Arti Help Each Other

Arti In Your Sleep

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini saya akan membahas arti dari frasa kata [in your sleep] dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan video di mana diucapkan frasa kata [in your sleep] ini.

Arti In Your Sleep

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.

Kalau begitu yuk langsung saja kita bahas arti dari [in your sleep] ini.


Arti In Your Sleep

Kita artikan satu per satu ya arti dari [in your sleep] ini. [In] itu artinya [di dalam] dan [your sleep] itu artinya adalah [tidurmu]. Jadi, kalau diartikan secara kata per kata, arti dari [in your sleep] itu adalah,

Di dalam tidurmu.

Tapi arti sebenarnya dari [in your sleep] bukanlah terjemahan yang di atas ini, bukanlah [di dalam tidurmu]. Tapi bisa saja diterjemahkan sebagai terjemahan di atas, semuanya tergantung konteksnya.

Biasanya frasa kata [in your sleep] ini ada di belakang misalnya kaya [do something in your sleep]. [To do something in your sleep] mempunyai arti bahwa sesuatu yang dikerjakan itu begitu gampangnya sehingga kita seolah-olah kita bisa melakukannya sambil tidur.

Kalau di Bahasa Indonesia kita punya istilah [sambil merem]. Contohnya, "Ah, itu mah gampang! Ngelakuin kaya gitu mah gue sambil merem juga bisa." Maksud [sambil merem] di sini adalah hal tersebut begitu mudahnya sehingga seolah-olah sambil merem aja bisa melakukannya.

Nanti kita akan melihat contoh-contoh penggunaan frasa kata [in your sleep] yang artinya sesuatu yang begitu gampangnya untuk dikerjakan.


Contoh-contoh In Your Sleep

Cuplikan video yang pertama, saya ambil dari youtube videonya Matt vs Japan, di mana di video ini dia membahas mengenai gimana kita bisa belajar Bahasa Jepang melalui anime. Mari kita tonton cuplikan videonya di bawah ini.


Yang dia katakan di cuplikan video di atas beserta terjemahan Bahasa Indonesianya adalah sebagai berikut.

Matt: So, if you really do want to take it far, anime will be able to take you there. And by the time you're able to watch those shows I just mentioned. Trust me! You'll be able to do the JLPT N1 in your sleep. (Jadi, kalau kalian benar-benar ingin sampai level yang tinggi, anime bisa membawa kalian sampai ke sana. Dan pada saat kalian sanggup menonton film-film yang baru saja saya sebutkan. Percaya deh! Kalian akan bisa mengerjakan soal-soal JLPT untuk level N1 sambil merem.)

Jadi, dia berkata bahwa bisa banget belajar Bahasa Jepang melalui nonton banyak anime, dan dia merupakan salah satu contohnya orang yang berhasil melakukannya.

Perhatikan kalimat yang dia ucapkan di atas,
You'll be able to do the JLPT N1 in your sleep. (Kalian akan bisa mengerjakan soal-soal JLPT untuk level N1 sambil merem.)
[In your sleep] di kalimat di atas, saya terjemahkan sebagai [sambil merem] karena biasanya orang Indonesia ngomongnya, yang artinya bahwa tes JLPT itu bisa kita lakukan dengan sangat mudah kalau saja kita sudah berhasil nonton film-film yang si Matt sebutkan itu.

JLPT itu singkatan dari Japanese Language Proficiency Test, yaitu tes Bahasa Jepang, dan level N1 merupakan level yang paling tinggi. Ibaratnya kalau bisa lulus level N1 di tes JLPT itu, dianggap diri kita udah setara dengan orang Jepang.

     Baca juga: Arti Is This a Thing?

Nah, kalau begitu, saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai arti dari [in your sleep], dan nanti kalau saya menemukan lagi contoh-contoh yang lain, Insya Allah, artikel ini akan saya update lagi.

Sampai ketemu lagi, and I'll see you soon. Bye now.

Comments