Skip to main content

Arti What a Day

What a day itu artinya bisa mengandung arti yang baik bisa juga mengandung arti yang tidak baik, tergantung konteksnya . Jadi kita kudu, wajib, harus tahu konteksnya apa.                            Kali ini saya mau membahas arti dari what a day. Kebetulan saya melihat ada orang yang bertanya mengenai hal ini di sebuah forum. Kita akan bahas mengenai hal ini, sehingga nanti kita akan tahu arti dari what a day ini sebenarnya apa sih. Kita juga akan menonton cuplikan adegan dari film di mana kata-kata [what a day] ini diucapkan sehingga kalian bisa lebih mudah untuk mengerti dan memahami maksudnya. Kalau gitu langsung aja kita bahas yuk. Apa Sih Artinya What a Day? Berikut ini adalah screenshot yang ada di sebuah forum. Kita lihat pada tulisan yang berwarna hijau yang berada di dalam kotak itu adalah pertanyaannya. Saya terjemahkan dulu ya ke dalam bahasa Indonesia pertanyaan yang ditanyakan orang tersebut. Pertanyaannya kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih

Cari Di sini

Bedanya Have Been dan Have Gone

Halo everyone, kali ini kita akan membahas bedanya have been dan have gone kalau kita lihat secara artinya dan penggunaannya juga di dalam sebuah kalimat. Kalau begitu yuk kita bahas.

Bedanya Have Been dan Have Gone

Kebetulan ini ada orang dari Inggris, dia ini merupakan seorang guru bahasa Inggris, tinggal di London, UK dan banyak sekali sharing di Hello Talk. Jadi saya screenshotkan saja apa yang dia sharingkan di Hello Talk agar kita bisa belajar sama-sama juga.

Yuk kita lihat screenshot sharing dari dia pada gambar di bawah ini.

Bedanya Have Been dan Have Gone

   English lesson: have been/have gone

   [Subject] have/has [past participle of "go"]

   There are two past participle of "to go": been and gone, but which one to use?

   Been
   "I have been to Japan" means I went to Japan and come back.
   "She has been to the shop" means she went to the shop and came back.
   Important: this talks about life experience, not a completed action. The action version would use     "went".

   Gone
   "I have gone to Japan" means I went to Japan and am still there.
   "She has gone to the shop" means she went to the shop and is still there.

Saya terjemahkan dan saya tambahkan sedikit dari saya agar penjelasannya bisa lebih mudah teman-teman mengerti ya.

Pelajaran bahasa Inggris: have been dan have gone.

Kalau kita melihat ke rumusnya yaitu,
[Subject] + have/has + [bentuk past participle(V3) dari kata kerja "go"]
Ada dua bentuk past participle dari kata kerja "to go" yaitu "been" dan "gone", tapi yang mana yang akan kita gunakan?

Nah di sini kita akan mempelajari bahwa dua kata ini "have been" dan "have gone" ini mempunyai arti yang berbeda jika diucapkan di dalam sebuah kalimat, walau secara rumusnya mereka berdua sama. Di sini jadi kita harus melihat ke situasinya terlebih dahulu sehingga nantinya kita akan tahu kapan kita perlu menggunakan "have been" dan kapan kita perlu menggunakan "have gone". Karena dua itu artinya berbeda maka kalau kita salah menggunakannya orang pun akan mengartikannya lain.

Been

Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
I have been to Japan.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Saya pernah pergi ke Jepang.
Kalimat ini menurut penjelasan Tony artinya adalah pada suatu waktu di masa lampau saya pernah pergi ke Jepang dan sekarang saya sudah tidak berada di Jepang lagi.

Kemudian kita lihat ke contoh kalimat kedua yang diberikan oleh Tony yaitu,
She has been to the shop.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Dia pernah pergi ke toko itu.
Kalimat ini mengandung arti bahwa dia di suatu waktu di masa lampau pergi ke toko tersebut dan lalu sekarang tidak berada di toko tersebut. Jadi artinya bahwa dia pernah pergi ke toko itu.

Lalu di situ si Tony memberikan penjelasan lagi di bagian important yang kalau saya terjemahkan artinya yaitu penggunaan ini membicarakan mengenai pengalaman hidup dan bukan membicarakan mengenai kegiatan yang dilakukan. Kalau membicarakan mengenai kegiatan biasanya menggunakan kata "went" atau bentuk past tense.

Gone

Nah sekarang kita beralih ke yang satu ini yaitu gone. Di situ Tony memberikan contoh kalimatnya yaitu,
I have gone to Japan.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Saya sudah berangkat ke Jepang.
Maksudnya kalimat ini adalah saya sudah pergi ke Jepang dan sampai saat ini masih berada di Jepang. Kalau di bahasa Indonesia mungkin ketika ada orang bertanya seperti ini, "Eh, si Maya udah berangkat?" lalu dijawab dengan, "Iya, si Maya udah pergi ke Jepang." Maksudnya adalah si Maya itu sudah pergi dan masih ada di tempat yang dia pergi itu saat ini.

Kemudian kita lihat pada contoh kalimat yang kedua yaitu,
She has gone to the shop.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Dia sudah berangkat ke toko itu.
Pengertian dari kalimat ini adalah bahwa dia sudah pergi ke toko itu dan sampai detik ini masih ada di toko tersebut. Jadi dia belum pulang dari toko itu.

Nah perbedaannya seperti itu teman-teman, jadi jangan sampai kita salah menggunakannya karena kalau kita salah menggunakannya maka orang akan salah mengartikan maksud kita. Misalnya di kasus ada teman kita yang orang bule datang ke rumah nyariin teman kita yang namanya Budi terus dia nanya, "Eh, Budi di mana? (*Where is Budi?). Lalu kita menjawabnya gini, "Budi has been to the shop." Nah ini akan mengakibatkan si orang bulenya bingung dan akan bertanya lagi, "What do you mean?? (*maksudnya?)

Kenapa si orang bule itu jadi bingung? Karena kita menjawabnya dengan salah, seharusnya kita menjawabnya dengan kalimat, "Budi has gone to the shop" yang artinya "Budi sudah pergi tuh ke toko itu".

Nah jadi kurang lebih seperti itu teman-teman bedanya antara have been dan have gone. Semoga bisa bermanfaat ya buat kita semua. Kalau begitu sampai ketemu lagi di sharing saya yang berikutnya ya. I'll see you again very soon. Bubye now.

Comments