Skip to main content

Arti Very

Kata very digunakan,
Untuk menekankan kata benda tertentu.

Halo semuanya, kali ini saya mau membahas arti very, tapi very yang ingin saya bahas ini bukan very yang biasanya kita kenal. Arti very yang biasanya kita kenal kan artinya adalah,
Sangat, sekali. Contohnya misalnya,
Very cold. Yang kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Sangat dingin. Atau contoh yang lain,
It's very nice. Yang kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Ini bagus sekali. Nah bukan very yang artinya seperti itu ya, nanti kita akan melihat cuplikan adegan di film Sex and the City 2 yang saya ambil untuk kita lihat bersama-sama penggunaan kata "very" di cuplikan adegan tersebut. Contoh screenshotnya bisa kalian lihat di gambar di atas, dan nanti di bawah kita akan menonton cuplikan adegannya.

Arti Very Kalau arti very yang artinya sangat itu kalian sudah pada tahu kan? Nah sekarang saya ingin membahas ternyata very itu artinya bukan hanya "sangat" saja, t…

Present Perfect Continuous Dalam Bahasa Inggris

Halo teman-teman English learners, kali ini kita akan membahas mengenai present perfect continuous dalam bahasa Inggris. Kebetulan tadi saya lagi membaca lebih detail mengenai verb atau kata kerja. Nanti saya akan coba membuat artikel mengenai hal tersebut, karena verb itu di dalam bahasa Inggris bisa dibilang jantung dari sebuah kalimat.

Dalam hal ini juga ketika kita membicarakan mengenai tenses, yang berubah itu kan verb atau kata kerjanya tho? Kalau kita membicarakan kata kerja pada saat sekarang seperti apa, kemudian pada masa lampau akan berubah menjadi seperti apa dan pada masa akan datang berubah juga. Yang berubah adalah bentuk dari verbnya.

Mengenal Present Perfect Continuous

Present perfect continuous ini adalah sesuatu yang sudah dikerjakan di masa lampau tapi masa berjalan juga sampai dengan hari ini. Jadi sampai sekarang hal tersebut masih berlangsung dan mungkin akan terus berlangsung ke depannya.

Kalau kita lihat dari formula atau rumus dari present perfect tense ini bisa kita lihat pada gambar di bawah ini,

Present Perfect Continuous Dalam Bahasa Inggris

Sementara kalau kita melihat urutan waktu kejadiannya, kita bisa melihatnya pada gambar di bawah ini,

Present Perfect Continuous Timeline

Dalam hubungannya dengan gambar timeline dari present perfect continuous di atas kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini,
Mia has been studying for two hours. (Mia sudah belajar selama dua jam)
Dari kalimat di atas kita tahu bahwa Mia sudah mulai belajar dari dua jam yang lalu. Dan sampai saat ini Mia pun masih terus belajar, bahkan sampai beberapa saat ke depan. Jadi bisa kita pelajari dan kita amati ada kata continuous seperti yang pernah kita bahas di pelajaran kita present continuous nanti juga kita akan belajar mengenai past continuous. Dimana ada kata continuous berarti apa yang dilakukan masih berlangsung.

Nama lain dari continuous adalah progressive, jadi teman-teman jangan bingung dan kaget kalau mendengar tenses Present Perfect Progressive Tense yang mana itu sama saja artinya dengan Present Perfect Continuous Tense. Continuous itu sama dengan progressive yaitu masih berlangsung.


It's Merupakan Singkatan Dari It Has di Verb Tense Ini

Kemudian kita lihat contoh kalimat lain lagi untuk present perfect continuous tense ini, pada kalimat di bawah ini.
It's been raining since 9 o'clock this morning. (Hujan sudah berlangsung sejak jam 9 pagi ini)
Nah kalau teman-teman melihat pada singkatan it's pada kalimat di atas, itu kepanjangan dari it is atau it has? Kebetulan memang kedua-duanya antara it is dan it has kalau disingkat dia sama-sama it's. Tapi ya kita yang memang harus jeli dalam hal ini. Mungkin untuk orang asli yang berbicara bahasa Inggris hal ini tidak menjadi masalah karena mereka sudah sangat terbiasa dengan bahasa mereka sendiri, jadi mereka akan langsung tahu mana yang it is dan mana yang it has.

Sementara kita pembelajar bahasa Inggris yang mana bahasa Inggris bukan merupakan bahasa pertama atau bahasa ibu kita, tentunya kita harus jeli melihat singkatan seperti ini ya.

Nah dalam hal ini singkatan it's pada kalimat di atas adalah it has, karena teman-teman mesti lihat lagi kepada bentuk formula atau rumus dari present perfect continuous tense ini dimana ada Subject ditambah dengan has/have, nah di bagian ini kita melihat ada has atau have. Has kalau subjectnya singular dan have kalau subjectnya itu plural.

Jadi itulah mengapa singkatan dari it's pada kalimat it's been raining since 9 o'clock this morning adalah singkatan dari it has.


Tindakan Yang Baru Saja Selesai Terjadi

Kita juga bisa menggunakan present perfect continuous untuk tindakan yang baru saja selesai kita lakukan. Contohnya bisa kita lihat pada kalimat berikut ini,
I've got paint all over my clothes because I've been decorating the living room. (Banyak cat di pakaian saya karena saya baru saja mendekorasi ruang tamu)
Pada kalimat di atas itu banyak cat di pakaiannya karena memang dia baru saja selesai melakukan kegiatan mengecat ruang tamunya. Jadi tindakan pengecatan itu baru saja selesai dia lakukan.

Kemudian kita juga bisa melihat pada contoh yang berikutnya pada kalimat di bawah ini,
Mary : Joe! Where have you been? I've been trying to get hold of you... I've got some bad news. (Mary : Joe! Kemana aja? Saya sudah berusaha menghubungi kamu.. Saya punya berita buruk untuk kamu)
Pada kalimat di atas akhirnya Mary berhasil menemukan Joe, tindakan mencari Joe sudah berakhir (pada kalimat I've been trying to get hold of you) tapi dalam hal ini Mary kan terus mencari Joe sampai akhirnya Mary menemukan Joe.

Penggunaan Already dan Just Pada Present Perfect Continuous

Di present perfect continuous juga seringkali menggunakan kata "already" dan "just". Kita menggunakan kata "already" ketika tindakannya belum selesai dilakukan dan kita ingin menekankan sudah berapa lama tindakan tersebut dilakukan. Kita lihat contohnya pada kalimat di bawah ini,
She's already been sleeping for three hours. (Dia sudah tidur selama 3 jam)
Nah kalau kita lihat lagi pada singkatan she's pada kalimat di atas, itu adalah singkatan untuk she is atau she has? Hayo? Kita harus mengingat formulanya ya, untuk orang yang terlahir dan bahasa utamanya adalah bahasa Inggris pastinya gampang sekali tapi kalau untuk kita tentunya kita harus belajar dan membiasakan diri. Dengan melihat dan tahu rumusnya maka kita akan tahu bahwa she's pada kalimat di atas adalah singkatan dari she has.

Biasanya kata put dan already itu diletakkan di antara have/has dan past participle. Sekarang kita lihat contoh kalimat pada penggunaan kata "just" di dalam present perfect continuous, pada kalimat di bawah ini,
There's Yasmin - I've just been talking to her husband on the phone! (Itu Yasmin - Saya baru saja berbicara dengan suaminya di telepon)
Nah kita lihat pada kalimat di atas dimana kata "just" diletakkan antara kata have dan been. Dan kasus di atas tindakan berbicara dengan suaminya Yasmin baru saja selesai dilakukan. Jadi sudah berakhir tindakan berbicara dengan suaminya Yasmin tapi baru saja selesai.

Oke, saya rasa saya sudahi dulu sampai disini. Tapi nanti saya akan menambahkan lagi mengenai present perfect continuous dalam bahasa Inggris ini karena kita belum membahas mengenai kalau kalimat negatifnya dalam tenses ini seperti apa dan juga ada lagi penggunaan kata "recently" dan "lately" di dalam present perfect continuous tense ini.

Kalau begitu pantengin terus ya teman-teman blog pembelajaran bahasa Inggris saya ini. Dan saya rasa saya sudahi dulu pembahasan mengenai present perfect tense dalam bahasa Inggris sampai di sini dulu. Sampai ketemu lagi di sharing saya berikutnya ya. Wassalam.

Comments