Skip to main content

Arti Don't Fret

Yap, betul! Ini don't fret dan bukannya don't be afraid. Saya sendiri baru tahu kata-kata ini saat saya menonton video dari youtube channelnya Life Where I'm From. Saya screenshotkan adegan dimana terdapat frasa kata "don't fret" ini ya.


Kalau teman-teman mau nonton videonya, saya embedkan juga di bawah ini sebelum kita bahas ya. Ditonton di menit 1:18 dimana di menit itu diucapkan frasa kata "don't fret" tersebut.



Arti Dari Don't Fret Jadi ceritanya saya lagi belajar menuliskan subtitle bahasa Inggris dari video berbahasa Inggris, saya selalu cari video yang sudah ada subtitle bahasa Inggrisnya dan bukan yang English-Generated, kalau kalau yang English-Generated itu bukan dibuat oleh orang tapi berasal dari sistemnya youtube aja. Biasanya sih tingkat keakuratannya hanya 70% saja kalau yang English-Generated itu.

       Baca juga: Arti Lain Dari Shut Up

Ketika saya mengetikkan, tadinya saya mengetikkan "don't be afraid" tapi kem…

Simple Present Tense Dengan Verba Selain To Be

Pada sharing kali ini kita akan belajar masih mengenai simple present tense. Di tulisan sebelumnya Simple Present Tense Dalam Bahasa Inggris kita sudah membahas mengenai tenses ini. Silakan dibaca dahulu untuk teman-teman yang belum membacanya.

A. Pembentukan Simple Present Tense

Simple present dari verba to be dibentuk dari verba dasar. Sebagaimana terlihat pada contoh berikut, verba dasar terdiri atas infinitive tanpa kata to. Contoh:

Infinitive
Verba dasar
To be
Be
To walk
Walk
To work
Work

Untuk bentuk simple present dari verba selain to be, bentuk verba yang digunakna untuk subyek I, you, we, dan they sama seperti verba dasar. Bentuk verba yang digunakan untuk subyek he, she, dan it akhiran s ditambahkan pada verba dasar. Contoh, bentuk Simple Present dari verba to work dikonjugasikan sebagai berikut:
I work 
You work 
He works 
She works 
It works 
We work 
They work
Bentuk dari verba yang digunakan untuk subyek he, she, dan it biasanya mengacu pada orang ketiga tunggal.

Bentuk Simple Present dari Verba To Have

Bentuk simple present dari verba to have agar tidak teratur karena verba dasarnya adalah have, sedangkan bentuk verba yang digunakan untuk orang ketiga tunggal adalah has. Bentuk simple present dari verba to have dikonjugasikan sebagai berikut:
I have 
You have 
He has 
She has 
It has 
We have 
They have

B. Aturan Ejaan Menambahkan "s" untuk Kata Ganti Orang Ketiga Tunggal

Beberapa verba berubah ejaannya ketika s ditambahkan pada kata ganti orang ketiga tunggal.

Verba Berakhiran "y"

Huruf huruf a, i, u, e, dan o merupakan huruf-huruf vokal. Huruf lain selain huruf-huruf tersebut disebut huruf-huruf konsonan. Ketika sebuah verba berakhiran y didahului sebuah huruf konsonan, y berubah menjadi ie sebelum akhiran s ditambahkan. Untuk setiap contoh berikut, huruf-huruf konsonan yang mendahului y digarisbawahi

Verba dasar
Orang ketiga tunggal
Study
Studies
Fly
Flies
Carry
Carries

Akan tetapi, ketika sebuah verba berakhiran y didahului huruf vokal, maka y tidak berubah sebelum akhiran s ditambahkan. Untuk setiap contoh berikut, huruf-huruf vokal yang mendahului y digarisbawahi.


Verba dasar
Orang ketiga tunggal
Say
Says
Enjoy
Enjoys
Buy
Buys
 

Verba dengan Akhiran "o"

Ketika verba berakhiran o, maka es ditambahkan. Contoh:


Verba dasar
Orang ketiga tunggal
Do
Does
Echo
Echoes
Go
Goes
 

Verba Berakhiran "ch", "s", "sh", "x", atau "z".

Kalau suatu verba berakhiran ch, s, sh, x, atau z, maka huruf e ditambahkan sebelum akhiran s, Contoh:


Verba dasar
Orang ketiga tunggal
Pass
Passes
Push
Pushes
Watch
Watches
Fix
Fixes
Buzz
Buzzes


C. Pelafalan Akhiran "es"

Suku kata merupakan satuan pelafalan, biasanya bersuarakan huruf-huruf vokal yang bisa saja atau tidak sama sekali diikuti huruf-huruf konsonan. Ketika sebuah verba berakhiran dengan suku kata semisal ch, s, sh, x, atau z, maka akhiran es dari kata ganti orang ketiga tunggal dilafalkan sebagai suku kata yang terpisah. Hal tersebut karena suara-suara ini begitu serupa dengan es sehingga akhiran itu harus dilafalkan sebagai suku kata terpisah agar dapat jelas didengar.

Contoh-contoh verba dasar berikut terdiri atas satu suku kata, sedangkan bentuk verba yang digunakan dalam kata ganti orang ketiga tunggal terdiri atas dua suku kata:


Verba dasar
Orang ketiga tunggal
Pass
Passes
Push
Pushes
Catch
Catches
Mix
Mixes

Hal yang sama pun terjadi ketika s ditambahkan pada verba yang berakhiran ce, ge, se, atau ze, maka akhiran es biasanya dilafalkan sebagai suku kata terpisah. Contoh-contoh verba dasar berikut mencakup satu suku kata, sedangkan bentuk verba yang digunakan dalam kata ganti orang ketiga tunggal terdiri atas dua suku kata:


Verba dasar
Orang ketiga tunggal
Race
Races
Rage
Rages
Praise
Praises
Doze
Dozes

Akan tetapi, ketika s ditambahkan pada verba yang berakhiran e dan diawali huruf selain c, g, s, atau z, maka akhiran es tidak dilafalkan sebagai suku kata terpisah. Masing-masing contoh berikut, baik verba dasar maupun bentuk verba yang digunakan dalam kata ganti orang ketiga tunggal terdiri atas satu suku kata:


Verba dasar
Orang ketiga tunggal
Make
Makes
Smile
Smiles
Dine
Dines
Save
Saves


D. Kata Bantu "Do"

Dengan pengecualian verba to be, verba dalam bahasa Inggris dewasa ini menggunakan kata bantu do untuk membentuk pertanyaan dan pernyataan negatif bentuk simple present. Bentuk simple present dari verba to do dikonjugasikan sebagai berikut:
I do
You do
He does
She does
It does
We do
They do
Kata bantu adalah verba yang digabungkan dengan verba lain untuk membentuk beragam tenses. Mesti diperhatikan bahwa ketika suatu kata bantu digabungkan dengan verba, maka kata bantu yang berubah mengikuti subyek, sedangkan bentuk verba yang lain tetap serupa. Ketika kata bantu do digabungkan dengan verba lain, verba tersebut selalu berbentuk verba dasar.


Pertanyaan

Uuntuk membentuk pertanyaan bentuk simple present dari sembarang verba selain verba to be, maka bentuk simple present dari kata bantu do ditambahkan sebelum subyek, dan verba dasar dari verba tersebut diletakkan setelah subyek. Contoh:


Pernyataan Afirmatif
Pertanyaan
I work
Do I work?
You work
Do you work?
He works
Does he work?
She works
Does she work?
It works
Does it work?
We work
Do we work?
They work
Do they work?



Pernyataan Negatif

Untuk membuat pernyataan negatif, bentuk simple present dari kata bantu do diikuti kata not sebelum bentuk bare infinitive dari verba bersangkutan. Contoh:


Pernyataan Afirmatif
Pernyataan Negatif
I work
I do no work?
You work
Youd do not work?
He works
He does not work?
She works
She does not work?
It works
It does not work?
We work
We do not work?
They work
They do not work?

Dalam bahasa Inggris percakapan, singkatan berikut sering digunakan:


Tanpa Singkatan
Dengan Singkatan
Do not
Don’t
Does not
Doesn’t


Pertanyaan Negatif

Untuk membuat pertanyaan negatif, bentuk simple present dari kata bantu do diletakkan sebelum subyek, dan kata not diikuti verba dasar yang diletakkan setelah subyek, dan kata not diikuti verba dasar yang diletakkan setelah subyek. Akan tetapi, ketika singkatan digunakan, bentuk not yang dipersingkat segera mengikuti setelah bentuk simple present dari kata bantu do. Contoh:


Tanpa Singkatan
Dengan Singkatan
Do I not work?
Don’t I work?
Do you not work?
Don’t you work?
Does he not work?
Doesn’t he work?
Does she not work?
Doesn’t she work?
Does it not work?
Doesn’t it work?
Do we not work?
Don’t we work?
Do they not work?
Don’t they work?



Question Tag

Kata bantu do atau does digunakan untuk question tag yang mengikuti pernyataan yang tercantum dalam bentuk Simple Present dari verba selain verba to be. Contoh-contoh berikut, question tag negatif ada di sebelah kanan tabel. Singkatan biasanya digunakan dalam question tag negatif:


Pernyataan Afirmatif
Pernyataan Afirmati Dengan Question Tag
I work
I work, don’t I?
You work
You work, don’t you?
He works
He works, doesn’t he?
She works
She works, doesn’t she?
It works
It works, doesn’t it?
We work
We work, don’t we?
They work
They work, don’t they?
 

Verba To Have

Mesti diperhatikan bahwa, terutama dalam British English untuk bentuk simple present dan simple past dari verba to have, pertanyaan dan pernyataan negatif sesekali dibuat seperti verba to be, tanpa penggunaan kata bantu do. Contoh: He has a sister, hasn't he?

Materi ini diambil dari buku Complete Basic English Grammar For Beginner.  

Comments