Skip to main content

Arti Shut Up

Shut up itu artinya,
Meminta orang untuk diam, tapi juga mempunyai arti yang lain yaitu menunjukkan keterkejutan.
Shut up itu kalau kita ketikkan di Google Translate hasil terjemahannya adalah seperti yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Nah di situ tertulis arti shut up adalah,
Diam. Jadi ini merupakan perintah kepada seseorang untuk diam. Tapi tahu ngga kalau shut up juga mempunyai arti yang lain?

Di bawah ini saya sertakan beberapa adegan dari film sehingga teman-teman bisa melihat langsung situasi dan konteksnya dan saya juga akan menjelaskan percakapan yang terjadi di adegan-adegan film tersebut agar teman-teman bisa lebih mudah memahaminya.

Arti Shut Up Menurut Dictionary.com Di situ diberikan penjelasan mengenai arti shut up dan juga ada video kalau teman-teman lihat di website Dictionary ini, sebuah video yang menjelaskan arti dari frasa kata shut up.

Di situ tertulis penjelasan dari frasa kata shut up yaitu,
Shut up is a rude way to tell someone to stop talking. It can…

Arti Pick Up

Pick up di sini merupakan sebuah istilah pop culture yang artinya adalah,
Bertemu dengan seseorang, biasanya di sebuah bar atau di sebuah pesta dan mengajak orang tersebut untuk pergi kencan satu malam dengan kita.

Kali ini saya akan membahas arti pick up, tapi yang akan saya bahas di sini adalah arti pick up istilah slang atau istilah pop culture. Apa itu pop culture? Pop culture adalah budaya yang populer, jadi istilah yang populer digunakan di suatu masyarakat yang biasanya artinya sangat berbeda dengan arti sesungguhnya tapi ini bukan merupakan sebuah idiom.

Ini kebetulan saya tadi saya membaca dan mendengarkan salah satu episode dari This American Life. Ini saya screenshotkan di bawah ini ya.

Istilah Pick Up

Tapi kita akan membahas sedikit juga arti dari pick up ini yang bukan arti pop culturenya yang akan kita bahas ya agar teman-teman bisa membedakan nantinya.

Arti Pick Up

Pick up ini merupakan sebuah phrasal verb dimana artinya banyak banget. Beda konteks dan situasi maka artinya sama sekali berbeda. Kalau kita lihat di kamus Collins, di situ kamus ini menjelaskan ada 13 arti dari pick up yang mereka berikan juga contoh-contoh kalimatnya sehingga kita bisa lihat sendiri artinya berbeda-beda antara pick up di satu kalimat dan arti pick up di kalimat yang lain.

Ini kita lihat pada screenshot di bawah ini.

Arti Pick Up

Kita bahas 3 aja ya yang tertulis di screenshot tersebut, untuk selebihnya teman-teman bisa lihat sendiri di kamus Collins tersebut ya arti selebihnya dari pick up itu.

Untuk arti yang pertama dimana di gambar tersebut tertulis nomor 3, ini biasanya arti pick up yang sering kita dengar dan artikan dari bahasa Inggris. Kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Kalau kalian "pick up" seseorang atau sesuatu yang menunggu untuk dijemput, itu artinya kalian pergi ke suatu tempat dimana mereka berada dan kemudian membawa mereka pergi, biasanya menggunakan mobil.
Di situ contoh kalimat yang diberikannya yaitu,
We drove to the airport the next morning to pick up Susan.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Kita pergi ke bandara pagi harinya untuk menjemput Susan.
Nah jadi arti yang pertama ini arti dari pick up yaitu "menjemput".

Untuk arti yang kedua yang tertera di screenshot itu kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia terjemahannya kurang lebih,
Kalau seseorang "is picked up" oleh polisi, itu artinya mereka ditangkap dan dibawa ke kantor polisi.
Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
Rawlings had been picked up by police at his office.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Rawlings diciduk oleh polisi di kantornya.
Nah jadi si Rawlings itu diciduk atau ditangkap oleh polisi di kantornya, jadi pick up yang di konteks ini artinya adalah ditangkap.

Untuk arti yang ketiga yang tertera di screenshot itu terjemahannya kurang lebih seperti ini,
Kalau kamu pick up sesuatu seperti misalnya sebuah keterampilan tertentu atau sebuah gagasan, itu artinya kamu memperoleh keterampilan tersebut tanpa usaha yang cukup berarti dalam satu waktu tertentu.
Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
Where did you pick up your English?
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Dimana kamu mempelajari bahasa Inggrismu?
Ini yang bertanya sepertinya kagum dengan kemampuan bahasa Inggrisnya orang tersebut. Mungkin sebelumnya dia sudah kenal dan tahu kalau dia tidak terlalu bisa bahasa Inggris dan ketika ketemu lagi tiba-tiba temannya tersebut sudah lancar dan jago banget bahasa Inggrisnya.

Nah sekarang kita akan membahas arti pick up di dalam konteksnya sebagai istilah pop culture.

Arti Istilah Pop Culture Pick Up

Nah untuk hal ini biasanya saya melihat di kamus Urban Dictionary, karena di kamus tersebut banyak sekali membahas mengenai istilah-istilah bahasa Inggris kekinian yang digunakan oleh orang-orang Barat.

Kita lihat screenshot yang saya ambil dari kamus tersebut yang menjelaskan mengenai arti dari pick up ini ya.

Arti Pick Up

Kalau saya artikan kata-kata yang tertulis di situ, kurang lebih terjemahannya seperti berikut ini.
Bertemu dengan seseorang, biasanya di bar atau di sebuah pesta dan mengajak mereka untuk pergi bersama mereka dalam rangka untuk melakukan kegiatan seks.
Jadi kalau di bahasa Indonesia mungkin kita bertemu seseorang di sebuah pesta terus ngajakin untuk kencan "cinta semalam" aja.

Kurang lebih seperti itu artinya, nah sekarang kita akan dengarkan audio yang ada di This American Life sekalian kita akan terjemahkan artinya sedikit ya.

Karena di sini ngga bisa upload audio, makanya saya buat jadi video aja. Jadi mari kita tonton video dan dengarkan audionya di bawah ini.


Saya terjemahkan kalimat yang ininya aja ya karena nanti saya akan buat artikel mengenai arti ghosting karena di sini juga ada istilah ghosting diucapkan. Dan juga ini masih ada hubungannya dengan artikel saya yang sebelumnya yang membahas mengenai arti dari meat market.

     Baca juga: Arti Meat Market

Kalimatnya di situ yaitu,
So, lots of pick ups, lots of ghosting afterwards.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Banyak terjadi kencan singkat satu malam di situ, dimana setelahnya banyak terjadi ghosting.

Nah ghosting ini juga merupakan sebuah istilah yang akan saya bahas di artikel saya selanjutnya ya. Jadi pantengin terus blog ini ya untuk pembahasan mengenai arti dari ghosting ini.

Kalau begitu saya rasa cukup dulu artikel yang membahas mengenai arti pick up ini. Semoga bermanfaat and I'll see you soon. Bubye.

Comments