Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Thumb Through

Kali ini kita akan membahas idiom bahasa Inggris yaitu thumb through. Ini juga kalau kita lihat di salah satu kamus yaitu Merriam Webster, frasa kata thumb through ini juga merupakan sebuah phrasal verb.

Kebetulan saya menemukan idiom ini saat saya lagi nonton film Ugly Betty. Ini saya screenshotkan adegan dimana idiom thumb through ini diucapkan dan di bawah nanti juga saya akan embedkan potongan adegan dari film tersebut dan kita akan bahas sedikit percakapan yang terjadi di potongan film Ugly Betty tersebut.

Arti Thumb Through

Yuk kita bahas artinya apa, seperti biasa kita akan membahas arti kata per katanya terlebih dahulu sebelum kemudian kita akan melihat ke arti yang sebenarnya menurut kamus.

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis. 

Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini.


Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 

Arti Harfiah Thumb Through

Thumb itu artinya jempol dan through itu melalui, through something sih seharusnya karena kan kalau hanya melalui, pastinya "melalui sesuatu" kan? Jadi kalau diartikan secara kata per kata, thumb through (something) itu artinya adalah,
Jempol melalui sesuatu.
Nah kurang jelas ya dan kita tidak menyimpulkan dari hasil terjemahan secara kata per kata ini. Kalau begitu sekarang langsung saja kita lihat penjelasan yang diberikan oleh kamus.

Arti Thumb Through Menurut Kamus

Kalau kita lihat ke kamus Free Dictionary, di situ bisa kita lihat arti dari idiom thumb through ini seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Di situ bisa kita lihat, langsung saja saya terjemahkan ya arti dari thumb through ke dalam bahasa Indonesia. Artinya adalah,
Membaca atau melihat halaman dari sebuah buku atau majalah atau bahan bacaan yang lain tanpa melihatnya dengan penuh perhatian.
Jadi kalau disederhanakan lagi itu kaya kita melihat sekilas ke sesuatu hal. Misalnya ada buku nih, terus kita melihat sekilasan aja untuk mengetahui itu buku tentang apa. Jadi kita bisa dapat gambaran singkat mengenai buku apaan sih itu.

     Baca juga: Arti Run Of The Mill

Nah sekarang kita tonton yuk cuplikan video dari Ugly Betty tersebut dan kita bahas sedikit percakapan yang ada di situ.

Idiom Thumb Through Di Film Ugly Betty

Kita tonton yuk cuplikan filmnya di bawah ini.


Di situ ada percakapan antara dua orang yaitu Betty dan Hilda. Hilda adalah kakak dari Betty. Dan percakapannya adalah seperti berikut ini.
Betty: I just can't believe this Phil Roth guy was right. These poor women, they're being played and they don't even know it. (Aku ngga percaya si Phil Roth ini ternyata benar. Cewe-cewe ini kasihan deh, mereka itu dipermainkan tapi mereka sama sekali ngga sadar kalau mereka dipermainkan.) 
Hilda: Oh, please, Betty, they know exactly what they're doing. They just don't want the guys to know it. That way, they have all the power. It's not a bad book. (Oh, plis deh Betty, mereka tahu kok apa yang mereka lakuin itu. Mereka hanya ngga ingin cowo-cowo itu tahu. Dengan begitu, mereka jadi punya kekuatannya. Buku itu ngga jelek kok.) 
Betty: You read it? (Kamu udah baca buku itu?) 
Hilda: I thumbed through it. Papi has it now. (Sekilasan aja sih. Bukunya sekarang ada di si ayah.) 
Betty: Ouh! And the world is over. (Ouh! Ancur dah dunia kalau kaya gini!)

Nah jadi kalau kita simpulkan si Hilda itu melihat sekilasan buku yang kebetulan lagi diteliti oleh si Betty karena di film tersebut Betty lagi punya tugas untuk mewawancara penulis bukunya.

Kalau begitu saya rasa sekian dulu ya sharing dari saya mengenai idiom thumb through ini. Semoga bisa bermanfaat ya buat kita semua dan kalau nanti ada update lagi, misalnya saya menemukan lagi adegan di film yang lainnya dimana ada idiom thumb through ini diucapkan lagi maka Insya Allah akan saya update lagi artikel ini.

Kalau begitu I'll see you again soon. Bubye.

Comments