Arti Help Each Other

Arti Dawg

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari kata [dawg]. Seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan di mana kata [dawg] ini diucapkan.

Arti Dawg

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu yuk mari kita mulai bahas mengenai arti dari [dawg] ini.

Arti Dawg

Kebetulan saya menemukan penjelasan mengenai apa sih sebenarnya arti kata dawg ini di channel youtubenya Learn English With TV Series, di situ Ethan yang merupakan orang Amerika asli menjelaskan mengenai hal ini.

Silakan ditonton potongan videonya di bawah ini.


Yang dia ucapkan di video penjelasan di atas adalah sebagai berikut:
Another fairly common one is dawg, and you'll hear this like, "What's up, dawg." But, if you're actually using this for texting it is spelled different than the animal. It's spelled DAWG, and I think there's even a little bit more emphasis on that "ah" sound in the middle. So, it's dAWg.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, terjemahannya kurang lebih seperti ini:
Kata yang lain lagi yang sering digunakan adalah dawg, dan kalian akan mendengar ini seperti misalnya di sapaan kaya gini, "What's up, dawg? (Apa kabar, bro?). Tapi kalau kalian menggunakannya saat kalian chat, tulisannya beda dengan tulisan dog (anjing). Ditulisnya adalah DAWG, dan menurut saya juga ada penekanan yang lebih di suku kata "ah"-nya di bagian tengahnya. Jadi, dibacanya itu dAWg.
Karena si Ethan itu lagi membahas mengenai panggilan untuk teman selain friend, maka dawg itu artinya adalah,
Sob, mas bro, bro.
Kurang lebih itu adalah panggilan ke teman, tapi yang jelas ini adalah istilah slang ya. Jadi, kalau di situasi formal, sebaiknya jangan digunakan.

Di situ diberikan contoh juga dari adegan film, dua contoh di mana digunakan kata dawg, dan kebetulan saya juga menemukan contoh yang lain dari adegan film yang lain.

Contoh Dawg Di Adegan Film

Mari kita tonton cuplikan adegan berikut ini. Ini dari film 21 Jump Street (2012).


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Eric: Hey, yo! Hey. Is that your car? (Hei, yo! Hei. Itu mobil loe?)

Jenko: Yeah. (Iya.)

Eric: What's that thing get, 10 miles to the gallon? (Bensinnya 1 galon untuk 10 mil?)

Jenko: No, try, like, seven. What about you? (Ngga, mungkin 7an lah. Kalau loe?)

Temannya Eric: Biodiesel, dawg. (Biodiesel, mas bro.)

Schmidt: Smells like egg rolls. (Kaya telur gulung dong.)

Eric: Yeah, it does. (Emang.)

Nah, saya rasa sekian dulu ya. Nanti kalau saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan kata dawg ini lagi, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. Bye now.

Comments