Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Account For

Hello everyone, kita kali ini akan membahas arti dari frasa kata account for. Kalau kita lihat di Google Translate, hasil terjemahannya adalah seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Terjemahan Account For

Nah tidak tepat terjemahan karena di atas itu adalah hasil dari terjemahan kata per kata, dan frasa kata account for ini termasuk ke dalam idiom, dimana idiom itu seringkali tidak bisa diterjemahkan sebagai kata per kata karena hasil terjemahannya akan menjadi aneh.

Saya kebetulan ada kamus The American Heritage of Idioms seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

American Heritage Dictionary of Idioms

Nah kita akan bahas yuk artinya menurut kamus ini.

Arti Idiom Account For

Kita sudah melihat kalau account for diartikan secara kata per kata dari hasil terjemahan Google Translate di atas. Nah sekarang kita akan melihat definisinya menurut kamus idiom di atas.

Arti Account For

Dari penjelasan menurut kamus idiom ini ada 2 definisi, dimana definisi yang pertama yaitu,
Be the determining factor in; cause.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka artinya adalah,

Menjadi penyebab atas sesuatu.
Di situ diberikan contoh kalimat sebagai berikut,
The heat wave accounts for all this food spoilage.
Yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya,
Gelombang panas menjadi penyebab atas terjadinya pembusukan makanan ini.
Kemudian ada lagi contoh kalimat yang lain yaitu,
Icy roads account for the increase in accidents.
Yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka artinya adalah,
Jalan yang licin menjadi penyebab atas terjadinya peningkatan kecelakaan.
Seperti itu dan kemudian definisi kedua dari idiom account for ini adalah,
Explain or justify.
Kalau saya terjemahkan artinya,
Menjelaskan atau memberikan pembenaran.
Di situ diberikan contoh kalimat sebagai berikut,
Jane was upset because her son couldn’t account for the three hours between his last class and his arrival at home.
Yang kalau saya terjemahkan maka terjemahannya adalah sebagai berikut.
Jane kesal karena anak laki-lakinya tidak bisa menjelaskan ke mana dia selama 3 jam antara kelas terakhirnya dan kedatangannya di rumah.
Jadi di sini si Jane kesal karena anaknya pulang telat, padahal kelas terakhirnya itu sudah 3 jam yang lalu, dan seharusnya mungkin hanya butuh 30 menit untuk sampai rumah, berarti waktu selebihnya itu anaknya kemana dan anaknya itu tidak mau menjelaskan kemana dia. Kurang lebih seperti itu situasinya.

Nah saya rasa cukup penjelasan saya mengenai arti account for ini. So, I'll you see you next time then. Bubye for now, I'm signing off.

Comments