Arti Help Each Other

Arti Seems Like Yesterday

Hello everyone, how's it going? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini saya mau membahas arti dari [seems like yesterday]. Frasa kata ini akan teman-teman sering temukan biasanya sih di lirik lagu atau juga di film-film. Penasaran apa artinya? 

Arti Seems Like Yesterday

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Yuk langsung aja kita bahas arti dari [seems like yesterday] ini.

Arti Seems Like Yesterday

Ini sebenarnya lengkapnya adalah "it seems like only yesterday" dan ini merupakan idiom. Arti dari idiom ini kita bisa lihat penjelasannya menurut kamus Merriam Webster pada screenshot di bawah ini.

Arti Seems Like Yesterday Merriam Webster


Di situ bisa kita lihat penjelasan yang ada di dalam kotak merah yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya kurang lebih,
Biasanya diucapkan saat ada sesuatu yang mirip baru saja terjadi.
Jadi ini kalau saya simpulkan seperti kalau kita mengalami sesuatu yang sebenarnya sudah lama terjadi, tapi terasanya seperti baru saja kemarin.

     Baca juga: Arti Shut Me Down

Di sini kita bisa melihat contoh kalimat yang diberikan, yang ada di bagian bawah kotak merah tersebut yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya yaitu,
Sudah lebih dari satu tahun sejak kita bertemu, tapi rasanya seperti baru kemarin saja.
Jadi kurang lebih seperti itu, di mana kita merasa sesuatu yang sebenarnya sudah lama terjadi, tapi perasaan kita baru kemarin saja kita mengalaminya.

Seems Like Yesterday di Adegan Film

Mari kita tonton cuplikan dari adegan Sex and the City, di mana frasa kata seems like yesterday ini diucapkan. Yuk kita tonton cuplikannya di bawah ini.


Narasi yang terjadi di cuplikan film Sex and the City berikut dengan terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.
Sarah Jessica Parker: Hi, guys. I arrived on this island at exactly 3:30 PM, on Tuesday, June 11th, 1986. Cab! Cab, cab, cab! Taxi! Cab! It seems like only yesterday. Taxi! The very next year, I met Charlotte. (Hai, gaes. Saya tiba di pulau ini tepatnya pukul 3:30 sore, di hari Selasa, tanggal 11 Juni, 1986. Taksi! Taksi, taksi, taksi! Taksi! Ini seperti baru kemarin saja. Taksi! Di tahun depannya, saya bertemu Charlotte.)
Di situ perhatikan bahwa si Carrie Bradshaw atau Sarah Jessica Parker berkata,
I arrived on this island at exactly 3:30 PM, on Tuesday, June 11th, 1986. It seems like only yesterday.
Di sini dia menyatakan bahwa dia dia ada di pulau itu dari tahun 1986, tapi sepertinya baru kemarin saja saya ada di pulau ini. Maksud dia dengan ngomong "it seems like only yesterday" seperti itu.

Seems like yesterday dengan it seems like only yesterday artinya sama, cuma yang seems like yesterday hanya versi pendeknya aja. Kita kan biasanya suka kaya gitu menyingkat sesuatu kalau memang orang-orang sudah pada mengerti. Kaya malas gerak jadi mager misalnya, disingkat, nah kalau itu dipotong dari versi panjangnya "it seems like only yesterday" jadi "seems like yesterday."

Nah semoga sharing dari saya mengenai seems like yesterday ini bisa dipahami ya. Nanti kalau saya menemukan adegan yang lain di mana idiom it seems like only yesterday diucapkan, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini.

Kalau begitu sekian dulu and I'll talk to you soon. Bye-bye now.

Comments