Skip to main content

Arti Shut Up

Shut up itu artinya,
Meminta orang untuk diam, tapi juga mempunyai arti yang lain yaitu menunjukkan keterkejutan.
Shut up itu kalau kita ketikkan di Google Translate hasil terjemahannya adalah seperti yang bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Nah di situ tertulis arti shut up adalah,
Diam. Jadi ini merupakan perintah kepada seseorang untuk diam. Tapi tahu ngga kalau shut up juga mempunyai arti yang lain?

Di bawah ini saya sertakan beberapa adegan dari film sehingga teman-teman bisa melihat langsung situasi dan konteksnya dan saya juga akan menjelaskan percakapan yang terjadi di adegan-adegan film tersebut agar teman-teman bisa lebih mudah memahaminya.

Arti Shut Up Menurut Dictionary.com Di situ diberikan penjelasan mengenai arti shut up dan juga ada video kalau teman-teman lihat di website Dictionary ini, sebuah video yang menjelaskan arti dari frasa kata shut up.

Di situ tertulis penjelasan dari frasa kata shut up yaitu,
Shut up is a rude way to tell someone to stop talking. It can…

Arti How Have You Been

How have you been itu artinya sama dengan kalau kita berkata "how are you" yaitu,
Apa kabar?
                                                                        ---

Kali ini kita akan membahas mengenai how have you been dan bedanya apa sih sama how are you itu. Kebetulan ada artikel dari Go Natural English yang menjelaskan mengenai hal ini dan saya sedikit menerjemahkan dari artikel tersebut ya.

Kalau teman-teman ingin tahu artikelnya, silakan dibaca di bagian referensi yang ada di bagian bawah dari artikel ini.

Dan saya juga menemukan kalimat ini diucapkan di sebuah komik yaitu Veronica dan Betty. Kita bisa lihat screenshotnya di bawah ini.

Arti How Have You Been

Kita bahas terlebih dahulu sebelum nanti kita lihat ke komik ini dan bahasa Inggris yang ada di percakapan di komik tersebut nanti akan saya terjemahkan juga sehingga teman-teman akan bisa mengerti dan paham juga apa yang terjadi di komik tersebut.

Kalimat How Have You Been

How have you been merupakan kalimat yang banyak diucapkan oleh para native English speaker. Kalimat "how have you been" ini digunakan sama persis dengan kalimat "how are you?" namun ada sedikit perbedaan. How have you been itu kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah,
Apa kabar?
Cuma nanti akan ada perbedaan di dalam kita menjawab kalimat "How have you been?" ini. Kalau di situasi orang Indonesia kita akan biasanya mengucapkan kalimat di awalnya seperti misalnya,
Eh, baru ketemu lagi kita di sini. Loe apa kabar selama ini?
Atau bisa juga kaya gini,
Gue baru ngelihat loe lagi. Loe apa kabar?
Kira-kira ada bedanya ngga "apa kabar" yang di konteks ini dengan kalau kita baru ketemu dengan seseorang yang baru lalu kita mengucapkan, "Apa kabar?".

Beda kan ya? Yang pertama itu kita sudah kenal dengan orangnya, tapi kita baru ketemu lagi sekarang. Sementara kalau yang hanya "Apa kabar?" saja itu kita memang bisa jadi baru ketemu dengan orang tersebut hari itu.

Kapan Menggunakan Kalimat How Have You Been?

Perbedaannya dengan kalimat "how are you?" adalah di kapan kita menggunakannya.

Pertama, kalimat "how have you been" ini hanya kita ucapkan bila kita sudah pernah bertemu dengan orang tersebut sebelumnya. Jadi kalau kita belum pernah bertemu dengan orang itu sebelumnya dan ini merupakan pertama kalinya kita bertemu dengan orang tersebut, maka kita tidak bisa mengucapkan kalimat "how have you been" dan lebih tepat jika kita menggunakan kalimat "how are you?"

Kedua, hanya ucapkan kalimat ini jika kalian tidak saling bertemu selama kurun waktu tertentu (misalnya satu minggu atau lebih lama.)

Nah setelah kita membaca mengenai apa sih "how have you been" itu mari sekarang kita lihat ke percakapan yang terjadi di komik tersebut.
Archie: Hey Betts, I feel like I didn't see you at all this summer. How have you been? (Eh Betty, kayanya aku ngga pernah ngelihat kamu deh selama musim panas ini. Apa kabar kamu?) 
Betty: I've been pretty great, actually. See you in homeroom? (Aku baik kok. Sampai ketemu di kelas ya.) 
Archie: You got it. (Siap.)

Nah seperti yang kalian lihat di percakapan tersebut, si Archie ngomong dulu tuh sebelum dia ngucapin "how have you been", tapi ini ngga selalu harus seperti itu juga sih. Percakapan yang ada di komik ini benar-benar memperlihatkan kalau mereka itu sudah saling kenal dan sudah pernah bertemu sebelumnya dan kemudian terucaplah kalimat "how have you been" dari mulutnya si Archie.

Oh iya kalau kalian mau membaca terlebih dahulu situasi sebelum yang di komik ini, kalian bisa membaca artikel saya yang berjudul Bahasa Inggrisnya lagi ngapain.

     Baca juga: Bahasa Inggrisnya Lagi Ngapain?

Karena di artikel itu ada cuplikan adegan sebelum si Archie ngomong seperti itu. Si Betty melihat si Archie lagi ngebagi-bagiin brosur dan kemudian dia bertanya ke si Archie kalau dia lagi ngapain, baru kemudian sambungannya ke bagian komik yang ini.

Nah sekarang kita akan belajar gimana menjawab pertanyaan "how have you been?". Di bagian jawaban ini, kalian akan melihat bahwa jawabannya berbeda dengan jawaban pertanyaan "how are you?"

Jawaban Dari Pertanyaan How Have You Been

Kalau kita lihat dari tenses yang digunakan di how have you been, itu tensesnya adalah perfect tenses sementara kalau di "how are you" tensesnya adalah present tense.

Jadi kalau ada yang nanya how have you been? Kita ngga jawabnya, "I am good" tapi kita perlu samain tensesnya di perfect tenses sehingga kita perlu menjawabnya, "I have been good" kalau kita mau menjawabnya dengan jawaban seperti itu ya.

Tapi ada beberapa kemungkinan jawaban yang bisa kita ucapkan untuk menjawab kalimat pertanyaan "how have you been?" tersebut.

Jawaban dari pertanyaan "how have you been?" ini antara lain,
  1. I've been doing great! (Kalau kita merasa yang kemarin itu hari-hari kita luar biasa.)
  2. I have been well, thanks. (Ini juga sama dengan jawaban yang di atas, kalau kita merasa hari-hari kita selama ini baik.)
  3. I have been good, thanks. (Juga sama, kalau kita merasa hari-hari kita cukup baik.)
  4. I've been a bit sick. (Saya kemarin ini sakit.)
  5. I haven't been that good lately. (Kalau kita merasa hari-hari kita kemarin sebelum ketemu orang yang nanya kita itu buruk.)
  6. It's been tough. (Cukup sulit. Ini kalau hari-hari kita cukup merepotkan dan cukup sulit buat kita.)
  7. I've been terrible. (Ini juga kalau kita merasa hari-hari kita buruk.)
Atau kalau kita mau jawab dengan jawaban yang singkat, kita bisa menjawab seperti berikut ini.
  1. Good! (Baik.)
  2. Great! (Luar biasa.)
  3. Not bad! (Ngga buruk.)
  4. Never been better! (Tidak pernah lebih baik.)
  5. Could be better. (Jadi lebih baik.)
  6. A little crazy actually! (Agak sedikit gila sih.)
  7. Hectic! (Sibuk parah.)
  8. Busy, busy. (Sibuk.)
  9. As usual. (Seperti biasa.)

Nah kurang lebih seperti itu ya arti dari how have you been, nanti kalau saya menemukan kalimat ini diucapkan di adegan film, Insya Allah akan saya update ya biar teman-teman bisa lebih memahami dan melihat situasinya juga kapan ucapan ini diucapkan.

Kalau begitu sampai ketemu lagi and I'll talk to you soon. Bubye.


Referensi:
1. "How to Answer the Question "How Have You Been?" in Fluent English". Go Natural English(dalam bahasa Inggris). 2018-02-23. Diakses tanggal 2019-07-31.

Comments