Arti the Hell

Arti Field Trip

Halo teman-teman, apa kabar? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari field trip. Kebetulan saya menemukan ada video yang bagus dari youtube channelnya Learn English With Bob the Canadian, yang nanti video di mana dia menjelaskan apa itu [field trip] akan kita tonton bersama.

Arti Field Trip

Kalau kalian suka dengan sharing-sharing saya di blog ini, kalian bisa mentraktir saya kopi agar saya bisa lebih semangat lagi membuat artikel-artikel yang berguna.

Trakteer Saya

Kalau begitu yuk mari kita bahas arti dari [field trip] ini.

Arti Field Trip

Kita artikan satu per satu terlebih dahulu ya sebelum kita tonton penjelasan dari Bob the Canadian mengenai arti field trip. [Field] itu artinya [lapangan] sementara [trip] itu artinya [perjalanan] tapi dalam konteks kali ini kata [trip] lebih diartikan sebagai [kunjungan].

Jadi, kalau diartikan field trip itu adalah,
Kunjungan lapangan.
Atau kalau kita melihat ke terjemahan yang biasanya dilakukan adalah,
Karyawisata.
Kalau kita lihat ke Kamus Besar Bahasa Indonesia arti dari karyawisata adalah,
Kunjungan ke suatu objek dalam rangka memperluas pengetahuan dalam hubungan dengan pekerjaan seseorang atau sekelompok orang.
Nah, sekarang mari kita tonton video di bawah ini, di mana Bob the Canadian menjelaskan apa itu field trip.


Di situ Bob the Canadian mengatakan seperti ini,
A field trip is when a teacher takes students somewhere outside of the classroom. Normally, you would learn in a classroom, but sometimes the teacher will take students somewhere and that’s called a field trip.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, terjemahannya kurang lebih seperti berikut ini.
Field trip adalah saat seorang guru mengajak murid-muridnya pergi ke luar dari ruang kelas. Biasanya, kita akan belajar di dalam ruangan kelas, tapi kadang sang guru akan mengajak murid-muridnya ke suatu tempat dan hal seperti itu disebut dengan istilah field trip.
Ke suatu tempat ini maksudnya dalam rangka belajar ya tentunya, bukan untuk bersenang-senang. Kan si Bob the Canadian bilang, "Biasanya kita akan belajar di dalam ruangan kelas." Nah, kalau field trip itu belajarnya di luar ruangan kelas, misalnya mengunjungi suatu tempat dalam rangka untuk belajar.

Video lengkapnya dari Bob the Canadian saya embedkan di bawah ini ya.


Di video itu Bob the Canadian mengajarkan kosakata Bahasa Inggris yang ada di supermarket, dan di video itu dia mengajak kita ke supermarket dan dia menjelaskan di supermarket itu, bagian-bagian yang ada di dalam supermarket namanya apa saja di dalam Bahasa Inggris.

     Baca juga: Arti Worth It

Jadi, seperti yang bisa kita lihat, Bob the Canadian mengadakan field trip atau kunjungan lapangan ke supermarket untuk mengajarkan murid-muridnya kosakata Bahasa Inggris yang ada di supermarket.

Nah, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari field trip ini ya. Semoga bisa bermanfaat dan sampai ketemu lagi.

Comments