Skip to main content

Pengertian What the Hell

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Teacher Iman. Kali ini saya mau membahas mengenai arti dari [what the hell] yang berdiri sendiri.  Kalau di artikel yang sebelumnya, saya juga sudah pernah membahas arti dari [what the hell] ini tapi artikel yang dulu itu lebih ke [the hell] yang ditambahkan ke dalam sebuah kalimat. Kalian bisa melihat juga contoh adegan dari film yang saya sertakan di artikel tersebut.      Baca juga: Arti What the Hell Nah, di artikel ini saya akan mengumpulkan adegan-adegan dari film di mana yang diucapkan hanya kalimat [what the hell] tanpa tambahan kata-kata lain.  Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan berdonasi agar saya bisa terus berkarya dan terus menulis.  Kalau kalian mau support dengan mentraktir saya cendol, silakan klik pada gambar di bawah ini. Atau kalian juga bisa subscribe di youtube channel saya dengan mengklik  DI SINI  ya.  Kalau begitu yuk mari kita bahas. Arti Dari What the Hel

Arti Heads-Up

Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti dari idiom [heads-up], dan seperti biasa, kita akan menonton cuplikan adegan dari film di mana diucapkan idiom [heads-up] ini.


Arti Heads-Up

Kalau kalian suka dengan artikel-artikel yang saya tulis di blog ini, kalian bisa support saya dengan subscribe di youtube channel saya dengan mengklik DI SINI ya. 

     Baca juga: Arti Drop By

Kalau begitu mari kita bahas arti dari frasa kata [heads-up] ini.

Arti Harfiah Heads-Up

Kalau kita artikan secara kata per kata, kita bisa jadi bingung lho. [Head] itu kan artinya [kepala], lalu [up] itu artinya [atas]. Kalau kita mengartikannya secara kata per kata, kita mungkin akan mengira artinya adalah,
Kepala atas.
Tapi sebenarnya artinya bukan itu. Jadi, pelajaran yang bisa diambil dari sini adalah kalau kalian mencoba menerjemahkan sebuah frasa kata dan kemudian hasil terjemahannya aneh, kalian bisa langsung curiga bahwa itu adalah sebuah idiom, karena memang biasanya idiom itu aneh kalau diterjemahkan secara kata per kata seperti ini.

Sekarang mari kita lihat arti idiom heads-up ini yuk menurut kamus.

Arti Kamus Heads-Up

Kalau kita melihat ke kamus Cambridge di situ terlihat penjelasan dari idiom heads-up adalah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Arti Heads-Up

Kalau kita lihat di atas artinya ada 2.

Arti yang pertama yaitu,
Peringatan akan sesuatu yang akan terjadi, biasanya diberitahukan agar kita bisa mempersiapkan diri.
Di situ contoh kalimatnya yaitu,
This note is just to give you a heads-up that Vicky will be arriving next week.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Catatan ini hanya untuk memberitahukan Anda bahwa Vicky akan datang minggu depan.

Arti yang kedua yaitu,
Percakapan singkatan atau pernyataan mengenai perkembangan dari sebuah situasi atau rencana.
Di situ diberikan contoh kalimatnya yaitu,
The boss called a meeting to give us a heads-up on the way the project was going.
Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Sang boss mengadakan rapat untuk memberitahukan perkembangan dari proyek yang sedang berjalan.
Berikutnya, kita akan mendengarkan pelafalan dari idiom heads up ini.

Pelafalan Heads Up

Mari kita dengarkan pelafalan dari idiom heads-up pada video di bawah ini.


Berikutnya, mari kita lihat contoh-contoh di adegan-adegan film di mana frasa kata [heads-up] ini diucapkan.

Contoh-contoh Heads-Up 

Bagian ini saya pindahkan ke artikel yang saya buat di Karya Karsa. Jadi, kalian menonton cuplikan-cuplikan adegan di mana diucapkan frasa kata [heads-up]-nya ini di artikel saya yang di Karya Karsa ya.
untuk menuju ke artikel saya di Karya Karsa untuk kalian menonton semua cuplikan adegan dari film yang saya ambil yang ada frasa kata [heads-up]nya.

Contoh yang pertama dari film Nikita. Sedikit mengenai situasinya, terjadi percakapan antara Michael dan Alex. Alex itu yang cewe, dia sedang dalam karantina dan dalam pelatihan namun di pelatihan tersebut ternyata dia berkelahi dengan peserta yang lainnya yaitu Jaden. Nah si Michael ini memberikan pemberitahuan kepada Alex. Silakan KLIK DI SINI untuk menonton cuplikan adegannya.

Contoh yang kedua, dari film MacGyver 2016. Di cuplikan adegan ini si Jack memberitahu MacGyver dan kemudian mengucapkan frasa kata [heads-up] di situ. Silakan KLIK DI SINI untuk menonton cuplikan adegannya.

Contoh yang ketiga, dari film New Girl. Di cuplikan adegan ini Cecilia ke acara pesta bersama dengan pacarnya dan di situ dia ketemu dengan mantannya, si Schmidt dan kemudian si Schmidt mengucapkan frasa kata [heads-up] di situ. Silakan KLIK DI SINI untuk menonton cuplikan adegannya.

Nah seperti itu kurang lebih, semoga dengan adanya adegan film seperti ini bisa lebih mudah untuk kita memahami arti dari idiom-idiom yang ada di dalam bahasa Inggris ya. Nanti kalau ada adegan di film lagi yang menggunakan idiom heads-up ini, Insya Allah artikelnya akan saya update lagi.

Kalau begitu sampai ketemu lagi dan sampai jumpa.


Referensi:
1. "HEADS-UP | meaning in the Cambridge English Dictionary". dictionary.cambridge.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-14.
2. "What Does Heads Up Mean?". Writing Explained (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-14.

Comments

Post a Comment