Arti Help Each Other

Arti Call It A Day

Halo, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas mengenai arti dari idiom call it a day dalam bahasa Inggris. Kebetulan saya juga menemukan idiom ini diucapkan di salah satu film yaitu film The Good Wife. Nanti kita akan tonton cuplikan adegannya di bagian bawah dari artikel ini.

     Baca juga: Arti Break the Ice

Ini screenshot dari idiom call it a day diucapkan di film tersebut.

Idiom Call It A Day

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Kita akan bahas dulu arti harfiahnya sebelum kita lihat arti idiom ini dari sebuah kamus. 

Arti Harfiah Call It A Day

Kalau kita ketikkan idiom call it a day ini di Google Terjemahan maka kita akan mendapatkan terjemahan kata per katanya seperti yang bisa kita lihat pada screenshot di bawah ini.

Arti Harfiah Call It A Day

Nah itu dia arti secara harfiahnya yaitu,
Sebut itu sehari.
Bingung ya? Ngga dapat gambaran maksudnya apaan sih? Sekarang mari kita lihat artinya dari kamus sebenarnya apa sih idiom call it a day ini.

Arti Kamus Call It A Day

Kalau kita lihat kamus Cambridge di situ bisa kita lihat penjelasannya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Arti Kamus Call It A Day

Di situ kita bisa lihat artinya yang langsung saja saya terjemahkan yaitu,
Berhenti melakukan apa yang sedang kita lakukan karena kita sudah tidak ingin melakukannya lagi atau kita berpikir bahwa kita sudah cukup melakukannya.

Contoh kalimat yang ada di situ, saya ambil kalimat yang nomor 2 yaitu,
After 14 years living and working in this country, she thinks it's time to call it a day.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Setelah 14 tahun tinggal dan bekerja di negara ini, dia berpikir ini saatnya untuk berhenti.

Lalu contoh kalimatnya saya ambil dari the idioms yaitu,
I think we have done enough work today, I am feeling tired now, let’s call it a day. 
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Saya pikir kita sudah cukup mengerjakan untuk hari ini, saya merasa lelah, mari kita berhenti sampai di sini.

Asal Usul Idiom Ini

Asal usul dari idiom ini saya terjemahkan dari website The Idioms. com. Di situ diucapkan penjelasannya seperti yang saya terjemahkan berikut ini.

Frasa kata ini muncul saat seorang pekerja pulang ke rumah sebelum pekerjaannya selesai dan aslinya frasa kata ini ada hubungannya dengan frasa kata "call it half a day" yang pertama ditemukan pada tahun 1838. Frasa kata ini digunakan untuk memberikan salam perpisahan kepada para pekerja sebelum waktu kerja di hari tersebut selesai.

Idiom "call it a day" ini pertama kali muncul pada tahun 1919, dan ada istilah "call it a night" yang muncul pada tahun 1938 oleh para pekerja yang bekerja di shift malam hari.

Idiom Call It A Day Di Film

Mari sekarang kita tonton cuplikan adegan yang terjadi di film Good Wife dimana idiom call it a day ini diucapkan.


Percakapan yang terjadi di situ yaitu,
Celeste: A three-year commitment to litigation, a five percent bump in salary and we'll call it a day. We have other suitors. (Kontrak 3 tahun di bidang litigasi, 5 persen kenaikan gaji dan setelah itu kita selesai. Kita ada pihak dengan gugatan yang lain.) 
Will: I'll talk to Diane. (Aku akan bicarakan dengan Diane.)
Situasinya di situ, Will sedang mengajak Celeste untuk bergabung di firma hukumnya dan lalu Celeste mengajukan persyaratannya kalau Will ingin dia bergabung di firma hukumnya.

Nah saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai idiom call it a day ini ya. Semoga bisa bermanfaat and I'll see you again very soon. Bubye now.


Update #1 (21 September 2019)
Saya menemukan lagi sebuah adegan di film di mana idiom call it a day ini diucapkan. Filmnya adalah Modern Family. Yuk kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Percakapan yang terjadi di cuplikan adegan tersebut berikut dengan terjemahan Bahasa Indonesianya adalah berikut ini.
Jay: You know what? Great party. Thank you all for coming. And I hope you forgive me. I'm gonna go upstairs, curl up with a Ludlum and call it a day. (Tahu ngga? Pesta yang luar biasa. Terima kasih untuk semua karena sudah datang. Dan kakek harap kalian memaafkan kakek. Sekarang kakek akan naik ke atas, bersantai dengan Ludlum dan kiranya cukup untuk hari ini.)
Jadi si Jay itu baru saja berulang tahun dan satu keluarga yang terdiri dari anak-anak dan cucunya itu pada hadir di acara ulang tahunnya Jay. Dan setelah semua menonton film keluarga maka si kakek Jay ini kemudian mengatakan dia mau ke atas dan bersantai di kamarnya aja dan tidak lupa dia mengucapkan terima kasih kepada anak-anak dan cucunya karena sudah datang untuk merayakan hari ulang tahunnya.

Sekian dulu kalau untuk update #1 dari artikel ini. Kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain dimana diucapkan idiom call it a day ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. See you later.


Referensi:
1. "CALL IT A DAY | meaning in the Cambridge English Dictionary". dictionary.cambridge.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-10.
2. "call it a day". www.theidioms.com(dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-10.

Comments