Arti Help Each Other

Arti Devil's Advocate

Hi everyone, howzit? Kita ketemu lagi di pembahasan kita mengenai idiom-idiom dalam bahasa Inggris dan kali ini kita akan membahas salah satu idiom dalam bahasa Inggris, yaitu kita akan membahas arti devil's advocate.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Mungkin teman-teman pernah tahu bahwa ada film yang berjudul Devil's Advocate ini yang dibintangi oleh Keanu Reeves. Saya pernah menonton filmnya dulu. Nah kalau begitu mari kita bahas yuk.

Arti Devil's Advocate

Kalau menurut kamus idiom The American Heritage of Idioms, di situ tertulis penjelasan dari arti devil's advocate adalah seperti terlihat pada gambar di bawah ini,

Arti Devil's Advocate

Di situ tertulis artinya adalah,
One who argues against a cause or position either for the sake of argument or to help determine its validity.
Yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia,
Seseorang yang menentang suatu hal atau kedudukan tertentu hanya untuk berdebat atau hanya untuk membantu menentukan validitasnya.
Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
My role in the campaign is to play devil's advocate to each new policy before it's introduced to the public.
Yang kalau saya artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Peran saya di dalam kampanye ini adalah untuk mendebatkan atau mempermasalahan sebuah kebijakan baru sebelum kebijakan tersebut diperkenalkan ke masyarakat luas.
Ada artikel yang bagus yang membahas mengenai hal ini yang ditulis oleh Grammar Girl di Artikel Ini.

Grammar Girl ini adalah websitenya Mignon Fogarty yaitu seseorang yang sangat mengkhususkan dirinya di masalah-masalah grammar di dalam bahasa Inggris. Kalau teman-teman suka dengan grammar, maka teman-teman wajib mengunjungi webnya dia dan like facebook pagenya karena dia selalu update dengan masalah-masalah grammar di dalam bahasa Inggris.

Kalau begitu saya sudahi dulu ya penjelasan dan sharing saya mengenai arti devil's advocate ini. Semoga bisa bermanfaat and I'm signing off now. Bubye.

Comments