Arti Help Each Other

Arti Browsing

Hi everyone, kita kali ini akan membahas mengenai arti browsing, setelah di artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai Arti Seaching. Nah karena ini sangat dekat sekali kaitannya, makanya saya pikir memang harus dibuat artikelnya juga untuk membahas mengenai arti browsing ini. Jadi nanti kalau ada teman yang ngomong "gue lagi browsing internet nih" maka teman-teman mengerti artinya.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Tapi saya akan mengangkatnya dari segi bahasa ya, karena memang blog ini kan berisi pembelajaran bahasa Inggris, tapi tetap teman-teman akan mendapatkan gambaran juga mengenai apa itu browsing secara garis besar.

Kita bahas yuk.

Kata Dasar Dari Browsing

Browsing itu kata dasarnya adalah browse. Nah ini yang teman-teman perlu tahu terlebih dahulu, baru nanti kita akan lebih melihat kenapa jadi browsing. Seperti kata dasarnya pelajaran itu kan "ajar" dia bisa mengalami perubahan bentuk menjadi "belajar" lalu kemudian menjadi "pelajaran" atau "terpelajar" dan yang lainnya dan yang lainnya.

Jadi di sini kita perlu tahu kata dasarnya dari "browsing" yaitu "browse"

Arti Kata Browsing

Kalau menurut kamus Merriam Webster, arti browse bisa kita lihat pada gambar di bawah ini,

Arti Browsing

Kita lihat definisi no. 2.
To look over casually.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Mencari dengan santai.
Maksudnya di sini mencarinya itu ngga benar-benar usaha dan serius, lebih nyari-nyari iseng kali ya.

Tadi kan kata dasar dari browsing itu "browse" ya lalu karena ada penambahan -ing maka kemudian berubah menjadi browsing. Penambahan -ing ini biasanya menjelaskan sesuatu yang sedang dilakukan.

Jadi kalau saya buat kalimat menjadi seperti di bawah ini,
I'm browsing the internet right now.
Maka artinya adalah,
Saya sedang menelusuri/melihat-lihat internet saat ini.
Dan biasanya kalimat yang sering kita dengar itu misalnya seperti ini,
Gue lagi browsing-browsing internet nih. Gue lagi nyari barang yang mau gue beli soalnya.
Nah kata browsing di sini maksudnya adalah dia lagi melihat-lihat internet. Kalau kasus di atas karena dia lagi ingin membeli sesuatu melalui online, tapi kalau hanya berbicara "gue lagi browsing-browsing internet nih", biasanya kegiatan melihat-lihat internetnya itu dilakukan dengan santai aja.

Dan biasanya browsing di internet itu menggunakan yang namanya browser atau kalau di bahasa Indonesia ini padanan katanya adalah "mesin perambah". Mesin perambah adalah software atau program yang digunakan untuk kita bisa mengakses internet, misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox atau Microsoft Edge misalnya.

Nah kurang lebih seperti itu arti browsing. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya ya. I'll see you next time. Bubye.

Comments