Skip to main content

Arti Shut Up

Shut up itu artinya,
Meminta orang untuk diam, tapi juga mempunyai arti yang lain yaitu menunjukkan keterkejutan.
Shut up itu kalau kita ketikkan di Google Translate hasil terjemahannya adalah seperti yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Nah di situ tertulis arti shut up adalah,
Diam. Jadi ini merupakan perintah kepada seseorang untuk diam. Tapi tahu ngga kalau shut up juga mempunyai arti yang lain?

Di bawah ini saya sertakan beberapa adegan dari film sehingga teman-teman bisa melihat langsung situasi dan konteksnya dan saya juga akan menjelaskan percakapan yang terjadi di adegan-adegan film tersebut agar teman-teman bisa lebih mudah memahaminya.

Arti Shut Up Menurut Dictionary.com Di situ diberikan penjelasan mengenai arti shut up dan juga ada video kalau teman-teman lihat di website Dictionary ini, sebuah video yang menjelaskan arti dari frasa kata shut up.

Di situ tertulis penjelasan dari frasa kata shut up yaitu,
Shut up is a rude way to tell someone to stop talking. It can…

Arti Street Smart dan Book Smart

Hello everyone, how is it going? Kali ini kita akan membahas mengenai arti street smart dan juga arti dari book smart. Kebetulan saya menemukan frasa kata ini diucapkan di film Modern Family. Dan nanti cuplikan adegan dimana frasa kata ini diucapkan akan saya embedkan juga di sini sehingga kalian bisa melihat dan tahu juga artinya.

Arti Street Smart dan Book Smart

Kalau begitu langsung saja yuk kita bahas.

Arti Street Smart

Kita bahas dulu yuk arti dari street smart. Kebetulan saya melihat ada artikel yang menjelaskan mengenai hal ini, link untuk artikelnya saya berikan di bagian bawah ya di bagian Referensi.

Arti Street Smart

Kalau saya terjemahkan apa yang tertulis di atas tersebut, terjemahannya kurang lebih adalah sebagai berikut.
Street smart itu artinya kita mempunyai kesadaran terhadap lingkungan kita. Kita sadar dimana kita berada, siapa saja yang ada di sekitar kita, dan kita bisa melihatnya dari beberapa sudut yang berbeda yang tersedia. Saat kita berada di jalanan membuat kita perlu untuk mempercayai cara berpikir dan penilaian kita sendiri terhadap sesuatu dan apa yang menurut kita penting. Keterampilan ini, terlepas di mana kita mempelajarinya, merupakan sebuah keterampilan yang sangat berharga. 
Dan hal yang terpenting lainnya dari street smart adalah bahwa kepintaran yang kita miliki ini datangnya dari pengalaman kita sendiri. Di sini artinya kita mengalaminya sendiri dan kita belajar dari pengalaman kita itu. Perbedaan antara street smart dengan book smart terletak di siapa yang menjadi pusat pengetahuannya. Kalau di street smart, yang menjadi pusat pengetahuannya adalah diri kita sendiri, karena kita belajar dari pengalaman kita sendiri, kita langsung mengalaminya sendiri. Kalau book smart pusat pengetahuannya adalah dari buku, dimana kita berusaha untuk memperoleh pengetahuan tersebut dari buku dan terlepas dari seberapa baik penulis buku tersebut, kita tidak mengalaminya secara langsung. Street smart itu artinya kita berani untuk mengambil resikonya dan kita berhasil selamat dari resiko yang kita ambil tersebut. Bisa jadi kita mengalami luka-luka saat melalui pengalaman tersebut tapi kita mengalaminya langsung dan kita berhasil melaluinya. 
Nah kurang lebih seperti itu terjemahan bebasnya dari tulisan tersebut. Sekarang kita masuk ke book smart dan setelah itu kita akan melihat cuplikan adegan dimana frasa kata ini diucapkan.

Arti Book Smart

Nah sementara kalau book smart, kita lihat lagi yuk penjelasan pada screenshot di bawah ini.

Arti Book Smart

Kalau saya terjemahkan tulisan di atas maka hasil terjemahannya adalah sebagai berikut.
Book smart adalah seseorang bagus di dalam mengikuti peraturan-peraturan yang ada. Orang-orang ini adalah orang-orang yang selalu mendapatkan nilai A di sekolah atau di perguruan tinggi. Mereka merupakan orang-orang yang menyukai hal-hal yang memiliki jawaban benar yang hanya satu.
Intinya kalau saya simpulkan, book smart adalah orang-orang yang pinternya karena belajar dari buku dan mereka tidak mengalami secara langsung hal-hal tersebut.

     Baca juga: Arti On Your End

Jadi perbedaan yang menonjol di antara book smart dan street smart adalah kalau book smart orang tersebut mendapatkan ilmunya dari buku sementara kalau street smart orang tersebut mendapatkan ilmunya dari mengalaminya secara langsung, melalui pengalamannya dia.

Street Smart dan Book Smart di Adegan Film

Sekarang mari kita tonton cuplikan adegan dari film Modern Family di bawah ini.


Untuk percakapan yang ada di situ dan juga terjemahan bahasa Inggrisnya, kalian bisa membacanya di bawah ini.
Phil: Well, there's book smart, and then there's street smart. (Jadi, ada book smart dan juga ada street smart.) 
Claire: Yeah, and then there's Luke. (Iya, dan juga ada Luke.) 
Phil: Oh, he's just.. He's just curious. That's all. He's got this almost scientific mind with a thirst for knowledge. He's like this little Einstein. Some people ask, "Why?". Luke asks, "Why not?" (Oh, Luke itu lebih.. Dia itu cuma rasa penasarannya gede. Hanya itu aja. Dia mempunyai pikiran yang ilmiah yang selalu haus akan pengetahuan. Dia itu mirip dengan Einstein kecil. Kalau orang-orang biasanya berkata, “Mengapa?” nah si Luke ini bertanyanya, “Mengapa tidak?”. 
Claire: I ask "Why?" a lot. (Aku sering sekali tuh nanya, “Mengapa?”.)

Kalau begitu saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti street smart dan book smart ini. Semoga bisa bermanfaat buat kita semua and I'll talk to you soon. Bubye now.


Referensi:
1. Berkun, Scott (2010-02-10). "Book smarts vs. Street smarts". Scott Berkun (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-08.

Comments