Skip to main content

Bahasa Inggrisnya Saya Traktir

Bahasa Inggrisnya saya yang traktir adalah,It's on me.
Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini kita akan membahas apa sih Bahasa Inggrisnya, "Saya yang traktir" atau "Aku traktir" atau "Gue yang traktir", dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kalimat ini.
     Baca juga: Bahasa Inggrisnya Bolehkah Saya Masuk
Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas. Oh iya, saya juga punya youtube channel, support saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya.
Bahasa Inggrisnya Aku Yang TraktirNah, Bahasa Inggrisnya "saya yang traktir" atau "aku yang traktir" atau "gue yang traktir" adalah, It's on me. Ini sebenarnya merupakan idiom, yang kalau kita terjemahkan secara kata per kata artinya adalah, Itu ada di saya. Aneh ya terjemahan secara kata per katanya? Tapi kita lihat yuk penjelasan yang diberikan oleh kamus The Free Dictionary by Farlex pada g…

Just, Already dan Yet Dalam Present Perfect Tense

Kali ini kita akan membahas penggunaan just, already dan yet dalam present perfect tense ya teman-teman. Kita pertama akan bahas dulu ya mengenai present perfect ini kemudian kita lanjutkan langsung ke penggunaan yang biasanya dari kata-kata just, already dan yet yang biasanya digunakan dalam tenses present perfect tense.

Mengenal Present Perfect Tense

Pertama kita akan membahas mengenai formula dari present perfect tense, atau rumus dan cara membuat kalimat present perfect tense. Present perfect tense dibuat dengan rumus sebagai berikut,
Subjek + has/have + past participle
Subjek di atas berarti subjek dari sebuah kalimat ya, kemudian kita akan menggunakan has untuk misalnya saya berikan contoh,
She has played 
He has played 
It has played 
Sementara untuk have itu kita menggunakan have untuk subjek seperti misalnya,
I have played 
You have played 
They have played
Past participle itu adalah bentuk ketiga dari verb ya, misalnya kalau bentuk reguler verb itu kita tinggal menambahkan ed atau d di akhir dari verb tersebut, sementara untuk yang irreguler verb berarti kita melihat bentuk ketiganya, misalnya saya beri contoh untuk irreguler verb drive, yaitu drive, drove dan driven. Maka kita akan menggunakan 'driven' sebagai past participlenya atau bentuk verb ketiganya ya ketika kita akan membentuk kalimat present perfect tense.

Oke seperti itu kira-kira teman-teman mengenai kalau kita hendak membentuk kalimat dalam present perfect tense. Kemudian kalau kita berbicara mengenai tenses, tentunya kita berbicara mengenai waktu, kapan diucapkannya sih, seperti itu. Karena kata kerja di dalam bahasa Inggris mengalami perubahan ketika diucapkan sekarang, ketika kejadiannya sudah terjadi pada masa yang lampau atau kejadiannya baru akan terjadi.

Bentuk kata kerjanya akan berubah, nah kalau untuk present perfect tense ini, kita lihat pertama dari present-nya, berarti kalimat ini diucapkan untuk masa saat ini (present). Tapi kejadiannya sudah terjadi sebelum diucapkan. Jadi ketika kita mengucapkannya, kejadiannya sudah terjadi.

Penggunaan Kata Just, Already dan Yet

Sekarang kita akan dengar contoh percakapan di bawah ini, yuk didengarkan dulu teman-teman. Di dengar di 0:32 ya percakapannya.


Jadi ini percakapan antara dua orang yaitu Hemish dan Alice. Hemish baru saja tiba di London dan dia menelpon temannya Alice yang kebetulan lagi bekerja, kita baca yuk transkripnya di bawah ini,
Alice       : Oh, hold on, sorry. 
Hemish   : Hey Alice, it's James, yeah. I'm here, I've just arrived at King Cross Station. 
Alice       : King Cross? King Cross here in London? 
Hemish   : Yeah, London Town, here I am. My train got in an hour ago. I've already visited Buckingham Palace and Trafalgar Square. 
Alice       : What? Already? 
Hemish   : Yeah, but I haven't been on the London Eye yet, no. I wanna go there next. Can you meet me there in 10 minutes? 
Alice       : Sorry Hemish, we've just started the programme.
Kalau kita lihat dari percakapan di atas, kalimat "I've just arrived at King Cross Station", dan kalimat yang ini "I've already visited Buckingham Palace and Trafalgar Square". Kalimat yang menggunakan kata 'just' dan 'already' itu adalah kalimat yang positif, sementara kalimat yang menggunakan kata 'yet'  dalam kalimat "But I haven't been on the London Eye yet" disitu kita melihat bahwa kalimatnya adalah kalimat negatif.


Penggunaan Kata Just

Kalau kita perhatikan kata 'just' ini, kata ini digunakan dengan present perfect tense untuk kejadian yang baru saja terjadi. Misalnya pada contoh percakapan yang tadi kita sudah dengarkan, kita bisa berkata,
Hemish has just phoned Alice. (Hemish baru saja menelpon Alice) 
He's just arrived in London. (Dia baru saja tiba di London) 
And Alice has just told him to call back later. (Dan Alice baru saja berkata kepadanya agar menelponnya lagi nanti)
Untuk kalimat yang pertama memang yang terjadi adalah Hemish baru saja menelpon Alice. Kejadian Hemish menelpon Alice itu kan baru saja terjadi. Kemudian kita perhatikan kalimat yang kedua. Untuk kalimat yang kedua ini teman-teman perlu berhati-hati, yaitu pada bagian singkatannya. He's disitu bukan singkatan dari he is lho, tapi he's disitu merupakan singkatan dari he has. Nah singkatan antara he is dan he has itu kalau disingkat sama-sama he's, itu dia yang harus kita perhatikan. Tapi karena kita menggunakan present perfect tense, jadinya kita akan otomatis tahu bahwa singkatan dari he's dalam kalimat tersebut adalah he has dan bukannya he is. Jangan salah ya teman-teman.

Penggunaan Kata Already

Penggunaan kata already ini mengandung arti bahwa kejadiannya sudah terjadi pada saat diucapkan, tapi kita ngga tahu kapan dan ngga ada keterangan jelas waktunya. Tapi yang jelas kejadiannya sudah terjadi. Kita lihat percakapan di atas saat Hemish berkata, "I've already visited Buckingham Palace and Trafalgar Square".

Dan penempatan kata already-nya itu ditempatkan antara auxiliary dan past participle. Auxiliary ini kita kenal dengan nama lain yaitu helping verb, dalam hal ini yang termasuk auxiliary dari kalimat "I've already visited Buckingham Palace and Trafalgar Square" adalah 'have'.

Penggunaan Kata Yet

Kata yet digunakan untuk misalnya membuat pertanyaan dalam present perfect tense apakah sesuatu sudah dilakukan, atau yet bisa digunakan untuk membuat pernyataan bahwa sesuatu belum dilakukan. Kalau dalam bentuk pertanyaan berarti menanyakan apakah sesuatu sudah dilakukan atau belum, misalnya saya beri contoh kalimat di bawah ini,
Have you finished yet? (Kamu sudah selesai?) 
Have you finished your homework yet? (Apakah kamu sudah mengerjakan PR-mu?)
Dan biasanya kata 'yet' ini diletakkan di akhir dari sebuah kalimat. Kemudian yet untuk kalimat yang bukan pertanyaan biasanya menjelaskan bahwa sesuatu kejadian belum selesai dikerjakan, misalnya pada contoh kalimat berikut ini,
I haven't finished my homework yet. (Saya belum menyelesaikan PR saya). 
I haven't been on the London Eye yet. (Saya belum ke London Eye).
Kalau kita lihat kalimat yang kedua itu kita bisa dengar dari percakapan yang tadi kita dengarkan, dimana Hemish berkata bahwa dia sudah ke King Cross Station, Buckingham Palace dan Trafalgar Square tapi dia belum ke London Eye.

Jadi kita menggunakan yet untuk bentuk kalimat pertanyaan atau bentuk kalimat negatif. Sekarang saatnya quiz yuk? Untuk melihat pemahaman dari teman-teman, cuma tiga soal kok.

Quiz Mengenai Just, Already dan Yet

Teman-teman tinggal melengkapi saja titik-titik pada kalimat berikut ini,
  1. I haven't seen Spiderman II .....
  2. Hemish has only been in London for 1 hour and he's ...... been to Trafalgar Square. 
  3. Your phone has ..... rung.
Untuk jawabannya, saya tulis di bawah ini? Atau saya buat artikel baru saja ya? Saya buat artikel baru saja ya, agar teman-teman bisa mencoba menjawab dulu tanpa melihat jawabannya. Kalau begitu saya sudahi dulu ya sharing saya dalam artikel just, already, dan yet dalam present perfect tense ini. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Untuk jawaban dari quiz di atas, silakan KLIK DISINI.

Comments