Arti Help Each Other

Arti Taking Turns

Kali ini kita akan membahas idiom bahasa Inggris yaitu take turns, kebetulan saya menemukan idiom ini diucapkan di film Modern Family. Di situ bentuknya adalah taking turns seperti yang bisa kita lihat pada screenshot di bawah ini.

Arti Taking Turns

Nanti kita akan melihat cuplikan adegan dari film Modern Family dimana idiom taking turns ini diucapkan sehingga teman-teman akan bisa lebih memahami maksudnya di konteks film ini.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Langsung aja yuk kita bahas arti dari [taking turns] ini.

Arti Harfiah Taking Turns

Taking turns itu kalau diartikan secara kata per kata artinya adalah,
Mengambil belokan atau mengambil giliran.
Tapi kita akan lihat ke penjelasan yang diberikan oleh kamus ya agar lebih tepat karena biasanya kalau kita ketemu dengan idiom sebaiknya ya jangan diartikan secara kata per kata seperti ini karena biasanya artinya malah jauh daripada arti yang sebenarnya.

Arti Taking Turns Menurut Kamus

Kalau kita lihat dari kamus Free Dictionary, di situ tertulis bahwa take turns ini merupakan sebuah idiom, tapi untuk mengartikan idiom ini saya mau mengambil dari kamus Collins Dictionary.

Saya screenshotkan ya penjelasan dari kamus tersebut di bawah ini.

Arti Taking Turns

Langsung saja saya artikan kalimat yang terdapat di dalam kotak warna merah di screenshot di atas ya. Terjemahannya seperti ini,
Kalau dua orang atau lebih take turns untuk melakukan sesuatu, itu artinya mereka melakukannya secara bergantian selama beberapa kali, dan tidak melakukannya secara bersama-sama.

Nah nanti kita bisa lihat di cuplikan adegan yang ada di Modern Family yang akan kita tonton di bawah ini sangat tepat sekali dengan situasi yang terjadi di adegan film tersebut.

Taking Turns di Adegan Film

Kita tonton yuk adegan filmnya di bawah ini.


Jadi ini ceritanya ada pasangan yaitu Phil dan Claire, mereka mempunyai anak remaja yang lagi ingin ngambil SIM. Dan untuk bisa ambil SIM si Haley ini diajarin terlebih dahulu oleh ayah dan ibunya agar nanti ketika dia dites saat pengambilan SIM si Haley ini bisa berhasil dan lulus tes tersebut dan bisa deh pada akhirnya memperoleh SIM-nya.

     Baca juga: Arti Loosen Up

Jadi di situ si Phil dan Claire istrinya itu secara bergantian menemani dan mengajari si Haley mengemudikan mobil seperti yang terlihat pada cuplikan video di atas.

Di awal-awal si ayahnya yaitu si Phil Dunphy itu ngomong kalimat seperti ini,
We've been taking turns driving with her.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Kami berganti-gantian nyupir bersama dia.
Maksudnya nyupir di sini adalah berada di sebelahnya Haley dan ngajarin si Haley bagaimana cara mengemudikan dengan baik dan benar. Si ibunya ketika ngajarin Haley malah ngebuat si Haley jadi panik.

Nah bisa lebih jelas kan ya dengan adanya adegan dari film? Jadi kita bisa lebih memahami kalau ada situasi dan konteksnya ketimbang kalau kita cuma mengartikan dan melihat artinya saja dari sebuah kamus.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai idiom taking turns ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua and I'll see you again very soon. Bubye for now.

Comments