Arti Help Each Other

Arti Doormat

Halo, ketemu lagi dengan saya, Iman Prabawa. Kali ini kita akan membahas arti doormat karena kebetulan saya menemukan kata ini diucapkan di sebuah komik dan juga novel yang tadi baru saja saya baca. Ini saya screenshotkan di bawah ini ya.

Doormat Di Komik

Doormat yang di sini diartikan sebagai arti kiasannya, karena kalau arti sebenarnya akan jadi aneh. Nanti kita akan bahas arti asli dan arti kiasannya ya berikut ini.

Buat kalian yang bahasa Inggrisnya masih pemula sekali dan kalian bingung harus belajar dari mana, saya membuat pelajaran bahasa Inggris dari dasar sekali dan bertahap. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk menuju ke Pelajaran Bahasa Inggris Pemula dari saya.


Langsung aja yuk kita bahas arti dari [doormat] ini.

Arti Asli Doormat

Doormat itu arti aslinya bisa kita baca pada screenshot di bawah ini. Ini penjelasan yang saya ambil dari kamus Cambridge online.

Arti Asli Doormat

Di situ artinya kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu,
Material yang tebal yang diletakkan di lantai di depan pintu, digunakan untuk membersihkan sepatu kita saat kita hendak memasuki suatu gedung.
Gampangnya doormat itu adalah keset. Nah jadi arti asli dari doormat adalah keset. Sementara kata doormat yang digunakan pada komik di atas kita tidak bisa mengartikan sebagai keset, tapi mempunyai makna orang yang dijadikan sebagai keset.

     Baca juga: Arti Fess Up

Kita lihat penjelasan dari kamus Cambridge lagi yuk.

Arti Kiasan Doormat

Nah sekarang kita lihat juga pada screenshot di bawah ini yang saya ambil dari kamus Cambridge online.

Arti Kiasan Doormat

Kalau saya terjemahkan penjelasan di situ artinya yaitu,
Seseorang yang menerima saja diperlakukan buruk dan tidak mengeluh.
Kita juga suka kok menggunakan kata "keset" dalam arti kiasannya, misalnya pada kalimat,
Loe mau aja jadi kesetnya dia!
Jadi kurang lebih arti keset di sini adalah seperti itu, diperlakukan semena-mena sama orang lain dan orang tersebut menerima-menerima saja.

     Baca juga: Arti Hardly

Oh iya kebetulan tadi saya menemukan sebuah artikel yang bagus yang membahas mengenai doormat ini. Saya berikan linknya di bagian referensi ya.

Di situ diberikan penjelasan mengenai doormat, saya screenshotkan lagi di bawah ini dan kemudian nanti saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ya.

Arti Doormat
Kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,
Doormat adalah seorang wanita yang sangat berusaha untuk menyenangkan pasangannya; seorang wanita yang akan melakukan apa saja asalkan pasangannya bahagia, tidak peduli seberapa buruk pasangan tersebut memperlakukan dirinya.
Artikel itu membahas mengenai kondisi cewe yang menjadi "doormat" atau menjadi "keset" buat cowonya. Cewe itu walau sudah diperlakukan buruk sama cowonya tapi tetap saja masih sayang banget sama cowonya dan terus mau melakukan apa saja buat cowonya agar si cowo tersebut tetap sama dia.

Kurang lebih seperti itu pembahasan mengenai artikel itu. Silakan aja dibaca artikelnya di sana ya, linknya saya berikan di bagian bawah dari artikel ini, kalau di sini pembahasan kita kan tidak sedalam seperti itu tho.

Kita hanya membahas arti dari doormat itu sendiri. Sekarang mari kita bahas percakapan yang terjadi di screenshot komik Betty dan Veronica di atas yuk.

Doormat Di Komik Betty and Veronica

Di situ percakapan yang terjadi adalah seperti berikut ini. Sudah sekalian saya berikan terjemahan bahasa Indonesianya ya agar kalian bisa mudah memahaminya.
Ronnie: You've never been intimidated by me. I like that. (Kamu itu ngga pernah merasa terintimidasi sama aku. Aku suka itu.) 
Betty: And you don't think I'm a doormat. I like that. (Kamu juga ngga pernah memperlakukan aku sebagai kesetmu. Aku suka itu.) 
Ronnie: Face it, girl. We need each other. (Faktanya, girl. Kita itu saling butuh.)
Nah kurang lebih seperti itu artinya. Semoga sharing dari saya kali ini mengenai arti doormat ini bisa bermanfaat ya. Kalau begitu I'll see you again very soon. Bubye now.

Referensi:
1. "DOORMAT | meaning in the Cambridge English Dictionary". dictionary.cambridge.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-24.
2. "10 BIG Signs You're Being Treated Like A Doormat (And Deserve Way Better!)". YourTango(dalam bahasa Inggris). 2017-10-13. Diakses tanggal 2019-07-24.

Comments

  1. Terimakasih pak guru Iman yang sudah memberikan sebuah pencerahan. Kini saya tercerahkan, sekali lagi, terimakasih banyak!

    ReplyDelete

Post a Comment