Skip to main content

Arti Get Down

Get down artinya,
Turun.

Halo semuanya, kali ini kita akan membahas arti dari get down, dan seperti biasa kita akan menonton cuplikan adegan dari sebuah film sehingga kita akan lebih mudah untuk mengerti dan memahaminya.

Kalau begitu mari kita bahas.

Arti Get Down Sebenarnya arti dari get down ini bermacam-macam tergantung dari konteksnya, dan nanti cuplikan adegan yang akan kita tonton di bagian bawah dari artikel ini merupakan arti dari salah satu yang ada. Nanti kalau saya menemukan lagi get down dengan arti yang lain diucapkan di adegan film yang lain, Insya Allah akan saya update lagi ya artikel ini agar kalian bisa melihat berbagai arti dari get down yang berbeda-beda tergantung dari konteks dan situasinya.

     Baca juga: Arti Deuces

Mari kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus Merriam Webster pada screenshot di bawah ini.


Karena di sini ngga diberikan contoh kalimatnya, kalau saya terjemahkan juga nanti kita malah bingung, dan yang cuma ada contoh kalimatnya di nomor 2 y…

Cara Melatih Aksen Amerika Dengan Memanfaatkan Gadget dan Internet

Halo teman-teman English learners, kali ini saya akan sharing mengenai gimana sih caranya agar kita bisa melatih aksen bahasa Inggris kita dengan baik. Apa saja sih yang harus kita lakukan agar pronunciation bahasa Inggris kita bisa bagus dan bisa kaya orang Amerika?

Cara Melatih Aksen Amerika Dengan Memanfaatkan Gadget dan Internet

Saya sharing cara saya ya, semoga cara saya ini bisa berguna juga buat teman-teman yang lainnya juga.

Yang Terpenting Adalah Mempunyai Pelafalan Yang Jelas

Hal ini saya dapatkan dari videonya Heather di youtube. Heather ini adalah orang Amerika dan dia menjelaskan bahwa yang terpenting adalah kita bisa melafalkan dengan jelas terlebih dahulu, walau kita masih punya aksen bahasa Indonesia di situ.

Ini video dari Heather saya embedkan di bawah ini ya biar teman-teman bisa ikutan belajar juga dari dia.


Dan ternyata setelah saya resapi memang benar sih. Yang terpenting adalah pengucapan kita bisa dimengerti oleh orang lain yang bukan orang Indonesia.

Karena bisa punya aksen seperti orang Amerika juga belum jaminan lho pengucapan kita bakalan jelas karena orang Amerika juga ngga semuanya jelas kan kalau ngomong? Jangankan orang Amerika deh, orang Indonesia aja ngga semuanya kalau ngomong jelas kan?

Buktinya kita sering kan ngomong kaya gini, "Eh loe ngomong apa kumur-kumur sih?" Kenapa kita ngomong seperti itu? Kalimat seperti itu biasanya keluar saat kita tidak bisa mendengar dengan jelas apa yang dikatakan oleh teman kita itu.

Jadi itu dulu yang pertama-tama harus kita usahakan. Jadi kalau pun kita berusaha mencoba melatih aksen Amerika kita perlu mencobanya dengan perlahan dan pastikan setiap ucapan kita bisa terdengar dengan jelas.

Lalu kalau begitu kita siap nih sekarang untuk belajar melatih aksen Amerika. Gimana caranya?

Tahapan Melatih Aksen Amerika

Kalau teman-teman memang masih nol sekali, coba gunakan kamus online dulu aja kalau kalian memang benar-benar belum tahu cara melafalkan kata-kata satu per satunya. Untuk aksen Amerika teman-teman bisa gunakan kamus online Merriam Webster dan ketikkan kata yang teman-teman ingin tahu pelafalannya seperti apa.

Dari hape juga ada. Ini misalnya saya screenshotkan dari hape ya. Misalnya saya ingin tahu cara melafalkan kata "extraordinary" maka saya ketikkan di aplikasi Merriam Webster di hape saya, kalau kalian belum punya install aja di hape, gratis ini.

Kamus Merriam Webster

Nah di situ bisa kita lihat ada lambang speakernya kan? Tinggal kita klik di situ aja dan kemudian kita akan bisa mendengarkan suara asli orang Amerika yang melafalkannya. Selanjutnya kita tinggal ikuti saja.

Ini langkah awal kalau teman-teman memang masih dari nol sekali. Setelah ini sudah bisa teman-teman lakukan, selanjutnya saran saya teman-teman mulai membaca buku namun buku yang ada audionya juga.

Karena dengan buku yang ada audionya kita bisa tahu cara melafalkannya seperti apa. Kalau kita hanya membaca buku bahasa Inggris doang sendirian nanti malah SALAH kita melafalkannya. Jadi dengan ada buku yang ada audionya dimana ada orang Amerika yang membacakannya untuk kita, kita jadi tahu cara melafalkannya seperti apa dan tinggal kita ikuti saja cara mereka melafalkannya sembari mata kita melihat ke tulisannya.

Oke saya akan sharing selanjutnya link dan dimana sih kita bisa mendapatkan audio book untuk kita belajar aksen Amerika ini.

Belajar Dari Audio Book

Apa sih audio book itu? Audio book itu adalah buku yang dibacakan. Dan yang membacakan ini orang native speakernya. Kalau bukunya bahasa Inggris ya yang membacakannya adalah orang aslinya, bisa itu orang Amerika, orang Inggris atau orang Australia misalnya.

Tapi karena target kita adalah ingin menguasai aksen Amerika maka saran saya carilah audio book dimana orang yang membacakan buku tersebut adalah orang Amerika asli.

Audio Book Berbayar

Teman-teman bisa membeli audiobook di audible.com untuk audio book yang berbayar dan nanti teman-teman akan bisa juga mendapatkan versi tertulisnya. Penting untuk juga mempunyai versi tertulisnya karena kalau kita tidak mempunyai versi tertulisnya maka kita akan kesulitan untuk mengikuti mereka.

Audio Book Gratis

Untuk level yang pemula teman-teman bisa masuk ke youtube channelnya VOA Amerika. Ini saya embedkan salah satu videonya ya dimana ada cerita dan dibacakan oleh orang Amerika asli dan di video tersebut ada tulisannya sehingga kita bisa mengikuti membaca dengan mata kita sembari telinga kita mendengarkan bagaimana pelafalannya.


Nah seperti itu teman-teman, tinggal teman-teman dengarkan terlebih dahulu sambil teman-teman baca tulisannya. Setelah sudah kita dengarkan dan tahu bagaimana melafalkannya lalu kemudian kita tinggal stop videonya dan sekarang gantian kita yang mencoba membacanya.

Kalau bisa teman-teman rekam ya di hape, dan kemudian bandingkan dengan audio aslinya. Nanti teman-teman akan bisa menilai sendiri, cara membaca teman-teman sudah persis belum dengan audio aslinya?

Dilatih dan diulang terus aja. Untuk awal-awal mungkin teman-teman akan frustasi karena ngga bisa sama bahkan jauh banget hasilnya. Tapi bersabarlah dan lakukan terus saja, nanti seiring dengan seringnya teman-teman latihan maka akan menjadi membaik pastinya.

Ini saya berikan Playlist dari VOA Learning English. Ada 72 video yang teman-teman bisa mulai pelajari. Silakan KLIK DI SINI.

Cukup banyak lho ini dan pastinya satu video ngga cuma 1 hari melatihnya, bisa untuk 1 video itu teman-teman perlu melatih selama beberapa minggu.

Aplikasi VOA di hape juga ada, dimana ada news dan ada cerita juga yang dibacakan di situ. Ini saya screenshotkan ya contohnya. Teman-teman bisa klik di 5 detik untuk mengulang 5 detik misalnya apa yang teman-teman dengarkan kurang jelas.

Cerita Dari VOA

Ini juga mereka selalu update lho, jadi tinggal teman-teman install aja aplikasi VOA Learning English di hape kalian untuk kalian bisa melatih pronunciation aksen Amerika dengan gratis.

TED Talks

Youtube channel dari TED Talks ini juga bisa teman-teman manfaatkan untuk melatih pronunciation kalian. Saran saya sih install aplikasi TED Talks di hape kalian, gratis! Lebih enak soalnya ketimbang kalau di youtube channelnya kalau untuk belajar, karena ada fitur kita bisa ngulang 15 detik.

Jadi kalau kita ngga jelas dengarnya tinggal kita pencet aja fitur itu dan dia akan ngulang sendiri dan kita tinggal dengarin aja.

Ini saya screenshotkan ya TED Talks yang saya install di tablet saya.

Belajar Pronunciation Dari TED Talks

Cuma memang kalau TED Talks ini yang jadi pembicara di situ kan ngga hanya orang Amerika saja, jadi kitanya yang harus jeli. Kalau kita sudah bisa membedakan ketika mendengar orang bule ngomong, ah ini aksen Amerika nih! Ah yang ini bukan nih! Maka TED Talks ini bagus buat kita berlatih pronunciation.

Atau teman-teman bisa lihat dulu aja pembicaranya siapa lalu teman-teman googling, dia itu orang mana? Kalau orang Amerika ya dilanjut aja nontonnya, karena tujuan kita kan untuk mempelajari cara pelafalan aksen Amerika kan?

Newsbeat

Kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi Newsbeat dari hape. Apa sih newsbeat itu? Newsbeat adalah aplikasi di hape dimana aplikasi tersebut membacakan berita. Jadi berita yang ada di koran mereka bacakan dan yang membacanya adalah beneran orang Amerika.

Coba cari aja aplikasi newsbeat di hape kalian dan install. Gratis juga kok! Ada yang berbayarnya sih, bedanya antara yang berbayar dengan yang gratis adalah kalau yang gratis berita yang dibacakannya hanya setengah sementara kalau yang berbayar berita yang dibacakannya lengkap.

Tapi saya rasa kita kan bukan ingin baca beritanya tho? Kita hanya ingin menggunakannya untuk melatih pronunciation kita aja kan? Jadi menurut saya sangat cukup sekali kita menggunakan yang versi gratisannya aja.

Ini saya screenshotkan gambar dari aplikasi Newsbeat di bawah ini.

Belajar Pronunciation Dari Newsbeat

Jadi tinggal gimana kita aja sanggup latihannya karena untuk bisa menguasai pelafalan ini ya kita harus sering-sering melatihnya. Mendengar dulu mereka membacakannya dan kemudian kita tinggal ikuti saja. Gampang kan?

This American Life

Nah ini juga bisa menjadi salah satu tempat buat kalian belajar dan melatih pronunciation, karena di situ ada audio dan juga ada transcript dari apa yang kalian dengar di audionya.

Kebetulan saya sudah membuat videonya juga gimana teman-teman bisa menggunakan website This American Life ini untuk kalian belajar pronunciation di video di bawah ini.


Di situ kalian bisa download audionya tapi kalau audionya sudah lama maka audionya tidak bisa didownload lagi. Untuk episode yang terbaru aja yang bisa didownload makanya rajin pantengin aja website itu kalau ada episode terbaru langsung download aja audionya.

Nanti tinggal teman-teman pelajari, yang penting audionya udah dapat dulu. Yang seru di website itu ada fitur "Share a clip" yang teman-teman bisa tandai kalimat yang ingin dibacakan baru kemudian klik play di situ.

Belajar Pronunciation Dari This American Life

Tuh seperti terlihat pada gambar di atas. Yang warna kuning itu saya pilih kalimatnya yang ingin saya tahu pelafalannya seperti apa baru kemudian di sebelah kanan tinggal kita klik play aja maka nanti akan terdengar audio untuk kalimat yang berwarna kuning itu.

Seru kan? Jadi tinggal gimana kita rajin melatihnya saja kalau sudah seperti ini sih.

Librivox

Nah dari librivox ini juga bisa. Librivox merupakan website dimana banyak orang dari seluruh dunia yang membacakan buku-buku. Cuma buku yang dibacakan di situ merupakan buku-buku lama yang sudah ngga kena copyright dan memang saya perhatikan juga kualitas audionya sering kali ngga terlalu bagus.

Karena memang dibacakan oleh orang-orang dari seluruh dunia yang kebanyakan orang awam yang ngga terlalu mengerti cara merekam audio dengan baik agar mendapatkan audio yang bagus. Tapi ini lumayan juga kalau teman-teman mau masuk ke sana lalu mendownload audionya dan kemudian mencari versi tertulisnya.

Librivox ini bisa menjadi salah satu alternatif buat teman-teman belajar pronunciation juga lho.

Belajar Melalui International Phonetic Alphabet

International Phonetic Alphanet atau disingkat IPA adalah simbol-simbol yang merepresentasikan cara melafalkannya.

Seperti yang teman-teman lihat di screenshot di kamus Merriam Webster untuk kata "extraordinary" itu di bagian bawahnya ada simbol IPA-nya.

Saya screenshotkan lagi ya di bawah ini.

Simbol IPA

Nah teman-teman perhatikan yang saya beri kotak merah, tulisan yang berada di dalam kurung \...\ merupakan yang namanya IPA. Di situ tertulisnya seperti ini ya simbol IPA-nya.
\ik-ˈstrȯr-də-ˌner-ē , ˌek-strə-ˈȯr-\
Nah itu dia yang namanya simbol IPA. Gimana kalau kita belajar melalui simbol ini? Bagus sih kalau teman-teman segitu detailnya tapi menurut saya ini cukup ribet lho kecuali kalau teman-teman memang mau jadi guru bahasa Inggris misalnya.

Kalau teman-teman hanya ingin bisa menguasai aksen Amerika saat mengucapkannya saya rasa dengan hanya mengikuti audio book dan berusaha untuk membacanya persis sama seperti yang dibaca oleh orang Amerikanya maka kita akan punya kemampuan yang bagus dalam hal pronunciation kita nantinya.

Karena nanti teman-teman kalau teman-teman belajar melafalkan kata per kata itu, nanti ketika teman-teman berusaha merangkaikannya atau membaca dalam satu kalimat biasanya beda lagi tuh cara membacanya.

Nah lho? Bingung kan? Makanya saya sendiri tidak menyarankan teman-teman melatih satu per satu kata dengan menggunakan IPA ini karena terlalu ribet.

Beda cara baca ketika kita baca satu per satu kata dengan ketika sudah menjadi satu rangkaian dalam satu kalimat itu dibahas oleh Papa Teach Me di salah satu videonya mengenai Connected Speech.

Connected Speech

Connected speech secara sederhananya adalah cara kita melafalkan kata-kata ketika kata-kata tersebut sudah dirangkaikan. Misalnya ketika kita membaca kalimat. Kalimat kan adalah kumpulan dari kata-kata kan?

       Baca juga: Mengenal Connected Speech

Saya sebenarnya sudah membuat artikel yang membahas detail mengenai connected speech. Itu saya berikan linknya dan silakan dibaca di situ ya teman-teman mengenai apa sih connected speech itu.

Teman-teman bisa tonton pada video Papa Teach Me di bawah ini yang mana video ini sudah saya berikan terjemahannya, tinggal diaktifkannya aja CC-nya dan pilih "Indonesian" nanti akan muncul subtitle bahasa Indonesia di videonya Papa Teach Me di bawah ini.

Nih seperti ini cara mengaktifkan CC subtitle bahasa Indonesianya. Yuk kita lihat pada gambar di bawah ini.

Mengaktifkan CC Subtitle Bahasa Indonesia

Dan ini videonya saya embedkan di bawah ini ya.


Tuh kan beda kan? Ketika dibaca sendiri kata "here" di British English R-nya tidak diucapkan sementara ketika sudah bergabung dengan kata lain contohnya di "here and there" maka huruf R di kata "here" menjadi diucapkan.

Itulah mengapa kalau kalian mempelajari pelafalan kata satu per satu nanti ketika sudah di kalimat kalian harus belajar lagi tuh karena ada perbedaannya antara melafalkan kata dengan melafalkan kata yang sudah terangkai dalam kalimat.

Jadi langsung aja latih pengucapan kata dalam kalimat dengan menggunakan audio book yang tadi sudah saya sharingkan. Kalau teman-teman mengalami kesulitan mengucapkan satu kata misalnya tinggal gunakan kamus online Merriam Webster yang sudah saya beritahukan di atas dan kemudian dengarkan bagaimana cara mengucapkan kata tersebut.

Latihan Dari Film

Nah ini juga bisa ya latihan dari film. Cuma memang kalau dari film itu menurut saya ini tingkatan yang tertinggi lho. Karena kalau film itu kan ditujukan untuk para native speaker dan mereka ngomong ya senaturalnya mereka ngomong.

Ada yang ngomongnya cepat banget. Dan kalau teman-teman mau latihan pronunciation dari film teman-teman perlu mendapatkan subtitle bahasa Inggrisnya sehingga teman-teman bisa ikuti tuh dan juga dilatih.

Di video yang saya berikan di atas di video saya, yang saya sharing mengenai gimana cara memanfaatkan gadget dan internet yang sudah saya embedkan di atas, saya juga sharing mengenai gimana caranya kita bisa melatih pronunciation kita dengan menggunakan film.

Coba ditonton video saya tersebut dan seperti itu cara saya di dalam menggunakan film.

Kalau mau dibagi per 5 menit misalnya, fokus aja dulu di 5 menit pertama dari film tersebut dan kuasai cara melafalkan semua dialog yang ada di 5 menit tersebut.

Bagusnya kalau kita belajar melafalkan menggunakan film kita akan belajar juga intonasi mereka dan juga kita bisa belajar secara tanpa sadar pola kalimat dan pilihan kata yang biasa mereka gunakan. Jadi ada nilai plusnya juga lho belajar dari film ini.

Tapi memang yang terpenting adalah kita harus sabar dan cara melatihnya juga benar. Ngga dengan cara kita nonton film terus ya udah nonton aja tanpa kita ngapa-ngapain. Kalau dengan seperti itu kita tentunya tidak akan mendapatkan apa-apa selain kesenangan di dalam menonton saja.

Saya rasa cukup sekian dulu sharing dari saya mengenai gimana kita bisa melatih aksen Amerika dengan memanfaatkan gadget yang kita punya dan akses internet. Sebenarnya di era internet yang sekarang ini kita jauh lebih mudah di dalam mempelajari bahasa karena bahan-bahan kita untuk belajar itu sangat banyak sekali.

Namun justru karena banyaknya itu membuat kita kemudian menjadi bingung harus mulai darimana. Nah semoga sharing dari saya ini bisa membantu kalian ya. Kalau begitu sampai ketemu lagi di sharing saya yang berikutnya ya.

I'll see you again soon. Bubye.

Comments