Arti Help Each Other

Arti Listen Up

Hello everyone, how's your day been? Ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari phrasal verb [listen up], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan frasa kata [listen up] ini.

Arti Listen Up

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu yuk mari kita langsung saja bahas arti dari phrasal verb [listen up] ini.

Arti Listen Up

Kalau ketemu sama phrasal verb kaya gini, kita ngga bisa mengartikan satu per satu lho, karena artinya aneh. Coba ya kita artikan satu per satu. [Listen] artinya [dengarkan] sementara [up] itu artinya [atas]. Jadi, kalau diterjemahkan secara kata per kata seperti itu, maka terjemahan listen up akan menjadi,
Dengarkan atas.
Maksudnya apa? Dengarkan ke atas? Dengarkan dari atas? Dengarkan yang di atas? Bingung kan? Makanya kita langsung aja kalau gitu melihat penjelasan dari kamus Merriam-Webster mengenai apa sih arti dari phrasal verb listen up pada screenshot di bawah ini.

Penjelasan Listen Up

Kata-kata yang ada di dalam kotak merah di atas adalah penjelasan dari listen up yang kalau saya terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia terjemahannya yaitu,
Untuk mendengarkan dan menyimak dengan baik apa yang dikatakan — biasanya digunakan sebagai sebuah perintah.
Di bawahnya diberikan contoh kalimat yang menggunakan phrasal verb listen up ini yaitu,
Everybody listen up! I have something to say. (Semuanya dengarkan baik-baik! Saya mau berbicara.)
Selanjutnya mari kita dengarkan pelafalan dari phrasal verb listen up ini sebelum kita akhirnya menonton cuplikan dari film di mana diucapkan phrasal verb listen up ini.

Pelafalan Listen Up

Mari kita dengarkan pelafalan listen up pada video di bawah ini.


Berikutnya, mari kita tonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan phrasal verb listen up ini.

Listen Up Di Adegan Film

Berikut ini adalah cuplikan dari film Suits, Season 3 Episode 8. Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Yang dikatakan oleh Louis di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Louis: Listen up, people! I've reviewed your work in my absence. And guess what? It's pathetic. Every stinking one of you should get down on your knees and thank God and me for letting you continue to exist in our kingdoms. (Dengarkan baik-baik, semuanya! Saya sudah melihat ulang semua pekerjaan kalian saat saya absen. Dan tahu ngga? Menyedihkan sekali. Setiap dari kalian seharusnya berlutut dan berterima kasih kepada Tuhan dan saya karena masih membolehkan kalian untuk tetap hidup di kerajaan kami.)

Louis di situ adalah seorang pengacara dan posisi dia di situ adalah sebagai bos, dan dia minta para bawahannya memperhatikan dia karena ada yang ingin dia sampaikan.

     Baca juga: Arti Bad Mouth

Di cuplikan itu terlihat jelas bahwa Louis minta perhatian dari semua orang, dia minta agar semua orang mendengar dengan baik apa yang akan dia katakan. Jadi, persis dengan apa yang dijelaskan oleh kamus Merriam-Webster di atas.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari listen up ini. Kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan phrasal verb listen up ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini. Bye now.

Comments