Arti Help Each Other

Arti Break the Bank

Hello everyone, kali ini kita akan membahas mengenai idiom bahasa Inggris yaitu break the bank. Kita akan coba artikan secara kata per kata terlebih dahulu sebelum nanti kita lihat ke kamus arti yang sesungguhnya.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Arti Harfiah Break the Bank

Kalau kita coba ketikkan idiom break the bank ini ke Google Terjemahan maka akan kita dapatkan hasil seperti terlihat pada screenshot di bawah ini.

Arti Harfiah Break the Bank

Nah seperti itu hasilnya atau bisa juga kita artikan secara kata per kata yaitu,
Membobol bank.
Kira-kira dari hasil terjemahan kata per kata ini bisa kita ambil kesimpulannya ngga? Kalau ngga, mari sekarang kita coba lihat artinya di dalam kamus yuk.

Arti Break the Bank Dari Kamus

Kalau kita lihat ke kamus The American Heritage Dictionary of Idioms, kita bisa lihat artinya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Arti Break the Bank

Di situ kita bisa lihat arti dari idiom break the bank adalah,
Ruin one financially, exhaust one's resources.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Menghancurkan keuangan seseorang, menghabiskan sumber daya seseorang.
Jadi kaya membuat tekor seseorang, misalnya harga sesuatu barang yang bisa membuat seseorang tekor keuangannya kalau membeli barang tersebut.

     Baca juga: Arti Give Me A Break

Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
I guess the price of a movie won't break the bank.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Menurutku harga dari sebuah film tidak akan membuat seseorang bangkrut.
Kalau di bahasa Indonesia kita sering menggunakan kata "tekor" misalnya kaya, "Ah, bangkrutlah kalau gue harus beli harga segitu mah!" atau "Ah, tekorlah gue kalau harus bayarin denda ini."

Sejarah Idiom Break the Bank

Idiom ini kalau menurut kamus The American Heritage Dictionary of Idioms berasal dari dunia perjudian yang mana ini artinya adalah seorang telah menang lebih dari yang bisa rumah judi tersebut bayarkan.

Nah kurang lebih seperti itu arti dari idiom break the bank ini. Semoga bermanfaat and I'll see you again very soon. Bubye now.


Referensi:
Ammer, Christine. (2013). The American Heritage dictionary of idioms (edisi ke-2nd ed). Boston: Houghton Mifflin Harcourt. ISBN 9780547676586. OCLC 798809885

Comments