Arti Help Each Other

Arti Let's Move

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari frasa kata [let's move], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata-kata ini.

Arti Let's Move

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu mari langsung saja kita bahas.


Arti Let's Move

Saya terjemahkan satu per satu ya sebelum saya artikan kesemuanya ini. [Let's] itu singkatan dari [let us] yang artinya [ayo], tapi yang anehnya dari Bahasa Inggris, walau [let's] itu merupakan singkatan dari [let us] tapi dua kata itu mempunyai arti yang berbeda. [Let's] itu artinya adalah [ayo; mari] sementara [let us] artinya adalah [biarkan kami].

Untuk hal ini kalian bisa baca di artikelnya Grammar Girl ini, Let's Go Is Not the Same As Let Us Go.

Sementara, [move] itu artinya adalah [bergerak]. Jadi, [let's move] itu artinya adalah,

Ayo bergerak.

Jadi, [let's move] itu artinya adalah meminta orang untuk bergerak atau kalau di dalam Bahasa Indonesia itu kita biasanya mengatakan dengan kata-kata [ayo bergerak] atau [mari kita bergerak] sementara kalau [let us move] itu artinya adalah [biarkan kami bergerak].

Beda ya artinya? Ngeselin kan Bahasa Inggris? Padahal let's itu kan singkatan dari let us, tapi kenapa kalau dipisah begitu dengan kalau disambung artinya bisa beda? Silakan kalian tanyakan ke para native English speakers ya kenapa bisa begitu.

Berikutnya, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan kata-kata let's move ini.


Let's Move Di Adegan Film

Cuplikan adegan yang pertama ini saya ambil dari film Jumanji, Welcome to the Jungle (2017). Mari kita tonton cuplikan adegannya di bawah ini.


Kata-kata yang diucapkan di cuplikan adegan di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Ibu Guru: Alright, we're gonna practice catching and throwing. So, partner up and grab a football. Let's move! (Oke, kita akan latihan lempar tangkap. Jadi, coba kalian cari pasangan dan ambil bola. Ayo bergerak!)

Seperti yang kalian lihat pada cuplikan adegan di atas, si ibu guru olahraga mengatakan kalau hari ini mereka akan latihan lempar tangkap. Jadi, mereka diminta untuk cari pasangan buat latihan lempar tangkap itu dan kemudian dia ngomong,

Let's move!
Di situ bisa kita lihat si ibu guru olahraganya meminta agar anak-anak asuhannya untuk mulai bergerak mencari pasangan dan agar bisa segera dimulai latihan lempar tangkap bolanya itu.

     Baca juga: Arti Let's Go

Kalau begitu saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari let's move ini. Kalau nanti saya menemukan lagi adegan yang lain di mana diucapkan kata-kata let's move ini, Insya Allah akan saya update lagi artikel ini.

Sampai ketemu lagi, and I'll talk to you soon. Bye now.

Comments