Arti Help Each Other

Arti Clean Out

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kita kali ini akan membahas arti dari phrasal verb [clean out], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan frasa kata clean out ini.

Arti Clean Out

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu mari kita bahas yuk arti dari clean out ini.


Arti Clean Out

Clean out merupakan kegiatan dari membersihkan sesuatu agar terlebih rapih dan baik. Bisa juga membersihkan orang-orang yang tidak dibutuhkan atau yang menimbulkan masalah di dalam sebuah organisasi.

Kita perlu juga melihat konteksnya di dalam menerjemahkan phrasal verb [clean out] ini sehingga kita bisa menemukan padanan kata yang pasnya dari frasa kata clean out ini.  


Contoh Penggunaan Frasa Kata Clean Out

Di bagian ini, nanti saya akan mengumpulkan cuplikan-cuplikan adegan dari film, screenshot dari komik atau buku di mana diucapkan frasa kata clean out, sehingga kalian bisa melihat sendiri di situasi seperti apa para native English speaker menggunakan frasa kata ini sehingga nantinya ketika kalian ingin menggunakan frasa kata ini di dalam sebuah kalimat, kalian tidak akan salah di dalam menggunakannya.

Cuplikan adegan yang pertama, saya ambil dari film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Kata-kata yang diucapkan di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Kepala Sekolah: We are turning this into a new computer center. But before we do, it has to be cleaned out. All these old magazines are bound for the recycling plant. But they have to be properly prepped before they go. It seems all the staples must be removed. (Kita akan membuat tempat ini menjadi pusat komputer yang baru. Tapi sebelum kita bisa melakukannya, tempat ini harus dibersihkan terlebih dahulu. Semua majalah-majalah lama ini akan kita kirim ke tempat untuk mendaur-ulang. Tapi sebelum kita kirimkan ke sana, semua majalah ini harus dirapihkan terlebih dahulu. Semua cekrekan yang ada di majalah ini harus dibuang.)

Situasi di cuplikan adegan tersebut, mereka ini adalah anak-anak SMA yang mendapatkan hukuman dan di sini sang Kepala Sekolah meminta mereka membereskan majalah-majalah yang ada di ruangan tersebut sebagai hukuman atas kesalahan mereka.

Bentuk clean out yang ada di cuplikan adegan di atas adalah bentuk passive voice sehingga bentuknya menjadi [has to be cleaned out], yang artinya di sini adalah [harus dibersihkan].

Sang Kepala Sekolah mengatakan bahwa ruangan tersebut harus dibersihkan karena ruangan tersebut mau digunakan sebagai ruangan komputer, dan kalian bisa melihat di sini bahwa arti [clean out] adalah membersihkan barang-barang yang tidak dibutuhkan di ruangan tersebut.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari clean out ini, dan kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain dari film atau yang lain, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. Kalau begitu sampai ketemu lagi, and I'll talk to you soon. Bye now.


Referensi:

1. "CLEAN-OUT | meaning in the Cambridge English Dictionary". dictionary.cambridge.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-30.
2. "CLEAN OUT (phrasal verb) definition and synonyms | Macmillan Dictionary". www.macmillandictionary.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-30.

Comments