Skip to main content

Arti Shut Up

Shut up itu artinya,
Meminta orang untuk diam, tapi juga mempunyai arti yang lain yaitu menunjukkan keterkejutan.
Shut up itu kalau kita ketikkan di Google Translate hasil terjemahannya adalah seperti yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Nah di situ tertulis arti shut up adalah,
Diam. Jadi ini merupakan perintah kepada seseorang untuk diam. Tapi tahu ngga kalau shut up juga mempunyai arti yang lain?

Di bawah ini saya sertakan beberapa adegan dari film sehingga teman-teman bisa melihat langsung situasi dan konteksnya dan saya juga akan menjelaskan percakapan yang terjadi di adegan-adegan film tersebut agar teman-teman bisa lebih mudah memahaminya.

Arti Shut Up Menurut Dictionary.com Di situ diberikan penjelasan mengenai arti shut up dan juga ada video kalau teman-teman lihat di website Dictionary ini, sebuah video yang menjelaskan arti dari frasa kata shut up.

Di situ tertulis penjelasan dari frasa kata shut up yaitu,
Shut up is a rude way to tell someone to stop talking. It can…

Arti Doormat

Doormat bisa mengandung 2 arti, yaitu arti aslinya arti kiasannya. Arti kiasannya adalah,
Orang yang menerima saja diperlakukan tidak baik.
                                                                 ---

Kali ini kita akan membahas arti doormat karena kebetulan saya menemukan kata ini diucapkan di sebuah komik dan juga novel yang tadi baru saja saya baca. Ini saya screenshotkan di bawah ini ya.

Doormat Di Komik

Doormat yang di sini diartikan sebagai arti kiasannya, karena kalau arti sebenarnya akan jadi aneh. Nanti kita akan bahas arti asli dan arti kiasannya ya berikut ini.

Arti Asli Doormat

Doormat itu arti aslinya bisa kita baca pada screenshot di bawah ini. Ini penjelasan yang saya ambil dari kamus Cambridge online.

Arti Asli Doormat

Di situ artinya kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu,
Material yang tebal yang diletakkan di lantai di depan pintu, digunakan untuk membersihkan sepatu kita saat kita hendak memasuki suatu gedung.
Gampangnya doormat itu adalah keset. Nah jadi arti asli dari doormat adalah keset. Sementara kata doormat yang digunakan pada komik di atas kita tidak bisa mengartikan sebagai keset, tapi mempunyai makna orang yang dijadikan sebagai keset.

     Baca juga: Arti Fess Up

Kita lihat penjelasan dari kamus Cambridge lagi yuk.

Arti Kiasan Doormat

Nah sekarang kita lihat juga pada screenshot di bawah ini yang saya ambil dari kamus Cambridge online.

Arti Kiasan Doormat

Kalau saya terjemahkan penjelasan di situ artinya yaitu,
Seseorang yang menerima saja diperlakukan buruk dan tidak mengeluh.
Kita juga suka kok menggunakan kata "keset" dalam arti kiasannya, misalnya pada kalimat,
Loe mau aja jadi kesetnya dia!
Jadi kurang lebih arti keset di sini adalah seperti itu, diperlakukan semena-mena sama orang lain dan orang tersebut menerima-menerima saja.

     Baca juga: Arti Hardly

Oh iya kebetulan tadi saya menemukan sebuah artikel yang bagus yang membahas mengenai doormat ini. Saya berikan linknya di bagian referensi ya.

Di situ diberikan penjelasan mengenai doormat, saya screenshotkan lagi di bawah ini dan kemudian nanti saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ya.

Arti Doormat
Kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Doormat adalah seorang wanita yang sangat berusaha untuk menyenangkan pasangannya; seorang wanita yang akan melakukan apa saja asalkan pasangannya bahagia, tidak peduli seberapa buruk pasangan tersebut memperlakukan dirinya.
Artikel itu membahas mengenai kondisi cewe yang menjadi "doormat" atau menjadi "keset" buat cowonya. Cewe itu walau sudah diperlakukan buruk sama cowonya tapi tetap saja masih sayang banget sama cowonya dan terus mau melakukan apa saja buat cowonya agar si cowo tersebut tetap sama dia.

Kurang lebih seperti itu pembahasan mengenai artikel itu. Silakan aja dibaca artikelnya di sana ya, linknya saya berikan di bagian bawah dari artikel ini, kalau di sini pembahasan kita kan tidak sedalam seperti itu tho.

Kita hanya membahas arti dari doormat itu sendiri. Sekarang mari kita bahas percakapan yang terjadi di screenshot komik Betty dan Veronica di atas yuk.

Doormat Di Komik Betty and Veronica

Di situ percakapan yang terjadi adalah seperti berikut ini. Sudah sekalian saya berikan terjemahan bahasa Indonesianya ya agar kalian bisa mudah memahaminya.
Ronnie: You've never been intimidated by me. I like that. (Kamu itu ngga pernah merasa terintimidasi sama aku. Aku suka itu.) 
Betty: And you don't think I'm a doormat. I like that. (Kamu juga ngga pernah memperlakukan aku sebagai kesetmu. Aku suka itu.) 
Ronnie: Face it, girl. We need each other. (Faktanya, girl. Kita itu saling butuh.)

Nah kurang lebih seperti itu artinya. Semoga sharing dari saya kali ini mengenai arti doormat ini bisa bermanfaat ya. Kalau begitu I'll see you again very soon. Bubye now.

Referensi:
1. "DOORMAT | meaning in the Cambridge English Dictionary". dictionary.cambridge.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-24.
2. "10 BIG Signs You're Being Treated Like A Doormat (And Deserve Way Better!)". YourTango(dalam bahasa Inggris). 2017-10-13. Diakses tanggal 2019-07-24.

Comments