Skip to main content

Arti Don't Fret

Yap, betul! Ini don't fret dan bukannya don't be afraid. Saya sendiri baru tahu kata-kata ini saat saya menonton video dari youtube channelnya Life Where I'm From. Saya screenshotkan adegan dimana terdapat frasa kata "don't fret" ini ya.


Kalau teman-teman mau nonton videonya, saya embedkan juga di bawah ini sebelum kita bahas ya. Ditonton di menit 1:18 dimana di menit itu diucapkan frasa kata "don't fret" tersebut.



Arti Dari Don't Fret Jadi ceritanya saya lagi belajar menuliskan subtitle bahasa Inggris dari video berbahasa Inggris, saya selalu cari video yang sudah ada subtitle bahasa Inggrisnya dan bukan yang English-Generated, kalau kalau yang English-Generated itu bukan dibuat oleh orang tapi berasal dari sistemnya youtube aja. Biasanya sih tingkat keakuratannya hanya 70% saja kalau yang English-Generated itu.

       Baca juga: Arti Lain Dari Shut Up

Ketika saya mengetikkan, tadinya saya mengetikkan "don't be afraid" tapi kem…

Arti How Lame

Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas mengenai arti how lame. Kebetulan ketika saya lagi membaca komik Jonesy, saya menemukan frasa kata ini diucapkan. Ini saya screenshotkan ya bagian dimana diucapkan kata tersebut,

Arti How Lame

Di komik ini banyak banget istilah slangnya. Bahasa-bahasa gaul dan bahasa anak mudanya banyak sekali digunakan di komik ini. Kalau teman-teman suka dengan komik bahasa Inggris yang bahasanya kekinian banget, coba baca komik ini deh.

Arti Lame

Jadi nanti teman-teman akan melihat bahwa inti katanya itu adalah lame. Nanti mungkin kalian akan menemukan diucapkan sebagai so lame, how lame, kind of lame, atau bentuk-bentuk lain yang melibatkan lame.

Nanti kita juga akan melihat cuplikan adegan dari film ya biar teman-teman bisa mengerti dan lebih bisa memahami arti kata lame ini.

Arti How Lame dan So Lame

Jadi itu ceritanya si Jonesy dikasih oleh seseorang bunga Carnation warna putih. Bunga carnation itu kalau diartikan ke bahasa Indonesia yaitu bunga Anyelir dan bunga Carnation warna putih ini merupakan bunga yang dipakai kalau mau memakamkan seseorang. Itulah mengapa di situ si Jonesy ini dibully sama teman-temannya.

Kata "lame" ini seringkali teman-teman akan menemukan digunakan menjadi,
That was so lame.
Atau
You're so lame!
Yang artinya kalau menurut salah satu forum English Exchange, saya copy pastekan di sini ya penjelasan dari situ,
"You are so lame" means that the person has said or done something inappropriate or awkward. We often say "That was so lame", referring to the action, rather than the person. Like, a man tries to ask a woman on a date and uses some cliche pick-up line. She brushes him off. His friends say, "That was the best pick-up line you could think of? That was so lame!" Or someone makes a poor excuse for failure. This might be labeled "lame".
Yang kalau saya terjemahkan artinya adalah,
"You are so lame" artinya adalah orang itu sudah mengucapkan atau melakukan sesuatu yang tidak pantas atau aneh. Kita sering mengucapkan kalimat, "That was so lame", dimana kalimat ini mengacu kepada tindakan dan bukan kepada seseorang. Contohnya misalnya seorang cowo yang ngajakin seorang cewe untuk ngedate sama dia lalu ngomong dengan kata-kata yang salah atau ngga banget. Lalu cewenya itu ngomong ke cowo itu, "Itu ajakan terbaik kamu ya? Ngga banget deh!" Atau seseorang yang membuat sebuah alasan untuk kegagalan dia. Hal seperti ini bisa dikatakan sebagai "lame".
Intinya sih kalau kita mau mengartikan sesuatu dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia kita perlu melihat konteksnya dulu, karena nanti terjemahannya bisa beda lho dan kalau lewat komik kita bisa lihat lewat gambar konteks dan situasinya seperti apa.

Kurang lebih arti dari how lame atau so lame atau yang ada kata "lame"-nya adalah,
Ngga banget deh, norak, ih males!
Ada lagi yang bisa kalian pikirkan selain 3 yang di atas? Nah sekarang kita lihat yuk ke gambar komik Jonesy di atas agar teman-teman bisa lebih bisa melihat konteksnya. Harusnya sih teman-teman baca komiknya jadi kemudian bisa melihat konteks dari sebelum kata tersebut diucapkan sehingga bisa lebih tepat lagi mengartikannya.

Yang cewe sebelah kiri ngomong gini,
Jonesy got a white carnation.
Yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Jonesy dikasih bunga anyelir putih lho.
Lalu cewe yang tengah ketawa-ketawa nyinyir gitu dan ngomong,
Ha ha. How... lame!
Yang kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia,
Ha ha. Ngga banget deh!
Lalu cewe yang paling kanan ngomong gini,
Probably from her grandpa. Gross!
Yang artinya,
Mungkin dari kakeknya dia. Ih!
Dari sini teman-teman bisa nangkap dong ya maksud dan arti dari kata how lame atau so lame ini? Nanti di tulisan yang berikutnya kita akan membahas mengenai arti gross. Di situ diucapkan juga kan kata tersebut. Nah pantengin tersebut blog ini dan semoga blog ini bisa membawa manfaat ya buat kita semua. Kalau begitu sampai ketemu lagi and I'll see you soon ya.


#Update 1 (19 September 2019)
Saya menemukan adegan di sebuah film dimana diucapkan kata lame. Ini dari film Modern Family. Yuk kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Untuk percakapan dan terjemahan Bahasa Indonesianya silakan disimak berikut ini.
Ibunya: Sweetie, we need to get you some shoes for the dance tonight. (Sayang, kita perlu beli sepatu nih buat acara dansa kamu nanti malam.) 
Alex: No, we don't. I'm not going. (Ngga kok, kita ngga perlu. Aku ngga mau datang.) 
Ibunya: What are you talking about? Why would you not be going to the dance? (Lho, kenapa? Kok kamu ngga mau datang ke acara dansa itu?) 
Alex: Because school dances are lame. A bunch of immature boys trying to impress you with how cool they are when they're really just a bunch of dorks. (Ya habis menurutku acara dansa sekolah itu ngga asik, tahu ngga? Ada banyak cowo abege disana yang berusaha untuk terlihat keren dan ngebuat kita kagum sama mereka padahal ya mereka itu semua sebenarnya cuma sekelompok orang-orang bodoh aja.)
Jadi kurang lebih seperti itu arti lame di sini. Saya terjemahkan sebagai "ngga asik" atau "ngga seru". Nanti kalau saya menemukan lagi adegan di film dimana diucapkan kata lame, saya akan update lagi artikelnya ya. Kalau begitu sekian dulu dan sampai ketemu lagi.

Comments