Skip to main content

Arti Get Down

Get down artinya,
Turun.

Halo semuanya, kali ini kita akan membahas arti dari get down, dan seperti biasa kita akan menonton cuplikan adegan dari sebuah film sehingga kita akan lebih mudah untuk mengerti dan memahaminya.

Kalau begitu mari kita bahas.

Arti Get Down Sebenarnya arti dari get down ini bermacam-macam tergantung dari konteksnya, dan nanti cuplikan adegan yang akan kita tonton di bagian bawah dari artikel ini merupakan arti dari salah satu yang ada. Nanti kalau saya menemukan lagi get down dengan arti yang lain diucapkan di adegan film yang lain, Insya Allah akan saya update lagi ya artikel ini agar kalian bisa melihat berbagai arti dari get down yang berbeda-beda tergantung dari konteks dan situasinya.

     Baca juga: Arti Deuces

Mari kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus Merriam Webster pada screenshot di bawah ini.


Karena di sini ngga diberikan contoh kalimatnya, kalau saya terjemahkan juga nanti kita malah bingung, dan yang cuma ada contoh kalimatnya di nomor 2 y…

Catatan Mengenai Progressive Tense

Catatan Iman - Ini adalah catatan pribadi saya di dalam mempelajari tenses progressive. Jadi saya perlu untuk mengulang dan mengulang dan memahaminya lebih dalam sehingga saya putuskan untuk menulisnya di blog saya, siapa tahu ada juga yang sedang mempelajarinya sehingga bisa bermanfaat juga.

Saya buat label sendiri dimana ini merupakan catatan saya di dalam mempelajari bahasa Inggris karena semua orang kan ada saatnya untuk terus belajar dan terus belajar kan?

Mengenai Progressive Tense

Progressive itu artinya suatu kegiatan yang sedang berlangsung. Entah apakah kegiatan tersebut berlangsungnya di saat sekarang ini (present) atau di saat yang lampau (past) atau di saat yang akan datang (future).

Yang jelas kegiatannya di satu titik waktu tertentu sedang berlangsung. Progressive tense itu juga dikenal dengan nama lain yaitu continuous tense.

Progressive Tense Di Saat Sekarang

Kalau di saat yang sekarang (present) menunjukkan kegiatannya sedang berlangsung di saat sekarang. Contoh kalimatnya misalnya,
I'm studying English right now. (Saya sedang belajar saat ini.)
Kita lihat ada penanda waktu sekarang di situ yaitu "right now" tapi kalau pun penanda waktunya dihilangkan dan kalimatnya menjadi seperti berikut ini,
I'm studying English.
Kita akan tetap tahu bahwa kegiatan belajarnya itu sedang terjadi di saat yang sekarang ini karena kita bisa lihat bentuk verb to be-nya yang ada di situ yaitu "am". Itu merupakan bentuk verb to be di saat yang sekarang atau bentuk verb to be-nya present tense.

Sehingga walau pun kata "right now"-nya dihilangkan kita akan tetap tahu bahwa kalimat ini berada di waktu sekarang (present).

Rumus Bentuk Tense Untuk Saat Sekarang

Rumus untuk progressive tense untuk saat sekarang atau disebut juga dengan Present Progressive Tense atau Present Continuous Tense adalah
Verb to be (am, is, are) + kata kerja bentuk -ing.
Contoh kalimatnya,
She is bicycling to school. (Dia sedang bersepeda menuju sekolahnya.)
Bisa dilihat dari contoh kalimat di atas, verb to be yang digunakan adalah "is" dan ini menunjukkan bahwa ini ada di present time (waktu sekarang.) walau tanpa ada kata-kata "now" atau "right now" kita akan langsung mengetahui bahwa kejadian atau kegiatan dia bersepeda dilakukan pada saat sekarang ini.

Contoh kalimat yang kedua misalnya,
Can you guys please not making so much noise. I'm trying to finish my homework here. (Kalian semua bisa tolong ngga berisik ngga? Saya lagi mengerjakan PR saya.)
Kita bisa lihat di kalimat keduanya, verb to be yang digunakan adalah "am" yang mana itu menunjukkan bahwa ini berada di present time. Tinggal kemudian kita tambahkan -ing di kata kerja utamanya yaitu "try" dan menjadi "trying".

Kalau untuk progressive tense di waktu yang sekarang ini gampang ah! Saya sudah ngerti dan paham penggunaannya, dan sekarang kita masuk ke progressive tense yang ada di waktu yang lampau (past).

Progressive Tense Di Masa Lampau

Ini merupakan sebuah kegiatan yang sedang berlangsung di suatu waktu yang lampau. Lha? Mungkin kita mikir gimana bisa kejadian tersebut sedang berlangsung di waktu yang lampau? Kalau udah lampau mah udah terjadi dan ngga mungkin sedang terjadi. Iya ngga? Salah! Hihihi..

Jadi kita coba lihat dari konteks dan situasinya terlebih dahulu. Jadi keadaannya seperti ini.
Kemarin Rino dan Lia bermain tenis. Mereka mulai bermain tenis pukul 10.30 dan mereka selesai bermain tenis pukul 11.30.
Kalau kita melihat dari situasi yang seperti di atas itu, berarti kemarin jam 11 mereka sedang bermain tenis kan? Nah jadi kalau ditulis ke dalam bahasa Inggris akan menggunakan tenses Past Progressive Tense atau Past Continuous Tense yang kalimatnya adalah sebagai berikut,
They were playing tennis at 11, yesterday. (Jam 11 kemarin, mereka sedang bermain tenis.)
Jadi kegiatan yang sedang berlangsung di suatu titik di masa lampau. Ada penanda waktu atau penandanya bahwa itu terjadi di suatu titik di masa lampau.

Atau bisa juga ngga ada penanda waktu seperti kalimat di atas, ada penanda waktunya yaitu "yesterday" dan ada juga jamnya pula.

Kalau misalnya contoh kalimat yang berikut ini,
I was studying Japanese when she came to my house. (Saya sedang belajar Bahasa Jepang saat dia datang ke rumah saya.)
Ini ngga penanda waktunya tapi kita bisa lihat bentuk verb to be-nya, bentuknya adalah "was" dan itu menandakan bahwa ini di masa lampau. Ada penanda titik waktunya juga di situ yaitu pada saat dia datang ke rumah saya, dan lihat di bentuk kata kerjanya yaitu "came" di mana ini bentuk lampau dari kata kerja "come".

Jadi dengan melihat hal tersebut kita bisa melihat bahwa sesuatu yang sedang terjadi atau sedang berlangsung di suatu titik di masa lampau.

Contoh kalimat yang lain misalnya,
When Lia arrived, we were having dinner. (Ketika Lia datang, kita lagi makan malam.)
Dan di kalimat ini juga bisa kita lihat ada penanda waktu lampaunya yaitu saat Lia datang, dan kata kerja datangnya dalam bentuk past yaitu "arrived".

Tapi mengenai past continuous tense ini ada yang salah yang saya lihat di buku cerita Harry Potter. Kita lihat pada gambar di bawah ini.

Catatan Mengenai Progressive Tense

Kita bisa lihat pada kotak merah di atas. Harusnya kan gini ya, dia kan sedang mengemudi saat dia komplain ke istrinya Petunia. Jadi kegiatan mengemudinya saat itu sedang berlangsung saat dia mengeluh dan komplain ke istrinya.

Jadi kalimat yang tepat untuk kalimat yang ada di kotak merah di atas adalah,
While he was driving, Uncle Vernon complained to Aunt Petunia. (Saat dia sedang mengemudi, Paman Vernon mengeluh kepada Bibi Petunia.)
Nah kenapa di atas menjadi salah? Padahal ini kan komik Harry Potter yang ditulis oleh orang sono asli, ditulis sama JK Rolling, orang British, kok bisa salah grammarnya? Untuk yang satu ini saya juga ngga tahu jawabannya kenapa.

Nanti perlu juga dituliskan beberapa contoh dari kalimat-kalimat yang ada di internet, entah itu dari artikel atau dari berita-berita atau dari novel-novel juga bisa. Jadi bisa melihat juga penerapan dari Past Progressive Tense yang sesungguhnya di dunia nyata itu seperti apa.

Sekarang saya mau belajar progressive tense di waktu yang akan datang (future). Ganbarimasu yo!

Progressive Tense Di Masa Yang Akan Datang

Jadi kalau kita melihat dari yang sudah-sudah berarti ini merupakan kejadian yang akan berlangsung di masa yang akan datang. Misalnya kaya saya ngomong seperti ini,
Besok jam 10 pagi, saya bakalan ada meeting di kantor.
Yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris jadinya,
Tomorrow at 10 AM, I will be having a meeting in the office.
Jadi di masa yang akan datang akan terjadi suatu kegiatan yang sedang berlangsung.

Untuk contoh kalimat yang lainnya lagi misalnya,
Besok jam segini saya lagi terbang ke Tokyo.
Misalnya saya cerita ke teman saya, eh besok jam segini ini gue lagi terbang lho ke Tokyo atau ke Surabaya, atau ke Medan atau ke mana pun. Jadi kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris akan menjadi,
I will be flying to Tokyo at this time tomorrow.
Atau misalnya kita mau janjian, tapi janjiannya ngga ketemu. Misalnya teman kita ngajakin kita janjian jam 11 siang besok untuk pergi bareng. Tapi jam segitu besok tuh kita ternyata ngga bisa. Kita akan ngomong seperti ini.
Besok jam 11 siang mah gue lagi belajar di kelas.
Misalnya kalau kita memang lagi belajar dan ini kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi,
Tomorrow at 11 AM, I will be studying in my class.
Jadi rumusnya itu tinggal kita tambahin will be + kata kerja ing aja.

Barusan saya melihat di blognya British Council DI SINI, ada contoh kalimat yang seperti ini,
Don’t phone grandma now, she’ll be having dinner.
Mendadak saya berpikir, kenapa dia pake future continuous?? Bukannya harusnya begini kalimatnya?
Don't phone grandma now, she's having dinner.
Ternyata setelah saya pikir-pikir lagi keduanya itu benar tapi keduanya mempunyai arti yang berbeda. Kalau di kalimat yang pertama itu artinya adalah,
Jangan telpon nenek sekarang, dia mau makan malam.
Jadi untuk di waktunya juga, mungkin semenit dua menit lagi si nenek akan makan malam. Kegiatan makan malamnya akan berlangsung dalam satu menit atau dua menit lagi jadi kalau kita meneleponnya sekarang maka akan mengganggu kegiatan makan malamnya si nenek ke depan. Bisa-bisa nanti malah dia ngga akan makan malam.

Sementara kalau yang kedua itu, si neneknya lagi makan malam. Kegiatannya sudah berlangsung dan si nenek lagi di tengah-tengah makan, mungkin makan malamnya sudah berlangsung selama 10 menit saat kita mau meneleponnya, jadi benar-benar lagi makan malam. Jadi terjemahannya lebih ke seperti ini,
Jangan telpon nenek sekarang, dia lagi makan malam.
Yang satu lagi akan berlangsung dalam beberapa menit ke depan, sementara yang satunya lagi sedang berlangsung. Yang saya lihat ada kata "now" soalnya di kalimat yang pertama itu, makanya itu membuat saya bingung kenapa pake future continuous tense kalau ada penanda waktu "now"-nya? Ternyata bisa jadi artinya menjadi berbeda seperti yang saya jelaskan di atas itu.

Rumus Future Progressive Tense

Rumus dari Future Progressive Tense atau Future Continuous Tense adalah,
will be + kata kerja dalam bentuk -ing
Nah udah seperti itu dulu aja, sekarang saya mau coba lihat ah contoh-contoh kalimat yang ada, entah itu di novel atau di film agar saya bisa lebih memahami mengenai progressive tense ini.

Kalau begitu sekian dulu catatan saya mengenai progressive tense, nanti kalau ada tambahan lagi pasti akan saya tambahin lagi karena ini lebih ke catatan untuk diri saya sendiri dan untuk saya belajar sendiri juga sih.

Comments