Skip to main content

Arti Dumb-ass

Hello everyone. What's poppin? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari frasa kata [dumb-ass] dan seperti biasa kita akan menonton cuplikan adegan yang saya ambil entah itu dari film atau dari youtube video atau dari yang lain di mana diucapkan frasa kata [dumb-ass] oleh para native English speakers. Oh iya, saya juga punya youtube channel dan kalian bisa bantu dukung saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.       Baca juga:  Arti I'm Afraid So Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas arti dari dumb-ass ini. Arti Dumb-ass Dumb-ass itu artinya adalah seseorang yang bodoh, tolol, goblok. Kata ini merupakan kata informal, jadi sebaiknya tidak digunakan untuk situasi yang bersifat formal. Kalau diartikan secara kata per kata [dumb] itu artinya [bodoh] sementara [ass] itu artinya [pantat], dan di sini kata [ass] ini sebenarnya lebih mengacu kepada orang cuma dalam kata yang kasar. Nanti kita akan melihat bagaima

Cari Di sini

Abjad Bahasa Inggris dan Cara Membacanya

Halo teman-teman, kali ini kita akan belajar mengenai abjad bahasa Inggris dan cara membacanya. Abjadnya sebenarnya sama persis dengan abjad di bahasa Indonesia, jumlahnya juga sama persis yaitu 26. Yang berbeda hanya cara pelafalannya saja.

Abjad Bahasa Inggris

Kita lihat yuk pada gambar di bawah ini,

Abjad Bahasa Inggris dan Cara Membacanya

Kita lihat pada gambar di atas yang saya tulis dengan huruf besar itu kita nanti pada video di bawah ini saya akan menjelaskan bagaimana cara pelafalan atau cara mengucapkannya. Sementara tulisan yang berwarna jingga di bawah abjad tersebut adalah cara membacanya dalam bahasa Indonesia. Saya tidak menggunakan I.P.A atau International Phonetic Alphabet di sini untuk menuliskan di bagian bawah abjad tersebut bagaimana cara membacanya, karena menurut saya ini lebih mudah untuk dimengerti ketimbang kalau saya menggunakan huruf I.P.A. Malah bingung nanti teman-teman jadinya.

Pelafalan Versi British English

Pelafalan seperti yang kita ketahui itu ada versi British ada juga yang versi Amerika. Kenapa bisa begitu? Karena penggunaan bahasa Inggris di Inggris dengan bahasa Inggris di Amerika, mereka banyak melafalkan dengan cara yang berbeda, seperti misalnya orang Indonesia yang berada di Sumatera dengan orang Indonesia yang berada di pulau Jawa mereka berbeda cara pengucapannya. Yang di Jawa misalnya lebih medog, sementara di pulau Jawa sendiri aja kan juga antara suku Sunda dengan suku Jawa itu juga berbeda logatnya kan? Jadi kurang lebih seperti itu lah penjelasannya mengapa antara British English dengan American English berbeda cara pelafalannya, sebenarnya ngga cuma British sama Amerika saja yang beda, ada Australia juga, tapi kita kerucutkan ke dua pelafalan aja ya, karena dua ini yang bisa dibilang populer di dunia ini.

Yuk mari kita tonton videonya di bawah ini untuk lebih detailnya,


Seperti yang sudah saya jelaskan di video tersebut, teman-teman bisa mengunjungi Language Guide untuk mendengarkan sendiri di sana cara pelafalan seperti yang saya tunjukkan pada video di atas.

Pelafalan Versi American English

Untuk yang versi American English, teman-teman bisa tonton videonya Rachel English di bawah ini,


Kalau teman-teman mau langsung mendengar bagian yang Rachel mengucapkan dan melafalkan alfabetnya, langsung aja ke menit 07:30, dimana di menit itu Rachel langsung mengucapkan ke semua alfabet tersebut.

Dilatih dan kemudian diikuti saja kalau teman-teman memang ingin pelafalannya bisa sama dengan pelafalan orang bule. Kemudian saran saya sih direkam, sehingga teman-teman bisa mendengar sendiri dan bisa membandingkan langsung dengan versi aslinya, apakah sama atau tidak.

Kalau mau sama, dilatih berulang dan berulang dan berulang kali, perhatikan pergerakan bibirnya Rachel saat dia melafalkannya, karena kalau teman-teman bisa menyamakan gerakan bibirnya, dan alat pengucap lain ketika Rachel mengucapkannya maka teman-teman akan bisa sama persis pelafalannya.

Berbicara masalah cara melatih pronunciation, nanti saya akan juga membuat videonya, sebagai gambaran gimana kita bisa juga mengejar aksen yang mirip dengan mereka. Ini memang susah dan memang butuh konsistensi di dalam latihan mengucapkannya setiap harinya, dan menurut saya yang terpenting adalah mengejar jelas pengucapannya dulu saja, walau aksennya tidak sama yang penting apa yang kita ucapkan jelas dan bisa dimengerti dengan baik oleh orang yang mendengarnya.

Untuk aksen Amerika ini sebenarnya jauh lebih mudah kita mendapatkan materi untuk kita belajar, seperti dari film. Kebanyakan film yang beredar kan film dari Hollywood, yang mana itu adalah film-film Amerika. Dan kita juga bisa menggunakan google translate untuk mendengarkan pelafalan dari kata yang kita inginkan.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai abjad bahasa Inggris dan cara membacanya ini. Sampai ketemu lagi and I'll see you next time..

Comments