohnya bisa kita lihat pada kalimat di bawah ini.
That hot red dress looks fabulous.
Nah yang saya beri warna merah itu merupakan contoh dari yang namanya noun phrase. Saya berikan contoh-contoh kalimat lain ya di bawah ini. Yang saya beri warna merah merupakan subjectnya. Jadi teman-teman akan bisa mulai mengenali yang mana yang merupakan subject dari sebuah kalimat.
Tom likes to go fishing. 
The English teacher is a very nice person. 
Susan and Alex went to the movie together. 
Those boys are good basketball players. 
We actors are a happy group.
Oke, selanjutnya kita akan membahas mengenai verb ya.


Verb

Verb biasanya mengikuti subject dari sebuah kalimat yang merupakan kalimat pernyataan. Sebuah verb biasanya menyatakan tindakan di dalam sebuah kalimat. Setiap kalimat di dalam bahasa Inggris wajib memiliki sebuah verb.

Verb bisa berupa sebuah kata, misalnya kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini.

Mary likes chocolate cake. 
They play soccer.

Nah yang saya beri warna merah adalah merupakan verb dari kalimat di atas.

Verb di dalam sebuah kalimat juga bisa berupa verb phrase. Verb phrase mengandung satu atau lebih auxiliary verb dan memiliki satu verb utama. Verb utamanya selalu didahului oleh auxiliary verb. Kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini ya.

Martha has been talking to her new friend. 
Terry is visiting his aunt today.

Saya beri contoh kalimat yang lain ya. Kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini ya.

Jerry has returned from lunch. 
The storm made a lot of noise. 
George is playing in a tournament tomorrow. 
I will go to bed soon. 
Sally was jealous of Lisa’s new dress.

Kemudian lanjut lagi ya pembahasan kita ke bagian kalimat yang berikutnya yaitu complement atau object.


Complement (Object)

Sebuah complement atau object memberikan informasi atau keterangan yang lebih mengenai verb. Seringkali complement atau object ini terdiri dari noun, atau noun phrase dan biasanya mengikuti verb di dalam sebuah kalimat aktif.

Sebuah complement atau object tidak dapat dimulai dengan sebuah preposition. Sebuah complement atau object menjawab pertanyaan dari "what" atau "whom".

Saya berikan contoh kalimatnya di bawah ini ya, dan yang saya beri warna merah adalah merupakan complement atau objectnya.

Jack threw the stone far.

Pada kalimat di atas, kalau saya artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah, "Jack melempar sebuah batu jauh". Nah complement ini bbisa dijawab dengan pertanyaan seperti, "What did Jack throw? Apa yang Jack lempar?" Jawabannya adalah the stone yang merupakan complement atau object dari kalimat di atas.

Contoh kalimat berikutnya,

The hungry bird ate a worm.

Arti dari kalimat di atas, "Burung yang lapar itu makan cacing". Nah yang merupakan complement atau object dari kalimat di atas adalah a womr, yang mana kita bisa bertanya seperti ini misalnya, "What did the bird eat? Apa yang burung itu makan?" Dan jawaban dari pertanyaan tersebut adalah complement atau object dari kalimat tersebut.

Contoh kalimat yang ketiga,

He called Janice after the party.

Nah Janice merupakan complement atau object dari kalimat di atas, yang mana kita bisa bertanya pertanyaan seperti ini, "Whom did he call? Siapa yang dia telpon?" dan jawabannya adalah Janice yang merupakan complement atau object dari kalimat di atas.

Selanjutnya pembahasan kita adalah modifier ya.


Modifier

Sebuah modifier menyatakan waktu, tempat, atau cara melakukan dari sebuah tindakan. Sebuah modifier biasanya mengikuti sebuah complement. Tidak semua kalimat membutuhkan modifier.

Prepositional phrase biasanya merupakan atau menjadi sebuah modifier dalam sebuah kalimat. Contoh prepositional phrase misalnya, under the house, after breakfast, in the morning.

Adverb atau adverbial phrase juga biasanya bisa menjadi sebuah modifier, biasanya hubungannya dengan waktu atau modifier of time. Sebuah modifier of time biasanya ada di urutan terakhir jika lebih dari satu modifier yang digunakan dalam sebuah kalimat.

Contoh dari adverb atau adverbial phrase antara lain yesterday, quickly, last semester, overhead, quite awful.

Sebuah modifier biasanya menjawab pertanyaan When?(Kapan?) Where?(Dimana) Atau How?(Bagaimana?)

Contoh dari modifier bisa kita lihat pada kalimat di bawah ini.

She is earning her degree at Cornell University.

Nah yang saya beri warna merah adalah merupakan modifiernya, dalam hal ini at Cornell University dapat menjawab pertanyaan dari, "Where is she earning her degree?(Dimana dia mendapatkan gelarnya?)

Nah saya beri contoh modifier lagi pada kalimat di bawah ini.

John fell down the stairs yesterday.

Nah pada kalimat di atas ada dua modifier, yang mana down the stairs kan merupakan prepositional phrase yang menjadi modifier disini dan menjawab pertanyaan dari, "Where did John fall?(Dimana John terjatuh?)".

Sementara modifier yang keduanya yesterday merupakan adverb, kemarin di tulisan saya yang lalu kita sudah pernah membahas mengenai adverb jenis ini ya yaitu adverb of time, yang menjawab pertanyaan, "When did John fall?(Kapan John terjatuh?)".

Okey sampai sini pembahasan kita. Saya berikan contoh soal ya di bawah ini. Pada kalimat-kalimat di bawah ini silakan teman-teman tentukan yang mana yang merupakan Subject, disingkat S, yang mana yang merupakan Verb, disingkat V, yang mana yang merupakan Complement, disingkat C, dan yang mana yang merupakan Modifier, disingkat M.

Perlu teman-teman ketahui bahwa tidak semua kalimat mempunyai complement atau modifier. Dan juga di dalam sebuah kalimat bisa saja terdapat lebih dari satu modifier. Yuk mari saya beri contoh dulu ya misalnya,

Juan / is eating / tacos / at the new restaurant.
   S          V            C                M
The girls / are talking / to the boys.
       S               V                 C
Madonna / is performing / tonight.
S                       V                  M

Nah seperti itu misalnya teman-teman, sekarang kita lihat soal-soal di bawah ini ya.
  1. Jerry opened his present.
  2. Mr. Johnson drinks coffee every morning.
  3. Birds fly.
  4. The dog chased the cat up the tree.
  5. The wind blew violently.
  6. Jimmy scored a goal at the soccer match last Saturday.
  7. They ran inside quickly.
  8. Bill, George and Alice bought CDs at the music store today.
  9. The barrel rolled down the hill.
  10. Terry is watching television. 

Kalau begitu saya ucapkan selamat mengerjakan ya teman-teman. Untuk melihat jawabannya silakan teman-teman bisa mengkliknya disini. Sampai ketemu lagi teman-teman, saya akhiri dulu artikel mengenai struktur dasar kalimat dalam bahasa Inggris ini ya.

Comments