Arti Help Each Other

I Stopped Smoking Atau I Stopped to Smoke Yang Benar?

Halo semuanya, kali ini kita akan membahas mengenai yang benar itu yang mana? I stopped smoking kah? Atau I stopped to smoke? Ini kebetulan saya menemukan video dari Engvid yang bagus yang kemudian saya terjemahkan dan sekarang saya lagi coba untuk memberikan terjemahan saya ke mereka, semoga mereka cepat menerima terjemahan dari saya.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Ini screenshot dari saya upload subtitle yang sudah saya kerjakan ke mereka. Semoga mereka cepat mengapprovenya ya.

I Stopped Smoking Atau I Stopped to Smoke Yang Benar?

Untuk mengaktifkan CC bahasa Indonesianya teman-teman bisa mengklik pada gambar yang terlihat di bawah ini.

CC Bahasa Indonesia

Untuk videonya silakan bisa ditonton di bawah ini.


Tulisan di bawah ini merupakan terjemahan saya dari video di atas dan dicampur juga dengan tambahan penjelasan dari saya, jadi ngga 100% murni terjemahan ya. Karena ada hal yang menurut saya lebih enak kalau saya jelaskan langsung ketimbang 100% terjemahan. Kalau yang 100% terjemahan teman-teman langsung tonton videonya saja dan aktifkan saja subtitle bahasa Indonesianya di atas ya.

I Stopped Smoking Atau I Stopped to Smoke?

Ini dua-duanya secara grammar benar lho. Yang berbeda adalah artinya. Jadi kita harus berhati-hati menggunakannya karena nanti kalau salah menggunakannya orang yang mendengarnya akan jadi salah juga mengartikan maksud kita. Nah mari kita simak terjemahan saya untuk video di atas dan nanti saya akan sedikit campur dengan penjelasan dari saya ya.

Halo, nama saya Emma dan di pelajaran kita kali ini, kita akan membahas kesalahan yang biasanya dilakukan oleh para pelajar ESL (English as a Second Language). Kali ini kita akan membahas ke persoalan ini, yaitu kalau kita mempunyai kata kerja "stopped" kemudian kata kerja tersebut diikuti oleh infinitive atau gerund.

Sebelum saya menjelaskan semua ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Charles yang berasal dari Venezuela yang menyarankan agar saya membuat video mengenai hal ini melalui Facebook. Jadi terima kasih untuk Charles.

Jadi yuk mari kita mulai.

Apa Itu Infinitive?

Pertama saya ingin membahas terlebih dahulu apa itu infinitive. Di sini kita membicarakan saat kita di sini mempunyai dua buah kata kerja. Jadi di sini ada kata kerja pertama (V1), lalu kita juga mempunyai kata kerja yang kedua atau V2. Di sini kita juga mempunyai subjek yaitu I dan kemudian kita mempunyai "to".

Kalau kita memisalkan bahasa Inggris seperti rumus-rumus di dalam Matematika misalnya maka rumus dari bentuk infinitive adalah,
S + V1 + to + V2
Dan ini yang kita kenal dengan sebutan Infinitive. Jadi bentuk infinitive itu merupakan bentuk dasar dari sebuah kata. Kalau di atas berarti "talk" itu merupakan bentuk infinitivenya.

Yang di bawah ini ada yang kita kenal dengan sebutan "gerund". Jadi rumus dari gerund itu,
S + V1 + V2
Di kata kerja yang pertama (V1) itu tidak menggunakan "to" sementara di kata kerja yang kedua (V2) kita menambahkan -ing di situ. Di kata kerja keduanya itu harus bentuk -ing, bentuk ing di sini merupakan bentuk gerund.

Jadi dalam kasus gerund dan infinitive ini yang kita bahas adalah kita mempunyai 2 buah kata kerja, kadang kata kerja pertama tersebut langsung diikuti dengan kata kerja yang kedua bentuk -ing dan kadang bentuknya itu kata kerja yang pertama (V1) diikuti dengan "to" dan kata kerja yang kedua.

Sekarang kita akan fokus ke satu kata kerjanya saja di video ini yaitu kata kerja "stopped". Karena kalau kita menggunakan bentuk infinitive atau kalau kita menggunakan bentuk gerund maka artinya pun akan menjadi berubah.

Kalau begitu mari kita mulai. Di sini saya ada contoh kalimat yaitu,
I stopped to talk. 
Apa artinya? Di sini ada teman saya Bob dan saya akan berpindah ke sebelah sini. Saya sedang berjalan kaki. Itu hal pertama yang saya lakukan, saya berjalan kaki. Lalu kemudian saya berhenti. Jadi kegiatan pertama yang saya lakukan di sini yaitu saya berjalan kaki. Kegiatan yang kedua saya berhenti berjalan kaki dan kegiatan ketiga yang saya lakukan saya menyapa Bob. Dan kemudian saya berbicara dengan si Bob.

Jadi ketika kalian berhenti untuk melakukan sesuatu (stopped to.. ) itu artinya ada beberapa hal yang kalian lakukan. Kalian sedang melakukan sesuatu lalu kalian berhenti melakukan hal tersebut lalu kalian melakukan hal yang berikutnya.

Nanti saya akan memberikan beberapa contoh lagi mengenai hal ini.

I Stopped to Talk Vs I Stopped Talking

Saya ingin membandingkan kalimat I stopped to talk dengan kalimat I stopped talking. Kata "stopped"-nya tetap sama namun setelah kata tersebut ada "to" dan ada yang melibatkan bentuk -ing. Kalimat yang ini artinya apa? I stopped talking.

Arti dari kalimat I stopped talking itu adalah saya tadinya sedang berbicara lalu kemudian saya berhenti berbicara, saya tidak berbicara lagi. Jadi no talking (tidak berbicara).

Saya akan memberikan beberapa contoh lagi untuk membuat kalian lebih mudah untuk memahami perbedaan antara 2 kalimat yang seperti ini.

I Stopped to Smoke Vs I Stopped Smoking

Sekarang saya mempunyai kalimat "I stopped to smoke". Menurut kalian apakah kalimat ini merupakan salah satu contoh dari bentuk infinitive atau bentuk gerund? Kalau kalian perhatikan, di sini ada kata "to". Ini merupakan petunjuknya. Kita sedang melihat ke bentuk infinitive.

Jadi di sini ada subjeknya yaitu I, kemudian kata kerja pertama kita yaitu "stopped" lalu ada "to" dan kemudian ada kata kerja yang kedua yaitu "smoke". Jadi apa artinya dari kalimat I stopped to smoke ini?

Ini artinya ada tiga kegiatan di sini. Kegiatan yang pertamanya kita tidak terlalu mengetahuinya, mungkin dia sedang berjalan kaki, mungkin dia sedang bekerja. Di sini kita hanya akan menebak-nebak saja, kita katakan saja kegiatan pertama yang dilakukannya adalah berjalan kaki.

Kegiatan yang kedua adalah dia kemudian berhenti.

Kegiatan yang ketiga dia kemudian merokok. Jadi ada 3 kegiatan, pertama kalian sedang melakukan sesuatu lalu kalian berhenti melakukan hal tersebut dan alasan kalian berhenti melakukannya adalah untuk hal yang ketiga ini yaitu merokok. Jadi urutannya adalah saya berjalan, saya berhenti berjalan, lalu saya merokok. Itu arti dari kalimat "I stopped to smoke".

Jadi kalimat "I stopped to smoke" ini mempunyai arti yang berbeda dengan kalimat "I stopped smoking".

Kalimat yang kedua ini merupakan contoh dari bentuk gerund, di sini ada bentuk kata yang ada akhiran ing-nya. Di sini subjeknya adalah I kemudian kata kerja yang pertamanya (V1) adalah "stopped" lalu kata kerja yang kedua (V2) yaitu "smoking". Bentuk -ing adalah petunjuk dari bentuk gerund di sini.

Jadi kegiatan pertamanya apa? Kegiatan pertamanya adalah "smoking" atau "merokok". Jadi kegiatan pertamanya adalah yang kalian sedang lakukan. Lalu kegiatan kedua yang kalian lakukan adalah berhenti merokok, jadi kalian di sini berhenti merokoknya.

Kalau saya mengatakan, "I stopped smoking" itu artinya saya tidak melakukannya lagi atau saya tidak merokok lagi. Jadi dulunya saya merokok tapi sekarang sudah tidak lagi.

Di sini saya mempunyai 2 contoh kalimat lagi dan saya ingin kali ini kalian yang mencoba memikirkan artinya. Contoh kalimatnya adalah, "I stopped to ask for directions".

Kalau kalian mengalami masalah di sini, coba kalian pikirkan terlebih dahulu apa kegiatan pertamanya. Kemudian kegiatan yang kedua yang dilakukannya itu apa dan kegiatan yang ketiga yang dilakukannya itu apa.

I Stopped to Ask For Directions

Jadi kegiatan pertama yang dilakukannya adalah mungkin dia sedang mengemudi. Kita biasanya mengatakan kalimat seperti ini saat kita sedang mengemudi. Atau bisa saja kalian sedang berjalan kaki. Jadi itu merupakan kegiatan pertamanya dan kegiatan keduanya kalian berhenti dan kegiatan ketiganya adalah kalian bertanya arah.

Bagaimana dengan kalimat yang ketiga? I stopped asking for directions. Apa artinya kalimat ini? Di kasus ini kita ada 2 kegiatan yang kita lakukan. Kegiatan yang pertamanya yaitu kalian dulunya itu sering menanyakan arah. Jadi kalian itu mungkin sering bertanya ke orang-orang, "Toko yang ini adanya dimana ya?" atau "Perpustakaannya ada dimana ya?"

Tapi sekarang kalian sudah tidak menanyakan arah lagi. Kalian sudah berhenti bertanya arah kepada orang-orang.

Kita di sini bisa menggunakan kata "stopped" ini dengan beberapa contoh yang berbeda. Misalnya kalimat, "I stopped to eat" yang berarti saya berhenti melakukan apa yang sedang saya lakukan dan kemudian saya mulai makan atau kita juga bisa bilang, "I stopped eating". Kalau kalimat yang ini artinya dulunya saya makan tapi sekarang saya tidak. Saya tidak menyarankan siapa pun agar berhenti makan.

Saya berharap kalian berhenti untuk makan dan kalian tidak berhenti makan. Jadi ini merupakan sebuah contoh yang sederhana namun ini kalimat yang mudah sekali untuk salah di dalam menggunakannya dan juga sering membuat kita bingung.

Ada beberapa murid saya yang mengatakan kepada saya bahwa mereka menemui kalimat-kalimat yang modelnya seperti ini di tes yang mereka kerjakan. Jadi hati-hatilah mungkin saja guru bahasa Inggris kalian membuat jebakan betmen dengan kalimat-kalimat yang seperti ini. Mereka mungkin saja menggunakan kalimat-kalimat yang seperti ini untuk melihat apakah kalian mengerti bentuk gerund dan bentuk infinitive. Okay?

Saya mengundang kalian untuk mengunjungi website kami di www.engvid.com. Di situ kami mempunyai lebih banyak lagi contoh-contoh kalimat yang seperti ini di soal-soal tes kami. Jadi kalian bisa mengetes apakah kalian memang sudah benar-benar memahami perbedaan antara bentuk stopped dengan infinitive dan bentuk stopped dengan gerund. Kalau begitu sampai ketemu lagi ya.

Beda I Stopped Smoking Dengan I Stopped to Smoke

Sekarang saya tambahkan penjelasan dari saya ya. Jadi perbedaannya antara dua kalimat tersebut. Kalau kalimat yang pertama yaitu,
I stopped smoking.
Kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Saya berhenti merokok.
Jadi dia itu tadinya merupakan seorang perokok kemudian dia memutuskan untuk berhenti merokok. Atau bisa juga dia tadinya sedang merokok lalu kemudian dia berhenti merokok karena mungkin ada anak kecil di depannya jadi dianya ngga enak untuk meneruskan merokoknya dan dia memutuskan untuk menghentikan merokoknya.

Sementara kalimat yang kedua,
I stopped to smoke.
Kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Saya berhenti untuk merokok.
Jadi tadinya mungkin saja dia lagi jalan kaki nih, terus dia berhenti sebentar untuk merokok.

Sampai di sini penjelasan saya bisa dipahami dong ya?

Beda I Stopped To Talk Dengan I Stopped Talking

Nah kalau yang ini gimana kira-kira? Bisa mengerti bedanya? Kalau kalimat yang pertama,
I stopped to talk.
Kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Saya berhenti untuk berbicara.
Jadi di sini bisa jadi tadinya dia sedang berjalan kaki lalu kemudian dia berhenti untuk ngobrol. Bisa jadi dia lagi jalan kaki terus ketemu temannya di jalan, terus temannya itu nyapa dia, dan jadilah dia berhenti untuk ngobrol sama temannya itu.

Sementara pada kalimat yang kedua,
I stopped talking.
Kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Saya berhenti berbicara.
Jadi tadinya dia sedang berbicara lalu kemudian dia tiba-tiba berhenti berbicaranya. Mungkin karena dia dimarahi oleh seseorang karena berbicara terus atau bisa jadi dia berhenti berbicara karena teringat ada sesuatu yang harus dia kerjakan misalnya.


Beda I Stopped to Ask For Directions Dengan I Stopped Asking For Directions

Kalau yang ini sudah mengerti dong ya? Yang pertama,
I stopped to ask for directions.
Kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Saya berhenti untuk menanyakan arah.
Sementara kalau kalimat yang kedua yaitu,
I stopped asking for directions.
Kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Saya berhenti menanyakan arah.
Bisa jadi dia berhenti menanyakan arah karena kali ini dia sudah tahu sehingga sudah ngga perlu lagi nanya-nanya ke orang lain.

Jadi yang perlu teman-teman perhatikan adalah kedua bentuk kalimat tersebut secara grammar benar dan tidak salah namun secara artinya atau kalau di dalam bahasa kerennya kalau kita melihat dari segi Semantik atau segi artinya dua kalimat tersebut berbeda.

Jadi jangan salah ya menggunakannya? Karena kalau kalian salah menggunakannya artinya jadi lain lho. Nah kalau teman-teman mau ngetes apakah kalian memang sudah memahami hal ini, kalian bisa KLIK DI SINI untuk masuk ke websitenya Engvid dan di situ ada quiz yang bisa kalian kerjakan.

Kalian bisa benar semua ngga mengerjakannya? Kalau kalian bisa benar semua mengerjakan soal-soal yang ada di websitenya, itu tandanya kalian memang sudah memahaminya hal ini.

Kalau begitu sekian dulu ya sharing dari saya ini mengenai I stopped smoking atau I stopped to smoke yang benar? Semoga bisa bermanfaat ya buat kita semua. Mampir di Facebook saya ya dan jangan lupa LIKE dan share tulisan ini ya buat teman-teman kalian.

Comments