Arti Help Each Other

Ulang Tahun Yang Keberapa Dalam Bahasa Inggris

Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas bahasa Inggrisnya "Ulang tahun yang keberapa?". Kan kadang kita ingin nanya seperti itu ketika kita tahu teman kita sedang ulang tahun.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kebetulan saya menemukan percakapan langsung dari para native English speaker di salah satu konsernya Taylor Swift, jadi saya potong bagian percakapan itu dan kita bahas yuk di sini.

Bahasa Inggrisnya Ulang Tahun Yang Keberapa?

Nah ini ditonton saja videonya di bawah ini dimana Taylor Swift bertanya ke fansnya saat fansnya berkata bahwa hari ini dia sedang berulang tahun. Lalu Taylor Swift bertanya, "Ulang tahun yang keberapa?"

Kita tonton langsung saja yuk,


Di situ Taylor Swift berkata ketika menanyakan ulang tahun yang keberapa,
What birthday? 
Yang kemudian dijawab oleh si Laura,
19. 
Di bawah ini saya tuliskan percakapan fullnya ya,
Taylor Swift: Do you have a question that you want to ask? 
Laura: Yes, I do.  
Taylor Swift: Awesome. What's your name? 
Laura: Laura. 
Taylor Swift: Laura! What's your question? 
Laura: Well, first I want to say today is my birthday and this is the best birthday gift ever.Taylor Swift: Happy Birthday! 
Taylor Swift: This is a big deal! What birthday? 
Laura: 19. 
Taylor Swift: 19, that's an awesome year. 
Laura: Thank you. 
Taylor Swift: Definitely. 20 is weird. It is. You know it's weird. 19 is awesome. Congratulations. 
Laura: Thank you.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Taylor Swift: Kamu ada yang ingin ditanyain? 
Laura: Iya, ada.  
Taylor Swift: Bagus. Nama kamu siapa? 
Laura: Laura. 
Taylor Swift:Laura! Kamu mau nanya apa? 
Laura: Pertama, saya ingin ngasih tahu aja kalau hari ini tuh hari ulang tahun saya dan ini adalah hadiah ulang tahun terbaik yang pernah saya dapatkan. 
Taylor Swift: Selamat ulang tahun! 
Taylor Swift: Wah ini sesuatu yang spesial nih! Ulang tahun yang keberapa? 
Laura: 19. 
Taylor Swift: Wah, 19 itu bagus lho! 
Laura: Terima kasih. 
Taylor Swift: Beneran! Kalau 20 itu aneh. Benar lho! Ya ngga? 19 itu asik. Selamat ya. 
Laura: Terima kasih.
Nah jadi bahasa Inggrisnya ulang tahun yang keberapa itu,
What birthday?
What birthday ini jangan diartikan sebagai "ulang tahun apa?" ya karena kan jadi aneh tho jadinya? Ini salah satu bedanya gaya bahasa antara gaya bahasanya orang bule dengan gaya bahasanya Indonesianya. Makanya jangan keseringan juga nanya, "Eh bahasa Inggrisnya (....) apa sih? Itu yang saya tulis dengan (...) silakan diisi sendiri.

Biasanya kita kan gitu, "Eh bahasa Inggrisnya "jangan cepat marah dong!" apaan sih?" tapi mungkin teman-teman nanyanya gini, "Eh kalau orang bule misalnya situasinya kaya gini terus mereka ngomongnya apa sih??

Kalau kita di Indonesia kan ngomongnya gini nih, nah kalau mereka cara mengekspresikan hal yang seperti itu gimana sih? Mereka ngomong apa?" Cara seperti itu sepertinya lebih tepat teman-teman karena memang gaya bahasa Indonesia dengan gaya bahasa Inggris itu berbeda. Itulah mengapa grammar kita kan juga beda dengan grammarnya bahasa Inggris tho?

Nah kira-kira seperti itu apa yang dikatakan oleh Taylor Swift di situ. Kalau begitu sekian dulu ya mengenai ulang tahun yang keberapa dalam bahasa Inggris. Semoga bisa bermanfaat ya buat kita semua. I'll see you again soon then. Bubye.

Comments