Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Add Fuel to the Fire

Hi everyone, kita kali ini akan membahas arti dari sebuah idiom bahasa Inggris yaitu add fuel to the fire. Saya akan merujuk ke kamus idiom yaitu The American Heritage of Idioms yang gambar covernya seperti terlihat di bawah ini.

American Heritage Dictionary of Idioms

Kalau begitu langsung aja kita bahas yuk.

Arti Idiom Add Fuel to the Fire

Kalau kita melihat dari idiom tersebut kalau kita artikan satu per satu lalu kita mengambil kesimpulan, kita bisa tahu artinya untuk idiom yang satu ini. Tapi tidak semua idiom bisa kita buat seperti ini, kita artikan kata per kata baru kemudian kita simpulkan, karena ada banyak idiom yang tidak bisa kita begitukan.

Kita coba artikan secara kata per kata dulu ya. Add itu kalau diartikan artinya adalah "menambahkan" sementara "fuel" itu artinya adalah "bahan bakar" lalu "to the fire" artinya adalah "ke api". Jadi "add fuel to the fire" arti kata per katanya adalah "menambahkan bahan bakar ke api" atau bisa juga "menyiramkan bensin ke api".

Apa akibatnya kalau kita menyiramkan bensin ke api yang menyala? Tentunya apinya bakalan jadi tambah besar bukan? Nah sekarang kita lihat arti dari add fuel to the fire ini dari kamus idiom di atas pada gambar di bawah ini.
Arti Add Fuel to the Fire

Di situ tertulis penjelasan dari add fuel to the fire adalah,
Worsen an already bad situation, as by increasing anger, hostility, or passion.
Yang kalau saya artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Menambah buruk situasi yang sudah buruk, misalnya dengan meningkatkan kemarahan, permusuhan atau nafsu.
Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
Bill was upset, and your making fun of his mishap just added fuel to the fire.
Yang kalau saya artikan maka artinya adalah,
Bill itu udah marah, dan dengan loe ngebecandain kesalahannya dia, malah makin ngebuat dia semakin marah lagi.
Kurang lebih seperti itu terjemahannya. Jadi memang kita mesti melihat konteksnya terlebih dahulu dan situasinya seperti apa kalau kita ingin menerjemahkan dengan tepat.

Kalau begitu sekian dulu sharing dari saya mengenai arti add fuel to the fire. And I'll see you soon. Bubye.

Comments