Skip to main content

Arti Very

Kata very digunakan,
Untuk menekankan kata benda tertentu.

Halo semuanya, kali ini saya mau membahas arti very, tapi very yang ingin saya bahas ini bukan very yang biasanya kita kenal. Arti very yang biasanya kita kenal kan artinya adalah,
Sangat, sekali. Contohnya misalnya,
Very cold. Yang kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Sangat dingin. Atau contoh yang lain,
It's very nice. Yang kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Ini bagus sekali. Nah bukan very yang artinya seperti itu ya, nanti kita akan melihat cuplikan adegan di film Sex and the City 2 yang saya ambil untuk kita lihat bersama-sama penggunaan kata "very" di cuplikan adegan tersebut. Contoh screenshotnya bisa kalian lihat di gambar di atas, dan nanti di bawah kita akan menonton cuplikan adegannya.

Arti Very Kalau arti very yang artinya sangat itu kalian sudah pada tahu kan? Nah sekarang saya ingin membahas ternyata very itu artinya bukan hanya "sangat" saja, t…

Arti Black Friday

Hello everyone, kali ini kita akan membahas mengenai arti dari salah satu idiom yang terdapat di dalam bahasa Inggris dan idiom yang akan kita bahas artinya tersebut adalah black friday. Di sini saya menggunakan kamus idiom The American Heritage Dictionary of Idioms.

Kalau begitu let's dive in!

Arti Idiom Black Friday

Langsung saja yuk kita lihat ke penjelasan yang diberikan oleh kamus idiom The American Heritage Dictionary of Idioms mengenai arti dari idiom ini pada gambar di bawah ini.

Arti Black Friday

Di situ bisa kita lihat ada 3 arti.

Arti yang pertama yaitu,
A day of economic catastrophe.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Hari dimana terjadi krisis ekonomi.
Di situ diberikan contoh kalimat yang menggunakan idiom ini yaitu,
We feared there'd another black Friday.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Kami kuatir akan terjadi lagi krisis ekonomi.

Lalu ada penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini yaitu,
This usage dates from September 24, 1869, a Friday when stock manipulators Jay Gould and James Fisk tried to corner the gold market and caused its collapse. The adjective black has been appended to similar occasions ever since, including October 29, 1929, the Tuesday of the market collapse that marked the start of the Great Depression, and Black Monday of October 19, 1987, when the stock market experienced its greatest fall since the Great Depression.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Penggunaan ini tercatat dari tanggal 24 September 1869, di hari Jumat saat dua manipulator saham yaitu Jay Gould dan James Fiks berusaha untuk membuat pasar emas kolaps. Setelah kejadian itu kata sifat "hitam" ditambahkan untuk kejadian yang memiliki dampak yang buruk, termasuk pada 29 Oktober 1929, di hari Selasa dimana terjadi kejatuhan pasar yang menjadi penanda awal mulai terjadinya kejadian masa Depresi Besar dan Black Monday pada tanggal 9 Oktober 1987, saat pasar saham mengalami kejatuhannya yang terbesar sejak masa Depresi Besar.

Arti yang kedua yaitu,
Any day marked by great confusion or activity, as in It was just my luck to be traveling on Black Tuesday. This usage, too, is based on the events of 1869, marked by economic chaos. It has since been extended to other kinds of confusion, such as an accident hampering traffic during the evening rush hour.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Suatu hari yang ditandai dengan terjadinya suatu aktivitas atau kejadian yang buruk seperti misalnya dalam contoh kalimat It was just my luck to be traveling on Black Tuesday yang artinya adalah ini hanyalah keberuntunganku saja bepergian di hari yang buruk. Penggunaan ini juga didasarkan kepada kejadian yang terjadi pada tahun 1869, yang ditandai oleh kacaunya perekonomian. Kemudian penggunaannya diperluas menjadi ke berbagai hal yang buruk seperti misalnya kecelakaan yang menghambat lalu lintas saat jam sibuk di malam hari.

Arti yang ketiga yaitu,
In the United States, the year’s most popular shopping event, the Friday after Thanksgiving, when retailers offer sales and big discounts on numerous items to lure shoppers to buy regular-priced items. In 2010 the day was advanced to the Friday after Halloween.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Di Amerika Serikat, ini merupakan saat dimana banyak orang berbelanja, hari Jumat setelah hari Thanksgiving, dimana toko-toko eceran menawarkan diskon yang besar untuk menggoda para pembeli agar membeli barang. Pada tahun 2010 hari tersebut digeser menjadi hari Jumat setelah Halloween.

Nah kurang lebih seperti itu arti dari idiom Black Friday ini. Semoga bisa bermanfaat ya buat kita semua and I'll see you again very soon. Bubye for now.

Comments