Skip to main content

Arti Have the Time of Your Life

Have the time of your life artinya adalah,
Menikmati waktu yang sangat menyenangkan di dalam melakukan sesuatu.

Halo semuanya, kali ini saya mau membahas arti idiom have the time of your life. Kebetulan saya menemukan adegan di sebuah film yaitu film serial TV Brooklyn 99 di mana idiom ini diucapkan, dan nanti kita akan menonton potongan adegan tersebut di mana diucapkan idiom ini.

Kalau begitu, yuk mari kita mulai.

Arti Harfiah Have the Time of Your Life Kita artikan dulu yuk secara kata per kata sebelum kita lihat arti yang sesungguhnya yang ada di dalam kamus agar kalian bisa tahu bahwa kalau kita ketemu dengan yang namanya idiom, seringkali kita tidak bisa mengartikannya secara kata per kata seperti ini, karena biasanya sih arti yang sebenarnya dengan arti kalau kita artikan secara kata per kata seperti ini sangatlah berbeda.

Have the time of your life kalau diartikan secara kata per kata, maka artinya adalah,
Memiliki waktu di kehidupanmu. Nah, kira-kira kalian bisa menyimpulkan ng…

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris
Cara cepat belajar bahasa Inggris itu gimana sih? Saya rasa banyak sekali teman-teman yang menanyakan mengenai hal ini. Kita semua ingin pastinya dong bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat dan bisa sefasih bahasa ibu kita yaitu bahasa Indonesia ketika kita berbicara dalam bahasa Inggris, tapi gimana caranya?

Pada tulisan kali ini saya akan sharing mengenai caranya, tentunya kalau kita ingin bisa. Ini berlaku dalam hal apa pun ya, kita perlu banyak latihan dan terus latihan dan terus latihan. Nah kemudian kalau teman-teman merasa bingung apa yang harus dilatih untuk bisa lancar di dalam berbahasa Inggris, maka yang pertama teman-teman perlu ketahui adalah teman-teman harus tahu tujuannya di dalam teman-teman ingin lancar dalam berbahasa Inggris itu untuk apa setelah memang teman-teman punya niat yang sangat kuat dan tidak takut dan juga tidak malas untuk melatihnya.

Latihan itu penting karena kalau teman-teman malas ya susah untuk teman-teman bisa maju dan bisa lancar di dalam berbahasa Inggris. Semua apa pun untuk kita bisa bagus dalam hal tersebut pasti butuh yang namanya latihan. Atlit yang bisa bermain dengan bagus dan juara, sudah pasti meluangkan waktu latihannya dengan sangat banyak sekali ketimbang atlit lainnya.

Kita lihat David Beckham deh misalnya, dia rajin latihan setiap hari menendang bola untuk masuk ke dalam ban yang dia pasang beberapa meter di depannya. Dia rajin latihan seperti itu setiap paginya, beberapa ratus kali sehari mungkin dia melakukannya, sehingga ketika dia berada di dalam pertandingan sesungguhnya dia bisa akurat dalam menembak bola menuju ke gawang lawan.

Jadi memang latihan itu menjadi salah satu yang sangat penting tentunya. Kalau begitu kita bahas satu per satunya yuk.

Miliki Niat Yang Kuat

Pertama memang yang harus kita punyai terlebih dahulu adalah niat yang kuat untuk bisa menguasai bahasa Inggris. Karena di dalam perjalanannya ketika kita mulai mempelajari bahasa Inggris pastinya dan tentunya kita akan mengalami kendala. Dan niat ini yang akan membuat kita bertahan untuk terus belajar atau malah kita memutuskan untuk berhenti karena merasa kita tidak berkembang bahasa Inggrisnya setelah mempelajarinya beberapa saat.

Tujuan Belajar Bahasa Inggrisnya Untuk Apa?

Teman-teman juga perlu tahu tujuan teman-teman di dalam belajar bahasa Inggris itu untuk apa? Apakah untuk bisa memahami ketika kita nonton film kah? Jadi kita tidak perlu membaca subtitle ketika kita menonton film-film Hollywood yang berbahasa Inggris. Ataukah kita perlu belajar bahasa Inggris karena memang kita ingin pergi kuliah di luar negeri, misalnya kita ingin kuliah di Amerika Serikat, atau di Inggris atau di Australia misalnya.

Tentunya tujuan teman-teman ini akan berbeda nanti dalam segi belajarnya. Untuk orang-orang yang ingin bisa berbahasa Inggris hanya sekedar ingin bisa saja, misalnya tadi yang saya contohkan dengan ingin bisa menonton film berbahasa Inggris tanpa harus membaca subtitle berbahasa Indonesia mungkin akan berbeda dengan seseorang yang ingin menguasai bahasa Inggris karena ingin kuliah di luar negeri.

Kalau untuk teman-teman yang ingin kuliah di luar negeri tentunya harus lebih giat dan belajarnya juga lebih banyak. Misalnya lebih banyak fokus juga di grammar, karena nanti ketika kuliah kan teman-teman akan sangat banyak sekali berhadapan dengan bahasa Inggris dalam bentuk penulisan, sehingga teman-teman juga harus tahu kaidah dalam penulisan yang benar dalam bahasa Inggris itu seperti apa.

Nah peraturan-peraturan ini disebut juga dengan grammar. Jadi buat yang memang tujuannya untuk kuliah di luar negeri misalnya atau ingin lancar bahasa Inggris karena tuntutan pekerjaan, dimana dia bekerja di perusahaan multi nasional yang sering berkirim e-mail dengan kantor pusatnya yang berada di London misalnya.

Dalam hal ini juga teman-teman yang tujuannya untuk bekerja perlu juga untuk mempelajari grammar dengan lebih dalam tentunya, agar nanti ketika mengirimkan e-mail dalam bahasa Inggris kita menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. Sehingga kita pun di mata bos kita mempunyai nilai yang lebih.

Bahasa itu kan sebenarnya ada tiga tingkatan ya, saya mengatakannya seperti itu. Ada bahasa yang digunakan antara teman, kemudian ada juga bahasa yang digunakan di dalam percakapan, dan yang terakhir adalah bahasa yang digunakan di dalam situasi formal misalnya di dalam pekerjaan, penulisan artikel di surat kabar nasional misalnya.

Tentunya akan aneh dong kalau kita menggunakan bahasa untuk teman, sementara kondisinya adalah di kantor. Aneh ngga sih? Atasan kita pastinya akan menganggap kita merupakan orang yang tidak tahu cara bersikap dan berperilaku. Misal deh dalam bahasa Indonesia kita ketemu bos kita dan kita menyapa, "Bos, ente apa kabar bos hari in? Ane bentar lagi masuk nih bos ke ruang meeting, tapi ane mo ke toilet dulu bentaran aja ya bos." Dan bahasa seperti ini teman-teman ucapkan saat ketemu di kantor saat mau meeting. Gimana coba?

Begitu juga dengan bahasa Inggris, kita harus tahu penempatannya. Sehingga ketika kita belajar bahasa Inggris kita tahu tujuan kita apa. Untuk teman-teman yang hanya ingin bisa bahasa Inggris hanya untuk bisa mengerti film, saya rasa teman-teman ngga perlu susah-susah belajar grammar deh. Banyakin aja percakapan dan mendengarkan bahasa Inggris, misalnya menonton film berbahasa Inggris.

Tips Di Dalam Menonton Film Berbahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris dari film itu sebenarnya bagus, tapi kok saya sudah nonton film berbahasa Inggris tapi ngga ngaruh juga ya? Ngga meningkat juga tuh kemampuan saya dalam berbahasa Inggris.

Nah kalau ini yang terjadi berarti cara menontonnya adalah salah. Kita seringkali hanya satu kali menonton sebuah film bahasa Inggris kan? Paling banyak itu juga kalau kita suka, ya 5 kali deh. Ngga pernah ada yang lebih menonton film bahasa Inggris lebih dari lima kali kan?

Ada yang pernah menonton sebuah film bahasa Inggris sampai 200 kali? Pasti ngga ada kan? Ini dia masalahnya, tujuan kita untuk nonton film bahasa Inggris itu untuk belajar bahasanya kan? Bukan untuk menikmati filmnya kan? Tentunya pastinya kita memilih jenis film yang kita sukai dulu tentunya untuk kita nantinya bisa bertahan menonton film tersebut sampai dengan 200 kali.

Gimana cara yang efektif dalam menonton film bahasa Inggris sehingga kita bisa belajar banyak dalam hal bahasa dari menonton film tersebut? Caranya adalah pertama teman-teman tonton dulu aja sampai habis filmnya untuk tahu dari awal sampai akhir jalan ceritanya.

Kemudian setelah teman-teman lakukan hal tersebut baru kemudian kita mulai analisa nih. Kita ulang lagi filmnya, tapi sekarang tidak kita tonton langsung habis tapi kita bagi-bagi menjadi per 10 menit. Kita tonton film tersebut per sepuluh menit pertama, dan simak baik-baik kata-kata yang diucapkan disitu. Kalau kita masih belum bisa menangkap dengan baik apa yang diucapkan oleh aktor dan aktrisnya, gunakan subtitle, tapi yang teman-teman gunakan adalah subtitle berbahasa Inggris, sehingga teman-teman akan bisa membaca apa yang mereka ucapkan kalau misalnya apa yang mereka ucapkan memang teman-teman tidak tahu.

Kemudian darisitu teman-teman tuliskan kosakata yang teman-teman belum tahu, kemudian cari artinya di kamus. Dengan cara ini teman-teman akan mendapatkan kosa kata baru kan? Kalau tidak mengerti artinya tinggal buka kamus atau buka google translate dan kalau ada idiom yang digunakan disitu teman-teman bisa googling untuk mencari artinya, misalnya idiom seperti I am all ears, atau call it a day atau yang lainnya. Kan kita bisa googling dan akhirnya kita bisa tahu artinya juga.

Sudah? Kemudian kita ulang lagi sepuluh menit yang pertama tadi, kali ini teman-teman tonton lagi dan subtitlenya dimatikan saja. Kemudian konsentrasi tonton lagi, dan kali ini apakah teman-teman sudah bisa menangkap apa yang mereka katakan tanpa teman-teman membaca subtitlenya?

Yakin? Kalau memang yakin coba teman-teman tulis di kertas tiap-tiap dialog yang mereka ucapkan. Dalam scene selama 10 menit ini pasti akan menguras banyak waktu kita dong? Dengan kita mendengar dan menuliskan lagi kita akan melatih pendengaran kita dan juga secara ngga langsung kita akan belajar struktur kalimat yang biasa digunakan di dalam percakapan sehari-hari.

Kemudian kalau sudah teman-teman lakukan terus, setelah bisa di 10 menit pertama, kemudian teman-teman masuk di 10 menit kedua. Lakukan lagi seperti yang tadi teman-teman sudah lakukan. Dan terus lakukan hingga sampai film tersebut selesai. Dengan begitu coba nanti teman-teman lihat buku catatan teman-teman. Pastinya akan sangat banyak sekali teman-teman mendapatkan kosakata baru yang tentunya berguna di dalam percakapan dan teman-teman bisa akan langsung melihat sendiri gunanya kalimat tersebut di dalam percakapan seperti apa.

Meniru Pengucapan Di Dalam Film

Nah ini juga bisa teman-teman gunakan untuk melatih pronunciation teman-teman tentunya. Dengan mencatat tiap dialog untuk tiap adegan, kemudian diputar lagi. Kemudian coba teman-teman tirukan apa yang mereka ucapkan disertai dengan intonasinya juga. Kemudian teman-teman dengarkan sendiri aja suara teman-teman dengan teman-teman merekam suara teman-teman tersebut dengan menggunakan handphone.

Kemudian bandingkan sendiri dengan suara yang ada di film tersebut. Sudah miripkah aksennya? Latihan ini nantinya berguna di dalam kita berlatih pronunciation kita. Banyak di antara kita yang bisa berbahasa Inggris tapi coba perhatikan pengucapan mereka, kita masih bisa mengenali aksen Indonesianya kan? Gimana cara menghilangkan aksen bahasa Indonesia kita ketika kita berbicara dalam bahasa Inggris?

Ya latihan seperti ini bisa menjadi salah satu caranya, dan cara yang lain bisa dengan teman-teman rajin membaca tulisan berbahasa Inggris kemudian merekam dan mendengar sendiri. Atau kalau teman-teman memang masih baru, teman-teman beli buku bahasa Inggris kemudian cari audio booknya. Atau cari audio book dan kemudian cari bukunya. Audio book itu adalah buku yang dibacakan. Dibacakannya oleh orang bule asli tentunya, jadi secara pengucapannya pun sudah pasti benar. Nah kita tinggal ikuti saja, kita punya bukunya dan kita punya audionya.

Kita baca bukunya sambil dengarkan pengucapannya dari audio book itu. Nanti kapan saya akan buat videonya ya mengenai cara belajar melatih pengucapan kita menggunakan cara ini. Saya kebetulan sekarang lagi melatih aksen British saya karena tertarik aja dan menurut telinga saya masih susah untuk bisa mendengar dengan jelas kalau orang Inggris asli ngomong. Masih samar aja di telinga saya, selama ini saya lebih banyak terpapar dengan bahasa Inggris akses Amerika.

Mungkin banyak dari teman-teman yang seperti itu ya? Wajar sih karena kita banyak sekali terpapar dengan film-film Hollywood kan yang kebanyakan memang aktor di film tersebut adalah orang Amerika, jadi kita terbiasa dengan bahasa Inggris aksen Amerika tentunya.

Nah kalau begitu sekian dulu sharing dari saya ya, nanti saya akan sharing lagi mengenai penting ngga sih kita belajar grammar itu kalau kita ingin belajar bahasa Inggris? Ini semua kembali kepada apa tujuan teman-teman di dalam belajar bahasa Inggris tentunya. Kalau begitu saya sudahi dulu ya artikel saya cara cepat belajar bahasa Inggris ini. Wassalam.

Comments