Arti Help Each Other

Arti What Just Happened

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari [what just happened], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kalimat tanya [what just happened] ini.

Arti What Just Happened

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Langsung saja yuk kita bahas.


Arti What Just Happened 

Kita artikan satu per satu dulu ya sebelum kita terjemahkan semuanya. [What] artinya adalah [apa], [just] di konteks ini diartikan sebagai [baru saja] sementara [happened] adalah bentuk lampau dari [happen] yang artinya [terjadi].

Jadi, [what just happened] artinya adalah,

Apa yang baru saja terjadi?

Kalimat tanya [what just happened] biasanya ditanyakan saat seseorang penasaran dengan apa yang baru saja terjadi. Misalnya kita mendengar suara bunyi mobil tabrakan tapi kita ngga melihatnya, lalu kita penasaran itu suara apaan, kita bisa bertanya dengan kata-kata [what just happened] ini.


Contoh Penggunaan What Just Happened

Di bagian ini, saya akan mengumpulkan contoh-contoh nyata, misalnya dari adegan film, komik, buku atau yang lainnya di mana diucapkan kata-kata [what just happened] agar kalian bisa melihat sendiri di situasi seperti apa diucapkan kata-kata ini sehingga nanti ketika kalian ingin menggunakannya, kalian bisa menggunakannya dengan tepat.

Cuplikan adegan yang pertama, saya ambil dari film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Fridge: What just happened to you? (Apa yang baru aja terjadi sama loe?)

Bethany: I got eaten by a rhino, and then I fell, like, a thousand feet from the sky. (Gue barusan dimakan badak, terus gue jatuh, kira-kira dari ketinggian seribu kaki dari langit.)

Spencer: Yeah, that's what it looked like. (Iya, kelihatannya sih kaya gitu.)

Jadi, ceritanya itu di film ini bagian adegan yang ini, mereka main game, dan kemudian mereka kesedot masuk ke dalam game tersebut dan menjadi karakter yang mereka pilih di game tersebut.

Lalu si Bethany di game itu ceritanya dimakan sama badak, dan tiba-tiba aja dia hidup lagi, tapi jatuh dari langit ke bawah. Dan setelah dia jatuh ke bawah, si Fridge ingin tahu apa yang terjadi sama si Bethany, makanya dia nanya dan mengeluarkan kalimat tanya [what just happened] ini.

Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti [what just happened] ini dan kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan kata-kata ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. 

Sampai ketemu lagi, and I'll talk to you soon. Bye now.

Comments