Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Present Perfect Dalam Bahasa Inggris

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini pembahasan kita adalah mengenai Present Perfect Tense dalam bahasa Inggris. Kalau di artikel yang lalu yaitu di artikel Verb Dalam Bahasa Inggris kita sudah pernah membahas mengenai verb tenses ini dalam garis besarnya.

Nah sekarang ini kita akan membahas satu per satu dari verb tenses yang ada dan pada pokok pembahasan kita kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai present perfect dalam bahasa Inggris. Yuk mari kita bahas.

Present Perfect Tense Dalam Bahasa Inggris

Present Perfect Tense ini menggambarkan sebuah kejadian atau suatu tindakan yang dilakukan sebelum terjadinya kejadian yang lainnya. Atau bisa juga dikatakan bahwa Present Perfect Tense ini adalah kejadian yang sudah selesai terjadi pada saat si pembicara berbicara.

Untuk formula dari Present Perfect Tense, teman-teman bisa melihat pada gambar di bawah ini,

Present Perfect Dalam Bahasa Inggris

Dan untuk kita melihat timeline dari Present Perfect Tense, kita bisa melihat pada gambar di bawah ini,

Present Perfect Timeline

Untuk contoh kalimatnya kita perhatikan pada contoh kalimat di bawah ini,
The boss has left the office. (Sang bos sudah meninggalkan kantor.)
Pernyataan ini menjelaskan bahwa si bos sudah meninggalkan kantor sebelum kalimat ini diucapkan, jadi pada saat kalimat ini terucap kejadiannya sudah terjadi dan sudah selesai terjadinya.

Atau kita bisa melihat pada contoh kalimat lain misalnya,
I have studied 3 sections until now.
Saya sudah belajar 3 bagian sampai saat ini. Jadi 3 bagian tersebut sudah diselesaikan. Nah kalau ada petunjuk waktu di dalam sebuah kalimat, dia menjelaskan bahwa sampai saat ini "until now" dia sudah menyelesaikan belajar hingga 3 bagian. Jadi belajar 3 bagiannya sudah selesai dia lakukan.

Jadi selalu present perfect tense itu mengungkapkan suatu hal yang sudah selesai terjadi pada saat diucapkan.

Kemudian kita lihat lagi pada contoh kalimat di bawah ini,
I have seen the movie already.
Saya sudah menonton film itu. Nah kalimat ini juga menyatakan bahwa apa yang dia katakan tersebut sudah dia lakukan, yaitu dia sudah menonton film tersebut. Jadi pada saat dia mengatakannya dia memang sudah menonton film tersebut.

Lalu kita lihat lagi pada contoh kalimat di bawah ini,
The rabbit has eaten all its food.
Kelinci itu sudah memakan semua makanannya. Kalimat ini menyatakan bahwa si kelinci tersebut sudah memakan semua makanannya pada saat saat kalimat ini diucapkan.

Kemudian kita bisa melihat lagi beberap contoh kalimat present perfect tense di bawah ini,
I have already done half of the exercises.
Kemudian kalimat yang berikut ini,
He has driven 500 kilometres so far.
Dan juga kalimat berikut ini,
Sally has lost her favorite ring.
Dan lagi juga kalimat berikut ini,
Tom and Hank have ridden horses before.
Dan contoh kalimat present perfect tense yang terakhir adalah yang berikut ini,
We have won the championship!
Nah kira-kira seperti itu teman-teman. Semoga teman-teman bisa mengerti ya apa yang saya sharingkan pada kesempatan kali ini.

Oh iya, kita kan sudah mempelajari mengenai present simple, kemudian present continuous dan yang terakhir adalah present perfect. Gimana kalau kita sekarang mengerjakan soal yuk?

Soal Mengenai Present Tense

Soal di bawah ini silakan teman-teman isi bagian kosongnya dengan verb tenses yang tepat ya. Verbnya sudah ada di dalam tanda (), tinggal teman-teman rubah saja ke bentuk tense yang sesuai berdasarkan waktu terjadinya. Yuk mari langsung aja kita lihat soalnya di bawah ini,
  1. John __________________ (sleep) on the couch at the moment.
  2. My dad always __________________ (sit) in that chair.
  3. I ____________________ (like) to go to the movies on the weekends.
  4. The children ____________________ (play) at the neighbor’s house today.
  5. The company _____________________ (build) a new store.
  6. Water ___________________ (wash) away dirt.
  7. My little brother ____________________ (eat) all the candy! It’s all gone!
  8. Jane ___________________ (read) her favorite book now.
  9. Those boys ____________________ (scare) that cat many times before.
  10. My wife and I ____________________ (cry) when we watch sad movies. 
Saya ucapkan selamat mengerjakan ya teman-teman dan sampai ketemu lagi di sharing-sharing saya berikutnya, pastinya di blog saya ini. Oh iya, untuk melihat jawaban dari soal di atas teman-teman bisa mengklik disini.

Comments