Skip to main content

Arti Shut Up

Shut up itu artinya,
Meminta orang untuk diam, tapi juga mempunyai arti yang lain yaitu menunjukkan keterkejutan.
Shut up itu kalau kita ketikkan di Google Translate hasil terjemahannya adalah seperti yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Nah di situ tertulis arti shut up adalah,
Diam. Jadi ini merupakan perintah kepada seseorang untuk diam. Tapi tahu ngga kalau shut up juga mempunyai arti yang lain?

Di bawah ini saya sertakan beberapa adegan dari film sehingga teman-teman bisa melihat langsung situasi dan konteksnya dan saya juga akan menjelaskan percakapan yang terjadi di adegan-adegan film tersebut agar teman-teman bisa lebih mudah memahaminya.

Arti Shut Up Menurut Dictionary.com Di situ diberikan penjelasan mengenai arti shut up dan juga ada video kalau teman-teman lihat di website Dictionary ini, sebuah video yang menjelaskan arti dari frasa kata shut up.

Di situ tertulis penjelasan dari frasa kata shut up yaitu,
Shut up is a rude way to tell someone to stop talking. It can…

Cara Menjawab Pertanyaan di Dalam Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Lancar

Hello, howzit? Kali ini saya mau sharing mengenai cara untuk kita bisa menjawab pertanyaan di dalam bahasa Inggris dengan cepat dan lancar. Ini maksudnya adalah kalau kita bercakap-cakap di dalam bahasa Inggris kan ada timbal baliknya ya.

Begitu kita yang ditanya oleh orang bule nih misalnya, gimana kita bisa menjawab pertanyaan mereka itu dengan cepat di dalam bahasa Inggris? Gimana kita bisa merespons dengan cepat? Atau kita harus diam dulu mikir terus keluar kata-kata kaya hmmm... eee... hmmm.. eee.. yang menandakan bahwa kita lagi berpikir keras?

Nah kebetulan saya menemukan video yang bagus dari Julian Doing English yang menjelaskan mengenai hal ini. Kebetulan ini saya sudah mengirimkan terjemahan dari saya ke dia, tinggal tunggu dia approve saja terjemahannya.

Ini screenshot dari saya upload file .srt dari video yang akan saya embedkan di bawah ini.

Cara Menjawab Pertanyaan di Dalam Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Lancar

Nah videonya saya embedkan di bawah sini ya.


Tinggal dipilih CC yang bahasa Indonesia saja. Kalau memang sudah diapprove terjemahan saya maka dia akan nongol lagi pilihan "Indonesian" di bagian CC-nya.

Berikut ini rangkuman dari apa yang disharingkan oleh beliau ya. Saya berusaha untuk menceritakannya kembali kepada kalian.

Cara Merespons Dengan Cepat Dalam Bahasa Inggris

Nah kalau kita ingin bercakap-cakap dengan orang bule kan biasanya terjadi dua arah ya? Kadang si orang bulenya yang ngomong terus kita yang ngomong. Nah ketika si orang bulenya ngomong dan bertanya kepada kita, gimana sih caranya agar kita ngga pake hmmm... eee... hmmm.. eee.. yang menandakan bahwa kita itu lagi berpikir dengan keras?

Caranya kalau menurut Julian adalah dengan latihan. Iya! Hanya dengan latihan saja yang banyak! Karena menurut Julian "repetition is the key". Dan untuk hal ini saya sangat setuju sekali dengan apa yang disampaikan oleh Julian.

Di situ Julian juga menjelaskan bahwa memang kita harus latihan dan pandangan bahwa orang bule pasti akan selalu lancar saja juga belum tentu. Kalau yang ditanyakan merupakan sesuatu hal yang jarang dibicarakan oleh orang tersebut.

Menguasai Topiknya

Di video tersebut Julian memberi tahu bahwa dia juga pastinya ngga akan bisa lancar kalau ditanya walau di dalam bahasa Inggris misalnya mengenai topik yang dia kurang ketahui misalnya topik di dunia kedokteran yang dia mungkin ngga terlalu tahu.

Dia pasti akan gagap dalam menjawabnya karena dia ngga tahu topik tersebut. Paling dia akan lancar ketika menjawab, "Yeah, I don't really know about that topic". Selebihnya dia pasti akan bingung mau ngomong apa karena dia tidak mempunyai pengetahuan yang banyak di bidang tersebut.

Jadi menurut Julian merupakan satu hal yang wajar kok. Saya setuju sih dalam hal ini dengan Julian. Kalau ngga percaya cobain aja. Misalnya gini, kalau kita di kampus atau di kelas lagi presentasi nih. Disuruh presentasi mengenai suatu topik, coba aja kita tidak mempersiapkan dengan baik yang akan kita presentasikan pasti ketika kita menjelaskan juga akan sangat singkat sekali dan penuh dengan kegagapan.

     Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Kita

Apalagi ketika ada yang bertanya. Kita biasanya akan bingung gimana cara menjawabnya. Benar kan? Jadi intinya adalah kita pertama mesti menguasai topiknya terlebih dahulu dan kemudian banyakin latihan aja.

Seperti contohnya presentasi itu tadi. Kita tentunya sudah mempersiapkan bahan-bahannya dong. Informasi yang akan kita sampaikan itu apa saja dan kemudian karena biasanya ada sesi tanya jawab kita sudah mencoba untuk menebak apa yang nantinya akan ditanyakan oleh teman-teman di kelas kita.

Jadi ketika kita ditanya dan kebetulan pertanyaan yang ditanyakan itu sama dengan apa yang sudah kita siapkan maka kita akan bisa menjawabnya dengan cepat dan lancar tentunya kan? Coba kalau kita tidak menguasai dan tidak mempersiapkan kemungkinan pertanyaan yang mungkin ditanyakan, kita pastinya akan gelagapan ketika kita ditanya dan tentunya agak tidak lancar ketika menjawabnya.

Jadi balik lagi ke bahasa Inggris, banyakin latihan saja. Mengenai topiknya tentunya juga, banyakin latihan percakapan. Kalau tidak mempunyai teman untuk bercakap-cakap, coba kalian bisa buat percakapan sendiri.

Bayangkan ada 2 orang yang sedang bercakap-cakap, si A dan si B. Lalu kalian bayangkan saja si A bertanya apa ke si B, lalu gimana si B menjawabnya. Tuliskan di dalam bahasa Inggris tentunya dan dengan begitu itu akan menjadi satu cara untuk kalian latihan berbahasa Inggris dalam hal percakapan kalau memang teman-teman tidak mempunyai teman untuk berlatih.

Perbanyak Kosakata Kita

Nah dalam hal ini kita juga tentunya harus banyak nih kosakata kita sehingga ketika kita membuat percakapan tersebut kita tidak akan kehabisan kosakata. Di artikel saya yang sebelumnya, ada satu video yang bagus dari Stefanie the English Coach yang mana sudah saya terjemahkan videonya karena saya anggap apa yang dia sampaikan merupakan suatu hal yang bagus.

     Baca juga: Cara Terbaik Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris

Silakan saja dibaca di situ gimana cara terbaik di dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris kita. Perbanyak membaca buku dalam bahasa Inggris tentunya merupakan salah satunya. Lalu kalian juga bisa mempelajari dari BBC English. Ada satu yang menurut saya bagus yaitu The English We Speak.

Kenapa bagus? Karena di situ ada percakapannya. Percakapan antara dua orang dan juga terdapat transkrip apa yang dibicarakan di situ sehingga kita bisa mengikuti apa yang mereka bicarakan di percakapan tersebut dengan membaca transkripnya.

Lalu ada juga audionya sehingga kita juga bisa mendengar bagaimana kalimat-kalimat yang ada di situ diucapkan. Sehingga ini kalau teman-teman ingin melatih pronunciation bahasa Inggris juga bisa teman-teman lakukan.

     Tonton juga: Cara Melatih Pronunciation American Accent

Jadi kita bisa mendapatkan 2 hal sekaligus. Bisa dapat kosakata di situ juga kita bisa belajar aksen. Karena ini dari BBC dimana BBC itu adanya di England jadi aksen bahasa Inggrisnya adalah aksen British ya.

Oh iya sebenarnya di BBC tadi itu ngga cuma ada The English We Speak saja lho, tapi ada juga yang lain dan itu semua gratis. Teman-teman bisa download aplikasinya di hape sehingga teman-teman bisa belajar dimana-mana.

Ini saya screenshotkan ya.

BBC Learning English

Setelah ini teman-teman tinggal mengikuti yang Julian sarankan saja yaitu latihan yang banyak karena sekali lagi kalau menurut Julian "repetition is the key" atau "pengulangan adalah intinya". Jadi kalau kita sering mengulang dan sering mengulang dan sering mengulang dan rajin itu kita lakukan terus menerus, lama kelamaan kita akan bisa cepat di dalam merespons pertanyaan di dalam bahasa Inggris. Tentunya untuk topik yang kita kuasai dan kita tahu ya, kalau topiknya tidak kita ketahui ya akan sama saja kita dengan para native speakers yang akan mengalami juga kebingungan dan gagap di dalam menjawab kalau topiknya kita tidak tahu banyak.

Saya rasa sekian dulu sharing dari saya ya. I'll see you again very soon. Bubye for now.

Comments